500 Pelari Ramaikan Virtual Kartini Run 2020

500 Pelari Ramaikan Virtual Kartini Run 2020
Virtual Kartini Run 2020. (Foto: istimewa)
Hendro D Situmorang / CAH Minggu, 2 Agustus 2020 | 13:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 500 pelari dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti Virtual Kartini Run 2020 yang digelar secara serentak pada Minggu (2/8/2020). Ajang perlombaan lari ini diselenggarakan oleh Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB), Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Bersatu (OASE KIM), Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

"Alhamdulillah, meski ditengah pandemi covid-19, penyelenggaraan Kartini Run yang memasuki tahun ketiga sukses dilaksanakan. Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan dengan start bisa mana saja yang penting finish harus mampu mencapai 10 K," ujar Ketua Umum Perwosi sekaligus Ketua Bidang III OASE KIM, Tri Tito Karnavian dan flag off dilakukan oleh Mendagri Tito Karnavian dalam dialog secara virtual bersama wartawan dan peserta di Gedung Bhayangkari, Jakarta Selatan.

Tri yang juga Penasehat Virtual Kartini Run menyebut seyogyanya ajang tahun ini diadakan pada 12 April 2020 dengan garis start di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta. Namun, karena pandemi Covid-19, pelaksanaannya dijadwal ulang dengan kategori 10 km yang dilakukan secara individu.

"Virtual Kartini Run ini juga diadakan untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI ke 75 tahun ini tahun 2020 dan memastikan semangat Kartini selalu ada dan tidak akan pada walaupun di tengah pandemi Covid-19. Jumlah peserta sudah penuh, 500 orang dari seluruh wilayah Indonesia," ungkap Tri.

Ia berharap melalui Virtual Kartini Run 2020, bisa memotivasi masyarakat untuk tetap semangat berolah raga meski ditengah pandemi covid-19.

Dalam ajang lomba ini peserta berlari secara mandiri di domisilinya masing-masing. Sebelum berlari, peserta harus mendaftar tautan zoom meeting dengan ID yang diinformasikan dan bergabung di tantangan Virtual Kartini Run 2020 pada aplikasi Endomondo. Pengukuran serta pengunggahan data jarak, waktu lari dan data pemenang dapat diakses melalui aplikasi Endomondo. Juaranya di board Endomondo akan terlihat siapa pelari dengan waktu tercepat. Kemudian akan diverifikasi sesuai ketentuan.

Berbeda dengan virtual run lainnya yang tidak menentukan pemenang, Virtual Kartini Run akan menetapkan juara dari peserta pria dan wanita.

"Akan ditentukan juaranya. Di board Endomondo akan terlihat siapa pelari dengan waktu tercepat. Kemudian akan diverifikasi sesuai ketentuan," kata Ketua Panitia Virtual Kartini Run 2020 Shinta Istiono.

Para peserta acara Virtual Kartini Run 2020 tidak dipungut biaya. Setelah menyelesaikan lomba, para peserta Virtual Kartini Run 2020 akan diberikan medali yang akan dikirim lewat jasa pengiriman. 



Sumber: BeritaSatu.com