Logo BeritaSatu

SMRC: Ganjar, Anies, dan Prabowo Beri Efek Positif pada Elektabilitas PDIP

Kamis, 29 September 2022 | 17:54 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Elektabilitas PDI Perjuangan (PDIP) mengalami peningkatan signifikan apabila mengusung Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, termasuk Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres). Hal ini berdasarkan temuan studi eksperimental yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Sementara, pencalonan Puan Maharani tidak memiliki pengaruh atau bahkan cenderung memperlemah suara PDIP.

Hasil studi ini dipresentasikan oleh pendiri SMRC, Saiful Mujani dalam program Bedah Politik bersama Saiful Mujani bertajuk “Efek Calon Presiden terhadap Partai” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV, Rabu (29/9/2022).

Saiful mengatakan PDIP penting untuk didiskusikan. Pasalnya, partai ini memiliki beberapa opsi untuk pencalonan presiden. PDIP memiliki beberapa kader berbeda yang dibahas untuk menjadi capres. Di sisi yang lain, dalam dua pemilu terakhir, PDIP adalah partai dengan perolehan suara terbanyak.

Pertanyaan teoritisnya adalah tentang efek ekor jas. Biasanya partai yang memiliki calon yang bagus maka suara partai tersebut akan ikut terangkat. Sebaliknya, jika mencalonkan tokoh yang buruk, suara partai tidak bisa terangkat atau bahkan memiliki pengaruh negatif terhadap partai tersebut. Karena itu, menurutnya, pilihan partai terhadap calon adalah pilihan strategis bagi partai itu sendiri.

Menurutnya, PDIP menjadi unik, karena memiliki beberapa opsi calon. Untuk menjawab efek calon pada perolehan suara partai, SMRC melakukan studi eksperimental. Ini dilakukan, lanjut Saiful, untuk melihat hubungan kausalitas antara calon dan partai. Dalam studi ini, pertama-tama yang diuji adalah variabel kontrol, yakni pilihan pada PDIP. “Ada 28 persen yang menyatakan akan memilih PDIP, yang menyatakan tidak akan memilih 43 persen, dan tidak tahu 29 persen,” kata Saiful Mujani.

Kemudian, SMRC memasukkan nama Puan sebagai capres. “Jika PDIP mencalonkan Puan Maharani untuk menjadi presiden, apakah masyarakat akan memilih PDIP atau calon anggota DPR dari PDIP bila pemilihan umum dilakukan sekarang?,” demikian pertanyaan yang diajukan kepada responden. Hasilnya, ada 25 persen yang menyatakan akan memilih PDIP, 44 persen menyatakan tidak, dan 31 persen menjawab tidak tahu.

“Untuk pertanyaan netral, ada 28 persen yang menjawab akan memilih PDIP. Namun, setelah ada nama Puan, menjadi 25 persen. Suara PDIP mengalami sedikit penurunan. Puan tidak meningkatkan elektabilitas PDIP kalau dia dicalonkan,” ujar Saiful Mujani.

Baca selanjutnya
Kemudian, ketika nama yang dimasukkan adalah Ganjar Pranowo dengan pertanyaan yang ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gempa Garut 6,4 M, Warga Cianjur Dibuat Panik Tak Keruan

Warga Cianjur yang masih trauma akibat gempa kembali berhamburan keluar dari dalam rumah dan perkantoran menuju lapangan terbuka, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Gempa Garut M 6,4 Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Garut terjadi pada Sabtu pukul 16.49 WIB dan dirasakan getarannya di wilayah Garut, Ciamis, Kalapanunggal, Sumur, Tasikmalaya dan Pamoyanan.

NEWS | 3 Desember 2022

Paspampres Perkosa Prajurit, Moeldoko: Tak Ada Toleransi

Moeldoko menilai tidak boleh ada toleransi dalam kasus dugaan perkosaan oleh perwira Paspampres terhadap seorang prajurit wanita.

NEWS | 3 Desember 2022

Pertamina Teken Kontrak Kerja Sama dengan Nippon Yusen Kaisha Senilai Rp 7,7 M

Pertamina International Shipping (PIS) menjalin kerja sama dengan Nippon Yusen Kaisha (NYK) di Tokyo dengan nilai sekitar Rp 7,7 miliar.

NEWS | 3 Desember 2022

Getaran Gempa Garut Buat Panik Warga Sukabumi

Getaran gempa Garut hampir dirasakan oleh seluruh warga Sukabumi, namun belum ada laporan kerusakan.

NEWS | 3 Desember 2022

Masyarakat Padati Tempat Tes PCR Covid-19 di Beijing

Kerumunan orang memadati tempat-tempat tes PCR Covid-19 di Beijing hingga menyebabkan antrean panjang di Ibu Kota China itu.

NEWS | 3 Desember 2022

Hari Guru Nasional, Ini Pesan PGRI untuk Pemerintah

PGRI menitipkan pesan dari para guru kepada Presiden Joko Widodo agar pemerintah saat ini dan akan datang untuk tetap berpihak kepada para guru.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Tetap Waspada, Cegah Kelonjakan Kasus Covid-19 Jelang Nataru

Salah bentuk kewaspadaan terhadap Covid-19 tersebut adalah menerapkan protokol kesehatan secara disiplin terutama memakai masker.

NEWS | 3 Desember 2022

Gempa 6,4 M Guncang Kabupaten Garut

Gempa berkekuatan 6,4 M mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022) pada pukul 16.49 WIB.

NEWS | 3 Desember 2022

Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Gempa Cianjur

Polisi memberlakukan lalu lintas satu arah untuk mengantisipasi kemacetan di lokasi episentrum gempa Cianjur di Kecamatan Cugenang, Jalan Raya Cianjur-Puncak.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dinsos DKI Jakarta Ungkap Dukungan Fasilitas untuk Disabilitas

Dinsos DKI Jakarta Ungkap Dukungan Fasilitas untuk Disabilitas

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE