Aspal Lintasan Formula E di Cobblestone Monas Bakal Diteliti di Laboratorium

Aspal Lintasan Formula E di Cobblestone Monas Bakal Diteliti di Laboratorium
Ketua Tim Asistensi Komrah Bambang Heru (baju putih) saat mengambil sampel aspal uji coba di cobblestone Monas, Jakarta, Rabu (26/2/2020). ( Foto: BeritaSatu Photo / Yustinus Paat )
Yustinus Paat / YUD Rabu, 26 Februari 2020 | 16:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tim asistensi Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka (Komrah) menemukan aspal uji coba lintasan Formula E yang ditimpakan di cobblestone di Monumen Nasional (Monas) masih menempel. Komrah mendapati hal itu saat melakukan peninjauan terhadap lokasi yang menjadi uji coba pengaspalan lintasan Formula E, Rabu (26/2/2020).

Menurut Ketua Tim Asistensi Komrah Bambang Hero Saharjo, hasil analisis atas sampel aspal yang akan diteliti di laboratorium independen tersebut bisa mengubah keputusan penyelenggaraan Formula E di Monas.

Baca juga: Batu Alam Monas Mulai Diaspal untuk Formula E, Ini Kata Anies

"Kita sudah sampling, sudah analisis nanti hasilnya gimana nanti Pak Komrah kami sudah melaksanakan tugas, keputusan akhir silahkan bapak-bapak yang ambil. Kalau saya mendahului keputusan itu, artinya saya ngeduluin Komrah. Saya kan cuma asisten gitu," terang Heru.

Bambang juga memastikan laboratorium ICBB merupakan laboratorium independen dan terakreditasi sehingga hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. Analisis atas sampelnya akan selesai dalam waktu kurang dari satu bulan.

Baca juga: Formula E Belum Putuskan Jenis Aspal untuk Lintasan

Sebagaimana diketahui, sebelumnya, Divisi Teknis Organizing Committee (OC) Formula E Jakarta Wisnu Wardhana mengatakan pihaknya berhasil melakukan pengelupasan aspal uji coba di cobblestone seluas 60 m2 di kawasan Monas, pada Selasa (25/2/2020) dini hari. Wisnu mengklaim pengelupasan dan pembongkaran aspal tersebut tidak membuat cobblestone rusak dan cobblestone-nya kembali seperti semula.



Sumber: BeritaSatu.com