PB Esport Siap Bangun Fasilitas Pusat Pelatihan

PB Esport Siap Bangun Fasilitas Pusat Pelatihan
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang juga Ketua Umum PB Esport Indonesia berpidato saat pengukuhan pengurus PB Esport Indonesia masa bakti 2020-2025 di Jakarta, Sabtu, 18 Januati 2020. ( Foto: Istimewa )
Hendro D Situmorang / CAH Minggu, 19 Januari 2020 | 10:51 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) periode 2020-2024 yang baru dilantik, Budi Gunawan berjanji akan membangun fasilitas Training Camp (TC) atau pusat pelatihan di daerah Sentul, Bogor bagi para atlet serta membuat berbagai event esports di dalam negeri, menyusul target perolehan medali pada ajang multievent Asian Games 2022 dan Olimpiade 2024 Paris mendatang.

Selain itu, pihaknya juga telah membuat tim pokja untuk membuat regulasi cabang olahraga yang tengah populer ini. Pelantikan kepengurusan PB ESI ini juga dihadiri Menpora Zainudin Amali, serta pengurus cabang olahraga lainnya.

Pelantikan ini dilakukan empat bulan setelah proses penggodokan yang dilakukan sembilan anggota inti PB ESI.

"Saya mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan baru ini dengan harapan semua pengurus agar memiliki semangat juang yang tinggi, soliditas yang tinggi, tanggung jawab dan loyalitas yang tinggi untuk memajukan eSport Indonesia," kata Budi di acara pelantikan PB ESI di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Sabtu (18/1/2020).

Pelantikan ini dihadiri perwakilan dari 23 tim esport nasional, asosiasi esport serta kementerian dan lembaga terkait. Selain itu ada juga dewan pembina seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Sandiaga Uno.

Kepengurusan ini dibagi ke dalam beberapa komite seperti kompetisi, inovasi, kompetisi dan lain-lain. Latar belakang anggotanya pun beragam, bahkan musisi dan politisi Giring Ganesha pun didapuk menjadi Wakil Ketua Humas dan Komunikasi.

Dilantiknya PB ESI pun disambut positif oleh pemerintah. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali berharap adanya kepengurusan ini bisa membantu Indonesia untuk mengirimkan kontingen esport di gelaran Olimpiade Paris 2024 mendatang.

"Itulah sebabnya pemerintah menyambut baik upaya ini dan mengapresiasi komitmen membangun eSport menjadi olahraga yang menjadi kebanggaan kita," kata Zainudin di kesempatan yang sama.

"Apalagi diinformasikan Olimpiade 2024 di Paris nanti eSport akan jadi salah satu olahraga yang dipertandingkan," jelas dia. 

 



Sumber: Suara Pembaruan