Para Juara Dunia Siap Ramaikan Superliga Junior 2019

Para Juara Dunia Siap Ramaikan Superliga Junior 2019
Achmad Budiharto saat memberi keterangan dalam Konferensi Pers BCA Indonesia Open 2014, Jakarta, Senin, 2 Juni 2014. ( Foto: Humas PBSI )
Alexander Madji / AMA Rabu, 9 Oktober 2019 | 17:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Para pebulutangkis muda U-17 dan U-19 siap bertarung membela klub masing-masing pada ajang bertajuk Caffino Superliga Junior 2019 yang berlangsung di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah 15-20 Oktober mendatang.

Mereka akan memperebutkan Piala Liem Swie King untuk kategori U-19 putra dan Piala Susy Susanti untuk kategori U-19 putri serta Piala Hariyanto Arbi untuk nomor U-17 putra dan Piala Yuni Kartika untuk U-17 putri. Selain itu, mereka memperebutkan hadiah uang senilai Rp 610 juta.

Ajang ini juga akan diramaikan oleh para pemain muda Pelatnas yang baru menjuarai Kejuaraan Dunia Junior 2019 kategori beregu di Kazan, Rusia, setelah mengalahkan Tiongkok di final akhir pekan lalu. Sebut saja nama-nama tenar seperti pasangan ganda putra yang juga bermain untuk ganda campuran Leo Rolly Carnando dan Daaniel Marthin di U-19 putra serta Komang Ayu Cahya Dewi dan Indah Cahya Sari Jamil di U-19 putri dari PB Djarum Kudus.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Achmad Budiharto kepada wartawan di Jakarta, Rabu (9/10/2019) mengatakan, kejuaraan ini digelar untuk menempa mental dan jam terbang para pemain muda. Menurut dia, hasil dari kejuaraan seperti ini terlihat dengan prestasi para pemain bulutangkis junior di kejuaraan dunia 2019.

“Superliga Junior merupakan turnamen beregu yang akan menguji mental para pemain muda dalam format kejuaraan beregu. Diharapkan, mereka memiliki jam terbang dan pengalaman yang mumpuni ketika tampil di turnamen lebih besar,” katanya.

Menurut Achmad Buiharto, daya tarik kejuaraan ini semakin tinggi. Hal itu terlihat dari besarnya animo klub-klub bulutangkis untuk mengikuti kejuaraan ini. Sebanyak 13 klub sudah mendaftarkan para pemain mudanya untuk bertarung di kejuaraan ini baik di U-19 putra dan putri maupun U-17 putra dan putri.

Lebih jauh Achmad Budiharto menjelaskan, kejuaraan ini tidak hanya diikuti oleh klub-klub dalam negeri seperti PB Djarum Kudus, Jaya Raya, Exist Jakarta, Mutiara Cardinal Badung, Jatim United, dan Blibli.com Team, tetapi juga diikuti klub beberapa klub dari Malaysia, Jepang, Thailand, Taiwan, dan Singapura.



Sumber: Suara Pembaruan