Logo BeritaSatu

Skor Efektivitas Pemerintahan Modal Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia

Kamis, 29 September 2022 | 21:56 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Deputi V Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani menilai, peningkatan skor efektivitas pemerintahan di Indonesia versi Bank Dunia, menjadi modal besar bagi pemerintah untuk menghadapi G-20, dan mewujudkan cita-cita Presiden Joko Widodo (Jokowi) menciptakan visi birokrasi kelas dunia.

“Tata kelola pemerintahan yang baik, yang terdiri dari akuntabilitas, kapasitas, dan kinerja pemerintah adalah kunci untuk bersaing di level global,” kata Jaleswari Pramodhawardani di gedung Bina Graha Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Jaleswari mengatakan capaian Indeks Efektivitas Pemerintahan tersebut harus menjadi pemicu untuk meningkatkan keseriusan seluruh aparatur birokrasi pemerintah dalam menjalankan reformasi birokrasi.

Sesuai arahan Presiden, menurutnya, reformasi birokrasi harus dijalankan secara berkelanjutan, masif, serentak di semua level pemerintah, baik pusat maupun daerah. “Selain itu juga harus dilakukan benchmarking dalam layanan publik, yang sudah baik dijadikan contoh agar bisa ditiru oleh instansi daerah lain,” katanya.

Anggota Tim Pengarah Strategi Nasional Pencegahan Korupsi ini menambahkan pemerintah sudah membentuk Gugus Tugas Percepatan Reformasi Birokrasi di daerah untuk mendukung agenda reformasi birokrasi, yakni Mal Pelayanan Publik (MPP), dan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Gugus tugas akan bersinergi dengan tim percepatan MPP yang dibentuk oleh Setwapres dan Kementerian PAN dan RB, untuk memastikan target pembentukan 100 MPP pada 2022, dan 150 MPP pada 2023 bisa dicari. “Target itu sesuai arahan Presiden dan Wakil Presiden,” tegasnya.

Diketahui, pada 23 September 2022, Bank Dunia merilis World Governance Indicator, yang salah satunya terdiri dari Government Effectiveness Index atau Indeks Efektivitas Pemerintahan, yakni penilaian terhadap kinerja dan efektivitas pemerintah negara di dunia.

Dalam rilisnya, Bank Dunia menyebut skor efektivitas pemerintah Indonesia meningkat, dari 0,35 pada 2020 menjadi 0,38 pada 2021, dengan skala -2,5 terendah hingga 2,5 tertinggi. Peningkatan skor menaikkan peringkat Indonesia, dari 73 ke peringkat 64 dari 214 negara. Indonesia mengungguli Italia, Polandia, India, Meksiko, Rusia, dan Brasil.

Sementara negara dengan pemerintah paling efektif dengan skor di atas 2, yakni Singapura, Swiss, dan Denmark. Sebagai informasi, Indeks Efektivitas Pemerintahan mencoba mengukur efektivitas kinerja birokrasi di 214 negara di dunia. Parameternya, kualitas layanan publik, derajat independensi birokrasi terhadap intervensi politik, kualitas formulasi kebijakan, dan kredibilitas pemerintah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1: Bhayangkara Tundukkan 10 Pemain PSS Sleman

Liga 1: Bhayangkara Tundukkan 10 Pemain PSS Sleman

BOLA | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE