Logo BeritaSatu

Ini Tip Perawatan Ringan pada Mobil

Minggu, 25 April 2021 | 16:09 WIB
Oleh : Herman / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Setiap kendaraan tentu perlu perawatan yang rutin agar kondisinya tetap prima. Meskipun jarang digunakan, paling tidak mesin mobil harus dipanaskan. Namun, sekadar memanaskan mobil secara rutin saja tidaklah cukup. Ada beberapa bagian yang juga harus mendapat perhatian khusus dalam perawatan mobil.

Tidak harus menjadi mekanik ahli di bidang otomotif untuk bisa melakukannya. Pemeriksaan sederhana ini juga bisa dilakukan oleh orang-orang yang awam dengan mesin mobil.

Ruang Mesin
Head of Marketing & Promotion Strategy Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tegar Ardisura Raharja, mengungkapkan bagian pertama yang perlu mendapatkan perhatian adalah di ruang mesin, yaitu pelumas mesin, radiator coolant level (level pendingin radiator), dan juga baterai atau aki.

Setelah mesin dipanaskan, cek level oli mesin dengan menarik stik level oli, kemudian bersihkan sedikit batang stiknya dan masukkan kembali. Tujuannya agar pembacaan level oli lebih akurat. Setelah itu, tarik kembali batang stiknya untuk mengetahui level oli mesin.

“Pastikan level oli mesin pada stik level oli berada di antara level high dan low. Pengecekan juga harus dilakukan di area datar agar kondisi pelumas sesuai dengan aktualnya,” kata Tegar Ardisura, baru-baru ini.

Pemeriksaan selanjutnya adalah radiator coolant level dengan melihat langsung pada tabung reservoir pada coolant. Pastikan posisinya berada di antara level maksimal dan minimal. Pengecekan yang sama juga dilakukan untuk level cairan wiper.

Yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan level brake fluid atau minyak rem yang berkaitan dengan keselamatan dalam berkendara. Tabung cairan ini berada di area mesin sisi driver. Sebaiknya cairan ini juga selalu ada di antara level maksimum dan minimum. Berikutnya pengecekan level air aki dalam posisi normal.

Tekanan Angin
Untuk kendaraan yang jarang dipakai, pemeriksaan tekanan angin pada ban juga perlu dilakukan. Apalagi tekanan angin ban mobil yang berdiam di rumah akan berkurang lebih cepat dibandingkan ban yang dipakai setiap hari.

Apabila tekanan angin berkurang, pengisian angin juga dapat dilakukan sendiri menggunakan portable electric compressor yang banyak dijual secara online.

Panaskan Mesin
Jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin mobil minimal 3 hari sekali dengan durasi 10-15 menit. Jika mesin mobil terlalu lama diam, kondisi ini akan menyebabkan masalah pada aki. Ada kemungkinan oli mengendap dan ketika mesin dinyalakan bisa terjadi gesekan antarkomponen mesin lantaran oli tersebut tidak melumasi komponen mesin secara maksimal.

“Nantinya ini akan memengaruhi performa mesin kendaraan. Apabila terjadi seperti ini, sebaiknya dilakukan penggantian oli terlebih dahulu, dan gunakan genuine oil,” pesan Tegar.

Perawatan Interior
Bagian interior juga tidak boleh luput dari perhatian. Bersihkan interior mobil minimal satu minggu sekali agar kabin tetap bersih dan terhindar dari kotoran dan debu, apalagi ketika jarang digunakan.

Untuk menjaga kualitas udara di ruang kabin, customer juga dapat menggunakan produk perawatan antibakteri untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan gangguan saluran pernafasan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kenalkan Alessa, PPM Ramaikan Pasar Motor Listrik Nasional

PT Pintar Pilih Motor (PPM) mempraktikan model bisnis dan investasi yang sustainable, melalui pendistribusian dan penjualan motor listrik Alessa.

OTOMOTIF | 5 Oktober 2022

Dorong Transisi Energi, GEM Gelar Pameran Kendaraan Listrik

Pameran EV Indonesia 2022 dapat mendorong pertumbuhan produsen dan perakitan kendaraan listrik di Indonesia.

OTOMOTIF | 3 Oktober 2022

Kuartal III, Pengiriman Kendaraan Tesla Capai 343.000

Produsen kendaraan listrik Tesla merilis angka produksi dan pengiriman kendaraan listrik kuartal ketiga 2022.

OTOMOTIF | 3 Oktober 2022

Ferrari Produksi Mobil Sport yang Tak Mungkin Dimiliki Cristiano Ronaldo

Ferrari memproduksi mobil sport yang Cristiano Ronaldo pun tak mungkin memilikinya karena hanya dibuat satu unit.

OTOMOTIF | 29 September 2022

Ditopang Sigra, Penjualan Ritel Daihatsu Tumbuh 38%

Penjualan ritel Daihatsu hingga Agustus 2022 tercatat sebanyak 123.584 unit, atau naik sekitar 38% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

OTOMOTIF | 28 September 2022

Ini Syarat Indonesia Bisa Punya Kendaraan Listrik Harga Ekonomis

Untuk menciptakan kendaraan listrik yang lebih ekonomis dibutuhkan baterai yang murah, motor buatan dalam negeri, dan stasiun pengecasan yang banyak.

OTOMOTIF | 28 September 2022

Toyota Siap-siap Produksi Kendaraan Hybrid di Indonesia

PT Toyota Astra Motor (TAM) menyampaikan akan segera memproduksi kendaraan jenis hybrid di Indonesia.

OTOMOTIF | 28 September 2022

Toyota Motor Corp Siapkan 35 Kendaraan Listrik di 2030

Toyota Motor Corporation (TMC) akan menghadirkan 35 kendaraan listrik dengan merek Toyota dan Lexus secara global pada 2030.

OTOMOTIF | 28 September 2022

Honda Segarkan Tampilan Vario 125, Ini Wujud Barunya

PT Astra Honda Motor (AHM) menyegarkan tampilan skutik New Honda Vario 125 melalui sentuhan desain sporty.

OTOMOTIF | 26 September 2022

Fitur di New Xpander Cross Ini Bantu Pengguna Hemat BBM

Fitur cruise control yang ada di Mitsubishi Xpander dan New Xpander Cross masih perlu intervensi pengemudi untuk penggunaannya.

OTOMOTIF | 26 September 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Alibi Surat Polisi Minta Pertandingan Mundur, Pengamat Nilai Prematur

Alibi Surat Polisi Minta Pertandingan Mundur, Pengamat Nilai Prematur

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings