Logo BeritaSatu

Kemudi Mobil Otonom Baidu Apollo RT6 Bisa Dibongkar Pasang

Jumat, 22 Juli 2022 | 12:36 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Hong Kong, Beritasatu.com- Kemudi mobil otonom Baidu Apollo RT6 dapat dibongkar pasang. Seperti dilaporkan AP, Kamis (21/7/2022), Baidu, perusahaan mesin pencari dan kecerdasan buatan Tiongkok, meluncurkan mobil swakemudi listrik terbaru.

Apollo RT6 akan segera menjadi bagian dari armada robotaxi Baidu, seiring Tiongkok maju dengan ambisi mengemudi otonomnya. Apollo RT6 adalah kendaraan listrik sepenuhnya dengan roda kemudi yang dapat dilepas atau dipasang bila diperlukan, dan akan menelan biaya 250.000 yuan (US$37.000 atau Rp 553 juta) per unit.

“Pengurangan biaya besar-besaran ini akan memungkinkan kami untuk mendistribusikan puluhan ribu kendaraan otonom di seluruh Tiongkok,” kata Robin Li, salah satu pendiri dan CEO Baidu, saat konferensi Baidu World perusahaan, Kamis.

“Kami bergerak menuju masa depan di mana naik robotaxi akan menjadi setengah biaya naik taksi hari ini,” tambahnya.

Baidu sudah menjalankan Apollo Go, layanan pemesanan kendaraan otonom menggunakan robotaxis otonom dengan staf keselamatan duduk di kursi pengemudi atau penumpang. Baidu telah meluncurkan Apollo Go di kota-kota besar seperti Beijing, Shanghai, Shenzhen dan Guangzhou, meskipun layanannya terbatas pada area tertentu.

RT6 juga mencapai Level 4 industri dari lima kemungkinan level teknologi. Itu berarti sistemnya dapat beroperasi tanpa pengemudi tetapi harus dimuat sebelumnya dengan peta terperinci, sehingga membatasi area di mana kendaraan dapat beroperasi.

Tingkat teknologi yang lebih rendah berkisar dari cruise control, fitur yang telah tersedia selama beberapa dekade, hingga Level 3, yang memungkinkan mengemudi di jalan raya tanpa menggunakan tangan. Pengangkut robot swakemudi sudah banyak digunakan di pabrik, gudang, dan pengaturan yang dikontrol ketat lainnya.

“Apollo RT6 dirancang khusus dengan mempertimbangkan mengemudi otonom, dibandingkan dengan generasi sebelumnya di mana teknologi dipasang pada kendaraan konvensional,” kata perusahaan itu.

Desain bebas roda kemudi memungkinkan lebih banyak ruang untuk pemasangan tempat duduk ekstra atau tambahan lainnya, bahkan konsol game atau mesin penjual otomatis.

Baidu terkenal dengan mesin pencari dan layanan iklan daring, tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah banyak berinvestasi dalam teknologi mengemudi otonom dan kecerdasan buatan, termasuk asisten pribadi otomatis dan chip kecerdasan buatan.

Tiongkok bercita-cita untuk memimpin teknologi mengemudi otonom secara global tetapi tertinggal dari AS dalam memperkenalkan layanan tersebut. Waymo Alphabet mulai menawarkan layanan taksi tanpa pengemudi di Phoenix, Arizona pada tahun 2020.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekosistem Kendaraan Listrik Dimulai dari Sistem Energi Nasional

Ekosistem yang perlu disiapkan pemerintah untuk pengembangan kendaraan listrik  dimulai dari penataan ulang sistem energi nasional.

OTOMOTIF | 24 September 2022

Tim Mitsubishi Ralliart Akan Berkompetisi di AXCR 2022

Tim Mitsubishi Ralliart akan berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors.

OTOMOTIF | 23 September 2022

1,5 Tahun Mengaspal, Harga New Pajero Sport Bekas Masih Tinggi

Mitsubishi New Pajero Sport masih jadi favorit masyarakat di segmen SUV 7 kursi ladder frame.

OTOMOTIF | 22 September 2022

Beralih ke Sepeda Motor Listrik? Ini Aneka Pilihan Modelnya

Terdapat berbagai jenis sepeda motor listrik yang bisa digunakan sebagai sarana transportasi sehari-hari.

OTOMOTIF | 22 September 2022

Busworld Southeast Asia 2022 Bidik Transaksi Rp 4 Triliun

Pemeran Busworld Southeast Asia 2022 akan hadir di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 5- 7 Oktober 2022 mendatang.

OTOMOTIF | 20 September 2022

Permintaan Komponen Otomotif Dharma Polimetal Naik 30%

Emiten produsen komponen otomotif, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) mengalami lonjakan permintaan dibandingkan rata-rata permintaan Januari-April 2022.

OTOMOTIF | 20 September 2022

Penjualan Mobil Listrik di 2022 Sudah Lampaui Tahun Lalu

Harga mobil listrik tergolong tinggi dan mayoritasnya berstatus impor, hanya dua merk yang diproduksi dalam negeri Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5

OTOMOTIF | 20 September 2022

Menhub: Konversi Kendaraan BBM ke Listrik Diupayakan Dapat Subsidi

Kemenhub mengupayakan pemberian subsidi dapat dilakukan terhadap biaya konversi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak (BBM) ke KBLBB.

OTOMOTIF | 20 September 2022

SPKLU EVCuzz Raih Penghargaan Indonesia Golden Award 2022

EVCuzz, sebagai salah satu operator SPKLU (stasiun pengisian kendaraan listrik umum) meraih penghargaan Indonesia Golden Award 2022.

OTOMOTIF | 19 September 2022

AHM Luncurkan Motor Sport New Honda CBR250RR, Ini Harganya

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New CBR250RR dengan mengadopsi karakter motor besar dalam keseluruhan desain bodi, fitur, dan performa mesin.

OTOMOTIF | 19 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings