Logo BeritaSatu

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Senin, 3 Oktober 2022 | 01:38 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Peretas menjual data rahasia nomor perdana menteri Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Seperti dilaporkan Mail on Sunday, Minggu (2/10/2022), situs web Amerika Serikat (AS) mencantumkan rincian kontak terbaru dari hampir semua menteri Inggris.

Nomor ponsel pribadi Perdana Menteri Liz Truss dan 25 menteri Kabinet Inggris dapat dengan mudah diperoleh di situs internet AS. Mail on Sunday telah mengungkapkan, situs itu menawarkan langganan ke database yang dapat dicari hanya dengan 6,49 pound sterling (US$7,25 atau Rp 110.960) seminggu.

Situs tersebut, yang namanya tidak disebutkan oleh surat kabar tersebut, mengklaim telah mencantumkan lebih dari 14 miliar file dengan data curian. Beberapa serangan siber terjadi lebih dari satu dekade, menurut outlet tersebut. Selain nomor telepon dari hampir seluruh Kabinet Inggris, situs internet tersebut dilaporkan menawarkan alamat email, kata sandi, dan informasi pribadi lainnya.

Sebelum menerbitkan artikel tersebut, Mail on Sunday memberi tahu pemerintah tentang pelanggaran keamanan tersebut. Pada hari Sabtu, para menteri membahas ancaman tersebut dengan penasihat keamanan nasional, menurut surat kabar itu.

“Pemerintah menyadari bahwa ada situs web yang mengumpulkan rincian dari pelanggaran data historis, oleh karena itu banyak data di situs web ini sudah tua dan tidak benar,” kata juru bicara Kantor Kabinet, seperti dikutip oleh outlet.

Mail on Sunday, bagaimanapun, mengklaim bahwa mereka telah memeriksa informasi di situs web dan dapat mengonfirmasi bahwa nomor telepon para menteri, termasuk salah satu dari perdana menteri, adalah yang terbaru.

Rincian pribadi oposisi pemerintah saat ini juga telah dikompromikan, tulis surat kabar itu, karena situs internet tersebut menampilkan nomor telepon pemimpin Partai Buruh Keir Starmer, serta tujuh frontbencher Partai Buruh.

Situs ini terdaftar di alamat di daerah yang kurang beruntung di Las Vegas. Seorang reporter Mail on Sunday mengunjunginya pada hari Jumat – hanya untuk menemukan kantor yang “berantakan”, yang digunakan sebagai alamat layanan untuk “ratusan perusahaan.” Resepsionis tidak dapat memberikan informasi apa pun kepada jurnalis tentang orang-orang di balik database.

Rincian pribadi anggota pemerintah Inggris dilaporkan telah menjadi sasaran peretas dalam beberapa kesempatan. Baru-baru ini April lalu, menurut The Telegraph, Kantor Luar Negeri meluncurkan penyelidikan mendesak tentang bagaimana data pribadi pegawai pemerintah berakhir di situs media sosial Rusia.

Tahun lalu, Kelompok Keamanan Pemerintah mengkritik para menteri karena menjadikan diri mereka sasaran empuk serangan siber. Kelompok keamanan menyarankan mereka untuk berhenti menggunakan WhatsApp dan email pribadi untuk tujuan bisnis.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Pencopotan Label Gereja di Cianjur hingga Laga Jerman-Spanyol

Pencopotan label gereja di posko pengungsian gempa Cianjur dan susunan pemain Jerman-Spanyol merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 November 2022

Kementerian PPPA Harap Pemda Perkuat Regulasi Ramah Perempuan

Selain memperkuat regulasi, Kementerian PPPA minta pemangku kebijakan memberikan porsi yang besar terhadap partisipasi perempuan.

NEWS | 28 November 2022

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE