Logo BeritaSatu

KBRI Sofia Promosi Wisata Indonesia di Halte Bus Bulgaria

Kamis, 6 Oktober 2022 | 11:30 WIB
Oleh : LES

Sofia, Beritasatu.com - KBRI Sofia promosi wisata Indonesia di Bulgaria melalui tampilan gambar-gambar di halte bus Kota Sofia.

Mulai 20 September 2022, halte bus di Eagle Bridge dan South Park, Kota Sofia, Bulgaria memiliki tampilan baru sebagai bagian dari proyek seni #Art4diplomacy. Kedua halte tersebut dibalut dengan warna-warna cerah menampilkan gambar masakan serta tujuan wisata Indonesia, kata KBRI Sofia dalam keterangannya pada Kamis.

Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta mengatakan bahwa seni dan budaya adalah alat diplomasi yang ampuh. Untuk itu, kata dia, KBRI Sofia selalu aktif dalam proyek-proyek yang berkaitan dengan seni budaya serta menggunakannya dalam upaya diplomasi Indonesia di luar negeri.

"Diplomasi yang dibalut dengan seni dan budaya akan lebih efisien diterima oleh masyarakat lokal, juga mampu memikat para pemimpin," kata Dubes Iwan.

Menurut Iwan, pameran dan promosi seni budaya Indonesia di ruang publik, seperti yang dilakukan KBRI Sofia di halte-halte bus di Bulgaria, sangat efektif karena melibatkan masyarakat umum serta mampu menyebarkan informasi lebih luas.

Dalam rangka kegiatan promosi Indonesia itu, Dubes Iwan dan keluarganya berkeliling kota Sofia menggunakan kendaraan umum pada akhir pekan untuk menikmati proyek seni #Art4Diplomacy yang menampilkan gambar-gambar tempat wisata dan makanan khas Indonesia.

Dubes Iwan secara khusus berhenti di halte bus Eagle Bridge untuk menjelaskan promosi Indonesia dan makna yang terkandung dalam gambar-gambar yang dipajang di halte bus kepada penduduk setempat.

Adapun 3 gambar yang ditampilkan untuk promosi di halte-halte bus di Bulgaria itu telah melalui proses kurasi dan membawa pesan khusus untuk masyarakat lokal, kata KBRI Sofia.

Gambar pertama adalah Rendang, yakni makanan khas Indonesia dari Sumatera Barat yang diakui sebagai warisan budaya takbenda dan dinilai sebagai makanan terbaik dunia menurut sejumlah saluran berita kabel multinasional.

Gambar kedua adalah "10 Bali Baru", yakni sepuluh destinasi wisata yang ditawarkan Indonesia untuk turis asing. Destinasi-destinasi tersebut bisa menjadi daftar tempat wisata untuk dikunjungi bagi para calon turis.

Selanjutnya, gambar ketiga dipilih untuk mempromosikan presidensi Indonesia di G-20 pada tahun ini, di mana konferensi tingkat tinggi (KTT) G-20 akan diselenggarakan di Bali pada November mendatang.

Menurut KBRI Sofia, saat ditanya tentang promosi budaya dan wisata Indonesia di halte bus kota Sofia itu, mayoritas masyarakat lokal mengaku senang melihat gambar-gambar yang berbeda dengan warna-warna cerah, dan beberapa dari mereka mengaku terinspirasi untuk mengetahui lebih jauh tentang Indonesia.

Promosi kali ini dilengkapi dengan kode QR yang bisa dipindai dan akan mengarahkan ke laman travel.indonesia agar masyarakat Bulgaria lebih mengenal Indonesia, kata KBRI Sofia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Booster vaksin Covid-19 perlu dipercepat dan tembok CIMB Niaga Finance roboh merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 3 Desember 2022

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IPO Jumbo, XXI Cineplex Bidik Dana hingga Rp 17 triliun

IPO Jumbo, XXI Cineplex Bidik Dana hingga Rp 17 triliun

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE