Logo BeritaSatu

Perluas Kerja Sama, Indonesia-Hungaria Tambah Kuota Beasiswa

Jumat, 7 Oktober 2022 | 10:26 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WBP

Hungaria, Beritasatu.com - Beasiswa Stipendium Hungaricum akan mendapatkan penambahan kuota menjadi sebanyak 110 bagi mahasiswa Indonesia pada tahun 2023. Hal ini sebagai bentuk kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Hungaria. Beasiswa Stipendium Hungaricum merupakan beasiswa penuh dari Pemerintah Hungaria yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa di dunia termasuk Indonesia untuk berkuliah di sana.

Sebelumnya, di tahun 2022 beasiswa ini diberikan kepada 100 mahasiswa Indonesia. Penambahan kuota ini merupakan wujud komitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidikan tinggi.

Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Sofwan Effendi mengapresiasi Pemerintah Hungaria, khususnya Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan (Kemenludag) yang telah menyediakan sebanyak 100 beasiswa bagi WNI untuk studi di Hungaria.

"Dengan banyaknya minat WNI untuk studi ke Hungaria yang tercermin dari semakin meningkatnya jumlah pelamar Stipendium Hungaricum setiap tahun, maka diusulkan untuk menambah kuota beasiswa," kata Sofwan selaku delegasi Indonesia dalam kunjungannya ke Hungaria, awal pekan ini.

Dalam keterangan pers tertulis, Kamis (6/10/2022), Sofwan turut menemui 70 penerima beasiswa Stipendium Hungaricum angkatan 2022. Dalam kesempatan itu, Sofwan mengatakan Ditjen Diktiristek akan menambah biaya hidup untuk penerima beasiswa Stipendium Hungaricum tahun 2022.

Biaya tersebut untuk menutupi kekurangan biaya hidup selama maksimal 6 bulan yang disesuaikan dengan standar biaya hidup di Hungaria. “Kemendikbudristek telah menindaklanjuti surat dari KBRI kepada Mendikbudristek terkait permohonan top up biaya hidup bagi penerima beasiswa Stipendium Hungaricum,” ujar Sofwan.

Dalam kunjungan tersebut, delegasi Indonesia juga melakukan penjajakan tentang peluang kerja sama lain dengan Pemerintah Hungaria dalam pengembangan sumber daya manusia. Beberapa bentuk kerja sama yang ditawarkan seperti joint/dual degree, post doctoral, dan mobility program lainnya dalam skema co atau joint funding.

Sementara itu, Head of Stipendium Hungaricum, Kemenludag Hungaria, Itsvan Perosa menyatakan, dengan menambah kuota 10 bagi Indonesia, maka totalnya menjadi 110 beasiswa. "Mengingat bahwa MoU tentang beasiswa Stipendium Hungaricum dengan Kemendikbudristek akan berakhir di Desember 2022 ini, maka penambahan kuota tersebut akan diusulkan dalam draf MoU baru,” ujar Itsvan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kementerian PPPA Harap Pemda Perkuat Regulasi Ramah Perempuan

Selain memperkuat regulasi, Kementerian PPPA minta pemangku kebijakan memberikan porsi yang besar terhadap partisipasi perempuan.

NEWS | 28 November 2022

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE