Polda Sumut Geledah Dua Kantor Bupati

Polda Sumut Geledah Dua Kantor Bupati
Ilustrasi ( Foto: Istimewa )
Arnold H Sianturi / FER Kamis, 18 Juli 2019 | 18:32 WIB

Medan, Beritasatu.com - Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sumut melakukan penggeledahan di Kantor Bupati Labuhanbatu Utara, Khairuddin Syah Sitorus dan Bupati Labuhanbatu Selatan, Wildan Aswan Tanjung, Kamis (18/7/2019).

Penggeledahan di dua kantor kepala daerah itu, merupakan tindak lanjut dari penyidikan oleh Polda Sumut atas kasus dugaan korupsi dana bagi hasil (DBH) pajak bumi dan bangunan (PBB).

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut, Kombes Pol Rony Samtana, mengatakan, penyidik menangani kasus itu setelah menemukan modus operandi pelaku korupsi, yang mengambil sebagian dari PBB sejak tahun 2013-2015, sebesar Rp 3 miliar dengan alasan sebagai uang komisi DBH PBB.

"Memang ada kita lakukan penggeledahan di kantor Bupati Labura dan Labusel untuk mencari bukti-bukti untuk penyidikan," ujar Rony Samtana.

Rony mengaku belum mengetahui secara detail atas dokumen yang diamankan anak buahnya dari proses penggeledahan yang dilakukan di Kantor Bupati Labuhanbatu Utara dan Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan.

"Penyidik masih bekerja di sana. Mereka sedang mengumpulkan dokumen yang terkait dengan kasus yang ditangani. Kita mengetahui hasilnya setelah dokumen itu dibawa ke Medan," kata Rony Samtana.

Rony menambahkan, Polda Sumut juga masih menunggu proses audit dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumut untuk menghitung kerugian negara. Penyidik juga sudah memeriksa kedua kepala daerah itu.



Sumber: Suara Pembaruan