Lorenzo Pensiun dari MotoGP

Lorenzo Pensiun dari MotoGP
Jorge Lorenzo ( Foto: MotoGP.com )
Heru Andriyanto / HA Jumat, 15 November 2019 | 01:30 WIB

Beritasatu.com - Jorge Lorenzo, juara dunia MotoGP tiga kali, memutuskan untuk pensiun setelah balapan terakhirnya di Valencia bulan ini. Balapan di kandangnya nanti akan menjadi grand prix yang ke-297 baginya di semua kelas.

Pembalap Repsol Honda itu sudah 18 tahun berkiprah di ajang roda dua, dengan lima gelar juara dunia, 152 podium, 68 kemenangan grand prix, 69 pole position, dan 37 putaran tercepat.

Melakukan debutnya saat berulang tahun ke-15 pada 2002, Lorenzo setelah itu menghabiskan seluruh karirnya di sirkuit. Di kelas 125cc dia pernah menang empat kali, sebelum kemudian naik ke 250cc dan menjadi juara dunia dua kali. Dia tampil sangat konsisten di kelas intermediate ini, dengan 29 podium dan 17 kemenangan selama tiga tahun, dan akhirnya mengantar dia ke MotoGP.

Pada debutnya bersama Yamaha, dia merebut posisi empat klasemen akhir. Sepanjang musim 2009, dia tidak pernah terlempar dari finis empat besar dan setahun berikutnya mampu menjadi juara dunia di kelas paling bergengsi ini. Ketika itu, dari 18 balapan yang digelar hanya dua kali dia gagal naik podium, dan tidak pernah finis di luar empat besar.

Pembalap Barcelona itu meraup 383 poin dan mencetak rekor poin terbanyak yang bertahan hampir satu dekade.

Pada 2011 Lorenzo bersaing ketat dengan Casey Stoner. mereka bergantian memenangi balapan. Sayangnya kecelakaan di Australia membuatnya absen di tiga balapan terakhir meskipun akhirnya dia mampu menempati posisi dua klasemen akhir.

Lorenzo, 32, kembali menjadi juara dunia MotoGP pada musim 2012 dan hanya sekali finis di luar dua besar dalam 17 balapan pertama musim itu. Terakhir kali dia menjadi juara dunia terjadi pada 2015, lewat persaingan segitiga melawan Marc Marquez dan Valentino Rossi hingga balapan terakhir di Valencia.

Sempat pindah ke Ducati dan mampu menang grand prix tiga kali, Lorenzo akhirnya hijrah ke Repsol Honda musim ini, berambisi sebagai pembalap pertama dalam sejarah yang bisa menang grand prix di tiga motor berbeda. Namun, upayanya terhalang akibat cedera yang kembali datang.

"Saya hendak mengumumkan bahwa balapan nanti adalah yang terakhir bagi saya di MotoGP. Setelah lomba ini saya akan pensiun dari balapan profesional," kata Lorenzo dalam pernyataannya.

Kecelakaan di Assen dan cedera yang menimpanya membuat Lorenzo kehilangan motivasi dan kesabaran untuk memulihkan diri dan kembali ke trek.



Sumber: MotoGP.com