Logo BeritaSatu

Ditolak Denmark, Prancis Akan Kirim Howitzer ke Ukraina

Minggu, 2 Oktober 2022 | 22:47 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Paris, Beritasatu.com- Prancis akan mengirim howitzer yang ditolak Denmark ke Ukraina. Seperti dilaporkan surat kabar Prancis Le Monde, Sabtu (1/10/2022), Kyiv mungkin mendapatkan hingga 12 howitzer Caesar dari Paris yang awalnya ditujukan untuk Denmark.

Le Monde melaporkan pada hari Sabtu, Prancis dilaporkan sedang mempersiapkan pengiriman pasokan senjata baru ke Ukraina, yang mungkin mencakup antara enam dan 12 howitzer self-propelled Caesar.

Potongan senjata artileri awalnya ditujukan untuk Denmark, tetapi Kopenhagen mengatakan tidak semua dari senjjata berat itu memenuhi standar yang disyaratkan.

“Kesepakatan itu adalah hasil dari negosiasi panjang antara Prancis, Ukraina, dan Denmark,” kata Le Monde, seraya menambahkan bahwa Kyiv pada awalnya meminta 15 howitzer.

Menurut Le Monde, Presiden Prancis Emmanuel Macron menentang gagasan memasok Ukraina dari persediaan tentara negara itu, karena Paris telah mengirim 18 Caesar ke Kyiv, yang berjumlah hampir seperempat dari 76 persenjataan artileri Prancis sendiri.

Sebaliknya, Prancis memutuskan untuk memasok Ukraina dengan howitzer yang awalnya dipesan oleh Denmark pada tahun 2017, kata Le Monde, seraya menambahkan bahwa Kopenhagen setuju untuk menyerah pada pembelian karena artileri yang dipesan masih menjalani validasi teknis, dan setidaknya beberapa di antaranya gagal memenuhi spesifikasi yang dipersyaratkan yang ditetapkan oleh pihak Denmark.

Kyiv awalnya ragu-ragu untuk menerima howitzer tetapi akhirnya setuju untuk menerimanya apa adanya, lapor Le Monde. Rincian pengiriman masih diselesaikan, tetapi “kesepakatan politik” antara Macron, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen telah tercapai, menurut Le Monde.

Laporan tersebut menyatakan bahwa Caesar yang ditujukan untuk Denmark hampir dua kali lebih berat dari yang digunakan oleh Prancis (32 ton berbanding 18 ton). Di antara perbedaan lainnya adalah bahwa mereka dipasang pada kendaraan roda delapan daripada versi roda enam, dapat membawa hingga 36 peluru artileri, bukan 18, dan kabin mereka memiliki baju besi yang lebih berat.

Awal pekan ini, Senat AS menyetujui paket bantuan militer dan ekonomi untuk Ukraina senilai US$12 miliar (Rp 183 triliun). bantuan ini terbagi US$ 4,5 miliar (Rp 68,8 triliun) untuk pemerintah Ukraina dan US$ 3 miliar (Rp 45,9 triliun) untuk senjata dan peralatan militer, sementara dana yang tersisa dialokasikan untuk mengisi kembali pasokan senjata AS yang sudah dikirim ke Ukraina dan memungkinkan transfer lebih banyak senjata dari persediaan Amerika.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022

Warga dan Petugas Damkar Lebak Tangkap Ular Piton Panjang 3 Meter

Warga dan petugas pemadam kebakaran (damkar) Lebak, menangkap ular piton sepanjang 3 meter, Sabtu (3/12/2022) dini hari.

NEWS | 3 Desember 2022

Jokowi Hadiri Acara Puncak HUT Ke-77 PGRI dan HGN 2022

Acara puncak peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 dihadiri Presiden Jokowi.

NEWS | 3 Desember 2022

Pernyataan Benny Rhamdani soal Siap Perang Dinilai Harus Dilihat Utuh

Efriza menilai pihak-pihak mempersoalkan diksi siap perang dan menyerang Benny Rhamdani saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlalu berlebihan.

NEWS | 3 Desember 2022

8 Pemprov Desak RUU Daerah Kepulauan Disahkan pada 2023

Delapan pemerintah provinsi (pemprov) mendesak agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan yang sudah masuk Prolegnas agar disahkan pada 2023.

NEWS | 3 Desember 2022

DPR Optimistis Yudo Margono Mampu Pimpin TNI secara Profesional

Anggota Komisi I DPR Christina Aryani menyampaikan selamat kepada Laksamana TNI Yudo Margono yang sudah mendapat persetujuan sebagai Panglima TNI.

NEWS | 3 Desember 2022

Soal Calon Kasal, Laksamana Yudo Margono: Rahasia

Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono belum dapat mengungkapkan calon Kepala Staf Angkata Laut (Kasal) yang akan menggantikannya. 

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE