Logo BeritaSatu

Lukas Enembe Tersangka Korupsi, Ini Permintaan AHY kepada Kader Demokrat di Papua

Kamis, 29 September 2022 | 13:33 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta para kadernya di Papua untuk tetap tenang dalam menyikapi kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menyeret Gubernur Papua Lukas Enembe. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan ketua DPD nonaktif Partai Demokrat Papua itu sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

AHY menekankan agar semua kadernya menjaga situasi di Papua agar tetap kondusif. "Kepada seluruh kader Partai Demokrat di Provinsi Papua, saya minta tetap tenang, dan mari kita hormati proses hukum yang sedang berjalan," kata AHY saat jumpa pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

AHY memaparkan, pihaknya telah menonaktifkan Lukas dari posisi sebagai ketua DPD Partai Demokrat Papua. Selanjutnya, pihaknya telah menunjuk pelaksana tugas mengisi posisi Lukas di internal partai, yakni Willem Wandik.

"Dengan kapasitas dan integritas yang dimiliki, saya berharap saudara Willem Wandik dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," ujar AHY.

Selain itu, AHY menjelaskan pihaknya mendukung upaya Lukas dalam mencari keadilan. Demokrat, sebut AHY, menaati asas praduga tak bersalah.

"Apabila di kemudian hari, Bapak Lukas Enembe tidak terbukti bersalah, yang bersangkutan dapat diangkat kembali pada jabatannya," tutur AHY.

"Jika terbukti bersalah, sesuai dengan Pakta Integritas yang telah ditandatangani, maka kami akan mengangkat ketua definitif melalui mekanisme Musyawarah Daerah Luar Biasa," imbuh AHY.

Baca selanjutnya
Sebelumnya diketahui, Lukas tidak menghadiri pemeriksaan di KPK, Senin (26/9/2022) kemarin. ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Survei: Masyarakat Percaya Ada Praktik Setoran di Polri

Indikator Politik Indonesia dalam surveinya menemukan adanya pandangan publik yang percaya adanya praktik setoran dari bawahan ke atasan di Polri. 

NEWS | 27 November 2022

Kasus Teddy Minahasa, Survei: Publik Endus Persaingan Tak Sehat di Polri

Survei Indikator Politik Indonesia menemukan persepsi publik adanya persaingan tidak sehat di internal Polri usai kasus peredaran narkoba Irjen Teddy Minahasa.

NEWS | 27 November 2022

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Teratas, Prabowo dan Anies Bersaing

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Ganjar Pranowo meraih dukungan terbanyak sebagai presiden.

NEWS | 27 November 2022

Bawaslu: Ada Dugaan Pelanggaran Verifikasi Faktual di Sulbar

Bawaslu mengungkap ada dugaan pelanggaran verfikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) di Sulawesi Barat (Sulbar).

NEWS | 27 November 2022

Gempa Cianjur, BNPB Fokus Penanganan Pengungsi dan Distribusi Logistik

BNPB memastikan masih akan terus melakukan pencarian dan evakuasi korban gempa Cianjur yang hingga hari ini belum ditemukan.

NEWS | 27 November 2022

Brigade: Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) memekikkan tagline perjuangan Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti saat deklarasi dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Puluhan Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Booster Kedua

Puluhan warga lanjut usia (lansia) antusias mengikuti vaksinasi booster kedua yang diselenggarakan Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 November 2022

Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi, Brigade Siap Menangkan Ganjar

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 karena dinilai layak melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

NEWS | 27 November 2022

Brigade Deklarasi Serentak Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Relawan Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) mendeklarasikan dukungan mereka kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Jerat Hakim Agung Gazalba Saleh, KPK Tegaskan Tak Langgar Hukum

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak melanggar hukum ketika menjerat Hakim Agung MA, Gazalba Saleh sebagai tersangka kasus dugaan suap.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
SMRC: Ganjar Unggul Jauh dari Pesaingnya di Pilpres 2024

SMRC: Ganjar Unggul Jauh dari Pesaingnya di Pilpres 2024

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE