Logo BeritaSatu

Sandiaga: MotoGP Mandalika 2022 Tetap Berlangsung

Kamis, 20 Januari 2022 | 23:44 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan gelaran MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), harus tetap berlangsung. Namun begitu penarapan koridor perjalanan antarnegara selama pandemi berupa travel bubble untuk seluruh kru, pembalap dan official yang terlibat, juga harus dilakukan.

“Jadi kami sudah menyampaikan bahwa the show must go on (gelaran MotoGP tetap harus berlangsung) dengan menyiapkan travel bubble yang merupakan best practice yang selama ini dilakukan terhadap kru dan pembalap pada acara serupa sebelumnya," ujarnya, di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Menparekraf menegaskan, tidak ada perlakuan khusus terhadap pembalap, kru maupun official yang akan berpartisipasi di gelaran balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

Semua orang yang datang dari luar negeri, dikatakan Sandi akan menjalani pola travel bubble. Langkah ini juga yang sudah diujicobakan dalam persiapan perhelatan G-20 di Bali dan di Jakarta pada Desember 2021 lalu, serta gelaran World Superbike (WSBK) 2021. Bahkan, persiapan penerapan protokol kesehatan (prokes) perjalanan antarnegara tersebut, akan
ditingkatkan agar tidak memicu potensi kasus penyebaran Covid-19 baru yang diakibatkan oleh varian Omicron.

“Ini arahan dari Presiden (Joko Widodo) juga. Saya yakin semua pihak bergandengan tangan untuk menyiapkan dan memastikan bahwa MotoGP ini, sinyal kepada dunia kesiapan kita untuk menyelenggarakan event internasional, seperti G-20 dan konferensi internasional lainnya,” jelas Menparekraf Sandiaga

Terkait keberatan pihak pemegang hak komersial MotoGP (Dorna Sport) terhadap penerapan prokes ketat untuk kru, pembalap, dan official, Menteri Sandiaga menuturkan, pola travel bubble ini disiapkan dengan penuh kehati-hatian dan kewaspadaan.

Panitia penyelenggara MotoGP lokal dikatakannya telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, melalui Satuan tugas (Satgas) Covid-19, berdasarkan prioritas pemerintah untuk pengendalian virus tersebut.

Selain itu, Menteri Sandiaga juga mengungkapkan, pengendalian Covid-19 di Indonesia telah diberi apresiasi oleh dunia sebagai salah satu yang terbaik atau best practice.

“Tentunya (prestasi pengendalian Covid-19) perlu kita jaga dan ini yang terus kita komunikasikan bahwa ada ketentuan travel bubble, yakni dalam 1x24 jam seluruh kru, pembalap dan juga official akan menjalani mulai dari ketibaan mereka di bandara sampai di hotel setelah menjalankan tes PCR dan ini telah disesuaikan juga dengan aturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” ungkap Sandiaga Uno.

Menteri Sandiaga optimistis gelaran MotoGP akan berkontribusi sukup signifikan untuk peningkatan ekonomi lokal dan juga nasional, berdasarkan dari pengalaman penyelnggaraan balapan World Superbike WSBK pada 2021 lalu.

“Dari segi ekonomi, kami melihat ada peningkatan 20-25% dari geliat ekonomi setelah World Super Bike dan kami lihat di 2022 ajang MotoGP ini akan lebih besar minimal 3-4 kalinya,” pungkas Sandiaga Uno.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Klasemen Medali SEA Games, Indonesia Kukuh di Posisi Ketiga

Kontingen Indonesia pada SEA Games Vietnam, Sabtu (21/5/2022), kukuh di posisi ketiga klasemen medali.

SPORT | 21 Mei 2022

SEA Games: Kontingen Indonesia Kejar Target di Hari Terakhir

Indonesia masih bertahan di peringkat ketiga perolehan medali SEA Games 2021 dengan torehan 58 emas, 78 perak dan 68 perunggu.

SPORT | 21 Mei 2022

Sempat Melintir, Leclerc Pimpin Balapan F1 GP Spanyol

Leclerc tampil sebagai yang tercepat di sesi kualifikasi, sekaligus memimpin balapan Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Spanyol, Minggu (22/5/2022) besok.

SPORT | 21 Mei 2022

Tim Voli Putri Indonesia Raih Perunggu di SEA Games

Tim voli putri indoor Indonesia meraih medali perunggu SEA Games Hanoi, Vietnam setelah mengalahkan Filipina.

SPORT | 21 Mei 2022

Taklukkan Malaysia, Fajar/Rian ke Final Thailand Terbuka

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses melaju ke final Thailand Terbuka atau Thailand Open 2022.

SPORT | 21 Mei 2022

SEA Games 2021: Ganda Putra Ciptakan All Indonesian Final

Satu medali emas sudah digenggam tim bulutangkis Indonesia di SEA Games Vietnam 2021. Tim Merah Putih menciptakan All Indonesian Final di ganda putra.

SPORT | 21 Mei 2022

SEA Games: Indonesia Berpeluang Raih Emas dari PUBG Mobile

Indonesia berpeluang menggondol medali emas SEA Games 2021 dari cabang eposts PUBG Mobile beregu.

SPORT | 21 Mei 2022

FP 3 GP Spanyol, Leclerc Ungguli Verstappen dan Russell

Charles Leclerc mengungguli Max Verstappen (Red Bull) dan George Russell (Mercedes) pada FP 3 menjelang balapan F1 GP Spanyol.

SPORT | 21 Mei 2022

Fajar/Rian Berhasil Lolos ke Final Thailand Terbuka 2022

Dalam pertandingan dua gim selama 34 menit, Fajar/Rian mengemas kemenangan 21-19, 21-14 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Sabtu (21/5/2022).

SPORT | 21 Mei 2022

Selangkah Lagi Sabet Emas, Ini Komentar Apriyani/Fadia

Pasangan ganda putri Apriyani/Fadia mengunci satu tempat di babak final nomor perorangan cabang bulutangkis SEA Games 2021 dengan mulus.

SPORT | 21 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Guardiola Ingin Manchester City Fokus Lawan Aston Villa

Guardiola Ingin Manchester City Fokus Lawan Aston Villa

BOLA | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings