Kapolda Sumut Kawal Pembangunan Pariwisata Danau Toba

Kapolda Sumut Kawal Pembangunan Pariwisata Danau Toba
Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menegaskan akan mengawal pembangunan pariwisata di Danau Toba. ( Foto: Beritasatu Photo / Arnold Sianturi )
Arnold H Sianturi / WBP Minggu, 25 Agustus 2019 | 14:39 WIB

Medan, Beritasatu.com - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Pol Agus Andrianto menyampaikan, Polda Sumut bersama jajarannya berkomitmen mengawal pembangunan dalam menjadikan Danau Toba sebagai pariwisata dunia.

"Jika ada hambatan, maka tugas kami mencari solusi untuk menuntaskan. Kita tidak main-main dalam menjamin keamanan, apalagi tidak sedikit dana yang sudah digelontorkan pemerintah. Apalagi, investor akan hadir," ujar Agus Andrianto di Kabupaten Samosir, Sumut, Minggu (25/8/2019).

Agus Andrianto mengatakan, pembangunan sumber daya manusia (SDM) dibutuhkan dalam mendukung pariwisata. Oleh karena itu, polisi akan merangkul warga agar berperan dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Jaminan keamanan akan mendatangkan investor lebih banyak di sekitar Danau Toba. Sebagai destinasi super prioritas, polisi melakukan pengawalan dalam mendukung program Presiden Joko Widodo. Pariwisata Danau Toba akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Agus Andrianto.

Selain memberikan dukungan pengamanan, sambung Agus, pihaknya sudah membentuk tim khusus guna meneliti kualitas air di Danau Toba. Polisi juga akan meneliti izin kerambah jaring apung (KJA) oleh perusahaan yang beroperasi sekitar Danau Toba maupun milik masyarakat.

"Hasil penyelidikan akan terlihat. Jika pencemaran akibat pelaku usaha harus diproses hukum. Kita juga mengingatkan masyarakat supaya turut menjaga kualitas air di Danau Toba. Sebab, pembangunan pariwisata ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," sebut Agus Andrianto.



Sumber: Suara Pembaruan