Logo BeritaSatu

Rusia Kecewa Berat, Drone Iran Tak Sesuai Harapan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Drone Iran yang digunakan oleh pasukan Rusia di Ukraina telah mengalami berbagai kegagalan di medan pertempuran. Seperti dilaporkan Newsweek, Sabtu (1/10/2022), hal itu disampaikan pejabat tinggi Amerika Serikat (AS). Klaim tersebut dibuat oleh Sasha Baker, wakil di bawah Sekretaris Pertahanan untuk kebijakan di Departemen Pertahanan.

Pada Rabu, Baker menghadiri pertemuan kelompok kontak pertahanan Ukraina di Brussels, yang diketuai oleh William A. Laplante, Wakil Menteri Pertahanan untuk Akuisisi dan Keberlanjutan.

Drone buatan Iran yang digunakan oleh pasukan Rusia di Ukraina telah menderita "berbagai kegagalan di medan pertempuran," menurut seorang pejabat tinggi AS.

Klaim tersebut dibuat oleh Sasha Baker, wakil di bawah Sekretaris Pertahanan untuk kebijakan di Departemen Pertahanan.

Pada Rabu, Baker menghadiri pertemuan kelompok kontak pertahanan Ukraina di Brussels, yang diketuai oleh William A. Laplante, Wakil Menteri Pertahanan untuk Akuisisi dan Keberlanjutan.

Baker mengatakan, mencari bantuan Iran adalah tanda "keputusasaan" dari Rusia, menambahkan sanksi dan kontrol ekspor telah menyebabkan masalah pasokan besar bagi pasukan Putin.

Baker menambahkan bahwa Rusia telah memiliki masalah dengan drone buatan mereka di Iran.

"Kami telah melihat beberapa bukti bahwa UAV yang terkait dengan transfer dari Iran telah mengalami banyak kegagalan di medan pertempuran," ujarnya.

Pada bulan Juli, penasihat keamanan nasional Jake Sullivan mengatakan pejabat pertahanan Rusia telah mengunjungi Iran yang ingin membeli drone.

Ukraina mengklaim telah menembak jatuh drone Iran untuk pertama kalinya pada 13 September. Drone Iran disalahkan atas serangkaian serangan terhadap target Ukraina sepanjang bulan.

Negara Eropa Timur juga menyatakan pada saat itu bahwa drone pengintaian Rusia dihancurkan di Mykolaiv. Beberapa howitzer, tank dan kendaraan lapis baja juga dilaporkan hancur, sementara Ukraina menyatakan pasukannya menewaskan sedikitnya 27 tentara Rusia. Newsweek belum secara independen memverifikasi klaim Ukraina saat menghadapi invasi Rusia.

Menurut militer Ukraina, Rusia menggunakan amunisi berkeliaran Shahed-136 Iran, juga dikenal sebagai drone kamikaze, bersama dengan drone mohajer-6, yang dapat melakukan serangan udara atau pengintaian.

Akhir bulan lalu, komando angkatan udara angkatan bersenjata Ukraina menyatakan di Facebook bahwa mereka telah menembak jatuh empat drone Shahed-136 di atas wilayah Mykolaiv selatan, meskipun mengakui drone lain berhasil mencapai Kryvyi Rih dan Ochakov, tanpa menyebabkan korban.

"Musuh melanjutkan pengintaian udara menggunakan UAV dan juga mengaktifkan serangan udara menggunakan drone Kamikaze Iran dari tipe Shahed-136. Dengan cara inilah, infrastruktur pelabuhan Ochakov sekali lagi dipukul," bunyi pesan Facebook.

"Salah satu dari dua drone yang menyerang ditembak jatuh oleh bawah oleh ditembak jatuh oleh bawah oleh Ochakov sekali lagi dipukul. Unit kami, yang lain mengenainya. Petugas pemadam kebakaran segera memadamkan api. Tidak ada korban," tulis pesan di Facebook.

"Drone Kamikaze lain Shahed-136 menyerang Kryvyi Rih. Sebagai akibat dari memukul gedung non-perumahan dua lantai, kebakaran terjadi, yang segera padam. Tidak ada korban," tambahnya.

Menanggapi penyediaan drone, Departemen Keuangan AS memberlakukan sanksi pada tiga perusahaan drone Iran awal bulan lalu. Brian E. Nelson, Wakil Menteri Keuangan untuk Terorisme dan Intelijen Keuangan, mengatakan dalam siaran pers bahwa AS "tidak akan ragu" untuk menargetkan produsen UAV yang berkontribusi pada proksi teroris Timur Tengah dan destabilisasi regional.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022

Warga dan Petugas Damkar Lebak Tangkap Ular Piton Panjang 3 Meter

Warga dan petugas pemadam kebakaran (damkar) Lebak, menangkap ular piton sepanjang 3 meter, Sabtu (3/12/2022) dini hari.

NEWS | 3 Desember 2022

Jokowi Hadiri Acara Puncak HUT Ke-77 PGRI dan HGN 2022

Acara puncak peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 dihadiri Presiden Jokowi.

NEWS | 3 Desember 2022

Pernyataan Benny Rhamdani soal Siap Perang Dinilai Harus Dilihat Utuh

Efriza menilai pihak-pihak mempersoalkan diksi siap perang dan menyerang Benny Rhamdani saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlalu berlebihan.

NEWS | 3 Desember 2022

8 Pemprov Desak RUU Daerah Kepulauan Disahkan pada 2023

Delapan pemerintah provinsi (pemprov) mendesak agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan yang sudah masuk Prolegnas agar disahkan pada 2023.

NEWS | 3 Desember 2022

DPR Optimistis Yudo Margono Mampu Pimpin TNI secara Profesional

Anggota Komisi I DPR Christina Aryani menyampaikan selamat kepada Laksamana TNI Yudo Margono yang sudah mendapat persetujuan sebagai Panglima TNI.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE