Logo BeritaSatu

Solusi Dua Negara Israel dan Palestina Harus Terus Disuarakan

Kamis, 29 September 2022 | 20:55 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Jakarta, Beritasatu.com – Solusi dua negara Israel dan Palestina dengan posisi yang setara harus terus disuarakan, demi terciptanya perdamaian di kawasan Timur Tengah. Indonesia yang terus menyuarakan dukungan untuk kemerdekaan Palestina juga harus tetap aktif menyuarakan solusi ini, termasuk di ajang KTT G-20 di Bali nanti.

Demikian benang merah yang terangkum dalam Diskusi Publik yang mengambil tema “Solusi 2 Negara Israel dan Palestina” yang digelar Universitas Paramadina, Jakarta, Kamis (29/9/2022) malam.

Diskusi menghadirkan tokoh Muhammadiyah Din Syamsuddin, Dubes Indonesia untuk Spanyol Yuli Mumpuni Widarso, dan dosen Paramadina Ahmad Khoirul Umam sebagai narasumber, yang dipandu Rektor Paramadina Didik J Rachbini.

Menurut Din Syamsuddin, pemikiran Israel dan Palestina bisa eksis dalam dua negara sudah bisa dilacak sejak awal tahun 1930-an. Namun yang jadi persoalan adalah tapal batas antara kedua negara, yang menjadi masalah dari wilayah warisan jajahan Inggris ini.

Persoalan tapal batas juga bagaikan bom waktu yang memicu konflik di Timur Tengah seperti ketika Irak menyerang Kuwait.

“Konflik Israel dan Palestina berdampak sistemik pada kehidupan global. karena muncul sikap radikal dan fundamentalis dari kelompok pendukung yang simpati ke Palestina,” jelas Din Syamsuddin.

Ia melihat masalah tapal batas ini tak bisa dipenuhi Israel, karena Palestina ingin kembali ke tapal batas sebelum perang 1967.

“Israel tak bisa penuhi ini (tapal batas), bahkan kini bertendesi ambil wilayah palestina dengan bangun pemukiman di tepi barat. soal ibu kota ini belum bisa disepakati. Di mana wilayah Yerusalem timur ke palestina, bagian lainnya ke Israel. Syarat ini belum tercapai, Israel sudah agresif maju menguasai Yerusalem. Parlemen Israel bahkan umumkan Yerusalem jadi ibu kota dan mendapat dukungan penuh AS ketika dipimpin Donald Trump,” jelasnya.

Sementara Yuli Mumpuni Widarso menilai, masalah Palestina dan Israel itu induk dari segala masalah internasional. Karena ada banyak isu yang terkait ini utamanya pengakuan pada Pakistan.

“Sebenarnya dunia internasional sebenarnya tahu mana yang htam dan putih dalam masalah ini. Namun ini terkait kepentingan politik. Saya melihat jalur penyelesaian harus tetap melalui jalur diplomatik”.

Din Syamsuddin menambahkan, posisi kesetaraan antardua negara ini problem utama globalnya adalah injustice (ketidakadilan) dan standar ganda dari AS dan neara barat, sehingga hanya sepihak ke israel.

“Upaya ini perlu diimbangi dengan adanya koalisi negara islam cinta damai dengan indonesia bisa ambil peran, bisa ajak Turki, Pakistan dan jika berkenan Iran, dan ambil satu negara arab di luar Mesir dan Yordania. untuk berdialog ke negara islam dan ke AS. Sekarang ada pergeseran geopolitik. harus ada tekanan pada pihak-pihak yang antidamai. Penting juga lobi-lobi Yahudi, karena mereka sangat powerfull”.

Sedangkan Didik J Rachbini menilai, pernyataan PM Israel Yair Lapid saat berpidato di PBB soal solusi dua negara, harus segera direspons. Palestina harus ikut berperan dengan mau mengambil wilayah yang bisa diterima Israel. Karena jika berharap ingin kembali memiliki wilayah seperti sebelum perang tahun 1967 adalah hal yang sulit terpenuhi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jadwal Sidang Ferdy Sambo Dkk di PN Jaksel Pekan Ini

Ferdy Sambo dkk akan menjalani sidang di PN Jaksel pekan ini selama tiga hari. Berikut jadwal sidang Ferdy Sambo dkk pekan ini

NEWS | 28 November 2022

Hari Ini, Bharada E Cs Hadapi Persidangan Kasus Brigadir J

Bharada E duduk sebagai terdakwa bersama dengan Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf pada sidang dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

BMKG: DKI Jakarta Diguyur Hujan Malam Hari

BMKG memprakirakan, hujan akan mengguyur DKI Jakarta pada Senin (28/11/2022) malam. Hujan dan petir juga bakal terjadi pada malam nanti.

NEWS | 28 November 2022

Siaran Piala Dunia di TV Tiongkok Sensor Gambar Fan Tanpa Masker

Siaran TV pertandingan Piala Dunia Qatar di Tiongkok menyensor gambar jarak dekat para fan sepak bola tanpa masker di stadion.

NEWS | 28 November 2022

Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Italia mengumumkan keadaan darurat di pulau selatan Ischia pada Minggu (27/11/2022) setelah tanah longsor menewaskan sedikitnya tujuh orang.

NEWS | 28 November 2022

Top 5 News: Pencopotan Label Gereja di Cianjur hingga Laga Jerman-Spanyol

Pencopotan label gereja di posko pengungsian gempa Cianjur dan susunan pemain Jerman-Spanyol merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 November 2022

Kementerian PPPA Harap Pemda Perkuat Regulasi Ramah Perempuan

Selain memperkuat regulasi, Kementerian PPPA minta pemangku kebijakan memberikan porsi yang besar terhadap partisipasi perempuan.

NEWS | 28 November 2022

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jadwal Sidang Ferdy Sambo Dkk di PN Jaksel Pekan Ini

Jadwal Sidang Ferdy Sambo Dkk di PN Jaksel Pekan Ini

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE