Logo BeritaSatu

Ini Kisah Manajer UKM Esports Sukses Juarai Lima 2021

Selasa, 16 November 2021 | 07:54 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Cabang olahraga esports semakin menjadi primadona. Selain berkembang di kota-kota besar, di daerah olahraga virtual ini sudah semakin digemari. Terbukti, semakin banyak turnamen yang digelar termasuk di level pelajar dan mahasiswa.

Salah satunya turnamen esports besutan liga olahraga para mahasiswa Indonesia, yaitu Liga Mahasiswa (Lima) Esports 2021 Free Fire Nationals. Tim yang menjadi juara berasal dari kota kecil Jombang yakni Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy).

Tim Unhasy 1 sebagai perwakilan kampus keluar sebagai tim terbaik dalam cabang esports Free Fire, salah satu mobile game terpopuler di dunia.

Liga Mahasiswa adalah organisasi privat yang memiliki maksud dan tujuan untuk menciptakan wadah yang mampu menjadi tempat berkarya bagi para mahasiswa maupun mahasiswi di Indonesia di bidang olahraga, termasuk menggelar kompetisi esports untuk mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia.

Di balik kesuksesan para atlet, selalu ada pahlawan-pahlawan yang tak terlihat. Kata inilah yang menggambarkan Zainal Abidin, mahasiswa semester 7 jurusan Teknik Mesin, Universitas Hasyim Asy’ari. Zainal, yang sejak tingkat 1 sudah mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Esports, kini telah menjadikan UKM Esports tersebut sebagai salah satu squad yang diperhitungkan untuk kompetisi esports tingkat perguruan tinggi.

Zainal, yang sekarang menjabat menjadi manajer UKM Esports di Unhasy mengungkapkan impiannya untuk mengubah stigma masyarakat mengenai game dan memberikan bukti nyata bahwa melalui bermain game juga dapat sukses.

“Saya memang menyukai bermain game, tetapi saya lebih banyak menyenangi aspek organisasi. Inilah yang berujung (saya) menjadi manajer tim UKM Esport Unhasy, mendukung teman-teman dan tim yang sangat jago-jago. Saya terus mendampingi, mendukung, dan memberi motivasi seluruh tim untuk belajar bersama-sama, dan kami tentunya sangat terbuka dengan mahasiswa yang ingin belajar mengenai esports," kata Zainal pada Senin (15/11/2021).

Diakui timnya banyak yang belum pernah bermain atau mengikuti klub, tetapi semangatnya dapat dipuji. Ketika terjadi pandemi dan pembelajaran jarak jauh, UKM esports merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang masih aktif berjalan.

Mereka pun bisa meningkatkan jumlah anggota hingga ratusan dan bahkan memenangi salah satu pertandingan esports bergengsi yaitu Lima Esports 2021 Free Fire Nationals. Melihat perjalanan ke belakang, tentu sangat bangga dengan posisinya saat ini.

Meski di awal belum begitu banyak yang mengenal bagaimana sistem turnamen dalam sebuah game; terlebih game mobile, Zainal menjelaskan bahwa perlahan-lahan masyarakat semakin mengenal esports. Terutama dari pihak kampus serta orangtua mahasiswa sangat mendukung kegiatan yang dilakukan.

“Pihak kampus tentu mendukung kegiatan yang dilakukan UKM kami, bahkan menyediakan ruangan sekretariat kegiatan dan keikutsertaan kami dalam turnamen-turnamen (seperti Lima). Orangtua para mahasiswa (terutama atlet esports) juga sangat mendukung, mengingat untuk mengikuti kegiatan UKM ini diperlukan surat persetujuan orangtua."

Di sela-sela kesibukannya mengerjakan tugas akhir, mempersiapkan karier pascalulus, sembari terus melakukan pembinaan klub esports di Unhasy, Zainal juga mengejar passion-nya untuk pendidikan. Saat ini Zainal juga menjadi guru SMK Matsna Karim di Jombang; mengajar kelas otomotif. Tak hanya untuk mengajar otomotif, Zainal juga turut sering berbagi atau sharing mengenai esports kepada anak-anak didik di SMK tersebut.

“Berbagi adalah passion saya, baik itu dalam bentuk mengajar ataupun membangun komunitas di UKM Esports saat ini. Nilai ini tentunya sejalan dengan nilai-nilai positif yang dibawa oleh Garena Free Fire, terutama dalam membangun komunitas esports. Saya berharap setelah lulus dapat terus berbagi dan berkontribusi bagi banyak orang, terutama menekuni pekerjaan saya saat ini sebagai guru,” pungkas dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agar Lukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022

TPDI Minta KPK Tidak Intimidasi Pengacara Lukas Enembe

Koordinator TPDI Petrus Selestinus meminta KPK tidak mengintimidasi pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Roy Rening dkk saat menyampaikan pembelaan terhadap kliennya.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

NEWS | 40 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings