Logo BeritaSatu

Kejuaraan Berkuda Nasional "Arkav Cup 2022" Capai Rekor Peserta Terbanyak

Selasa, 25 Januari 2022 | 18:50 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Bandung, Beritasatu.com - Ajang berkuda tingkat nasional bertitel "Aragon Kavaleri Cup 2022 sukses digelar selama 4 hari hingga tuntas pada Minggu (23/1/2022) sore hari, di Kawasan Kesatrian Detasemen Kavaleri Berkuda (DenKavKud), Pussenkav, di Parongpong, Bandung Barat.

Event ini digelar sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka hari ulang tahun ke-72 Kavaleri Angkatan Darat. Event yang ditutup secara resmi oleh Komandan Pussenkav, Mayjen (TNI) Gunung Iskandar ini, mendapat sambutan luar biasa lantaran memecahkan rekor peserta terbanyak.

Lomba diikuti 42 stable dari beberapa daerah, termasuk yang terjauh dari Sumatera Selatan, dengan total entry 797 dan rider hingga 315, termasuk di dalamnya para atlet militer Kavaleri di berbagai kelas yang diperlombakan.

Tentu saja, event berkuda Arkav Cup 2022 ini pun merupakan wujud nyata Korps Kavaleri dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan olahraga berkuda di Indonesia. Gunung Iskandar yang juga merupakan Penanggungjawab dalam event ini sekaligus Dewan Pengawas di PP Pordasi menyatakan rasa puasnya atas sukses event berkuda nasional ini.

“Yang paling berkesan adalah peserta meningkat sampai 60% dari event sebelumnya. Ini juga memecahkan rekor dengan peserta terbanyak. Saya ikut bangga, terlebih buat semua atlet yang tampil meramaikan ajang ini. Buat yang memang, jangan cepat puas diri dan yang belum meraih kemenangan, teruslah berlatih agar kalian bisa mewujudkan impian kalian menjadi juara kelak,” tutur Gunung Iskandar, beberapa saat sebelum menutup secara resmi event di Parongpong ini didampingi
Ketua Event Arkav Cup 2022, LetKol Kavaleri Bayu Sandhya Dharma.

Di ajang ini, dua atlet DKI Jakarta, Muhammad Akbar Kurniawan yang akrab disapa Aan dan kakaknya Muhammad Akbar Maulana (Akbar) juga meraih hasil cemerlang lewat prestasi spektakuler mereka.

Aan tampil sempurna dan meraih total 6 medali emas dan 3 perak. Aan meraih emas dari dressage preliminary, dressage elementary, dressage advance, jumping 100 cm, jumping 110 cm, dan jumping 110-120 cm. Sementara 3 peraknya dari dressage Prix St. George, dressage advance, dan dressage Prix St. George.

Sang kakak, Akbar meraih dua medali perunggu bersama kudanya ‘Dior dari kelas Dressage Prix St George pada hari pembukaan, dan satu perunggu lagi dari kelas Dressage Prix St. George. Aan menyatakan puas karena kondisi kudanya pun sangat mendukung dan ia begitu suka dengan suasana lomba di Parongpong yang disponsori PT Aragon Tambang Pratama ini.

“Seluruh stable tentu ingin memberikan yang terbaik dalam lomba di awal tahun ini, bagus sekali untuk persiapan juga menuju lomba di Pulomas pekan depan,” harap Aan yang akan melanjutkan latihan dan ikut lomba di Jerman dalam waktu dekat.

Tak cuma para atlet nasional seperti Aan atau Akbar, beberapa atlet belia seperti Kealton Santoso, atau si cantik Gadis Kireina Iskandar juga menunjukkan semangat juang dan harapan besar untuk menjadi professional atlet di masa mendatang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

1 Set Hilang, Pelatih Voli Putra: Banyak Lakukan Kesalahan

1 set hilang, pelatih Voli Putra menilai para pemai Indonesia banyak melakukan Kesalahan sendiri.

SPORT | 20 Mei 2022

SEA Games: Bekap Kamboja, Bola Voli Putra Lolos ke Final

Tim bola voli putra Indonesia berhasil melangkah ke final SEA Games Hanoi, Vietnam, Jumat (20/5/2022).

SPORT | 20 Mei 2022

Indonesia Masters 2022: Pemain Top Dunia Panaskan Istora

Pertarungan antara pemain top bulu tangkis dunia bakal kembali di gelaran turnamen Indonesia Masters 2022, Juni mendatang.

SPORT | 20 Mei 2022

SEA Games 2021: Adnan/Mychelle dan Rinov/Pitha ke Semifinal

Adnan/Mychelle dan Rinov/Pitha berhasil melaju ke semifinal bulutangkis nomor perorangan ganda campuran SEA Games, Jumat (20/5/2022).

SPORT | 20 Mei 2022

SEA Games 2021: Leo/Daniel Bidik Laga Final Ganda Putra

Pasangan ganda putra Leo/Daniel membidik laga final SEA Games usai lolos ke semifinal, Jumat (20/5/2022).

SPORT | 20 Mei 2022

SEA Games: Raih Emas, Eko Yuli Belum Tertandingi di Asia Tenggara

Eko Yuli memastikan emas keenam SEA Games berturut-turut setelah mencatatkan total angkatan 290 kg, dengan rincian snatch 135 kg dan clean and jerk 155 kg.

SPORT | 20 Mei 2022

SEA Games: Apriyani/Fadia Revans untuk Pastikan Medali

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti lolos ke semifinal SEA Games setelah mengalahkan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai 21-15, 22-20.

SPORT | 20 Mei 2022

9 Gelar Juara Atlet Muda PB Djarum Jadi Kado Harkitnas

Prestasi membanggakan di Eropa ini menjadi kado manis PB Djarum dalam rangka menyambut Harkitnas.

SPORT | 20 Mei 2022

Sempat Pingsan 15 Menit, Pejudo Ikhsan Apriyadi Sabet Emas

Meski sempat pingsan 15 menit, Ikhsan Apriyadi yang mengalami cedera tulang punggung mampu mengalahkan pejudo Filipina dan meraih emas SEA Games 2021.

SPORT | 20 Mei 2022

SEA Games: Peraih Emas Buka Suara, PASI Harus Jawab Keluhan Odekta

Peraih medali emas dan perak cabang atletik nomor marathon SEA Games 2021, Odekta Elvina Naibaho buka suara dan mengeluh soal tidak dapat fasilitas.

SPORT | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings