Logo BeritaSatu

Akibat Perintah Mobilisasi, 194.000 Warga Rusia Mengungsi

Kamis, 29 September 2022 | 13:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tallinn, Beritasatu.com- Sekitar 194.000 warga Rusia mengungsi akibat perintah mobilisasi dari Presiden Vladimir Putin. Seperti dilaporkan AP, Selasa (27/9/2022), ribuan warga Rusia melintasi perbatasan untuk melarikan diri dari panggilan untuk berperang dalam perang Rusia di Ukraina.

Vsevolod adalah salah satu dari lebih dari 194.000 warga negara Rusia yang telah melarikan diri ke negara tetangga Georgia, Kazakhstan dan Finlandia - paling sering dengan mobil, sepeda atau berjalan kaki - dalam seminggu sejak Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi sebagian pasukan cadangan.

Eksodus massal pria baik sendirian atau bersama keluarga atau teman mereka yakni mulai 21 September, tak lama setelah pidato Putin di depan negara, dan berlanjut sepanjang minggu ini.

Awalnya, para eksodus membeli tiket pesawat, yang harganya melonjak pada beberapa maskapai yang masih terbang keluar dari Rusia. Tetapi sisa eksodus harus mengisi bensin mobil mereka dan bergabung dengan antrean panjang yang meliuk-liuk di jalan menuju perbatasan.

Menurut layanan daring Yandex Maps, kemacetan lalu lintas menuju Verkhny Lars, perbatasan yang melintasi Georgia dari wilayah Ossetia Utara Rusia, membentang sekitar 15 kilometer pada Selasa.

Media sosial menunjukkan ratusan pejalan kaki berbaris di pos pemeriksaan setelah penjaga perbatasan Rusia melonggarkan peraturan dan mengizinkan orang untuk menyeberang dengan berjalan kaki. Demikian pula antrean panjang dilaporkan di beberapa penyeberangan ke Kazakhstan.

Kementerian Dalam Negeri Georgia menyatakan lebih dari 53.000 orang Rusia telah memasuki negara itu sejak pekan lalu. Sementara pejabat Kementerian Dalam Negeri di Kazakhstan menyatakan 98.000 menyeberang ke negara itu.

Badan Penjaga Perbatasan Finlandia menyatakan lebih dari 43.000 tiba pada periode yang sama. Laporan media juga mengatakan 3.000 orang Rusia lainnya memasuki Mongolia, yang juga berbatasan dengan negara itu.

Polisi di Ossetia Utara mengatakan kantor pendaftaran darurat akan didirikan di persimpangan Verkhny Lars. Pejabat setempat mengonfirmasi kepada kantor berita negara Tass bahwa pria Rusia sedang dilayani perintah panggilan mobilisasi di penyeberangan ke Georgia.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan, hanya sekitar 300.000 orang dengan pertempuran sebelumnya atau dinas militer lainnya yang akan dikerahkan.

Namun laporan telah muncul dari berbagai wilayah Rusia bahwa perekrut sedang mengumpulkan orang-orang di luar deskripsi itu. Rekrutmen memicu ketakutan akan panggilan yang lebih luas, mengirim berbondong-bondong pria dari segala usia dan latar belakang ke bandara dan perbatasan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Net89, Bareskrim Maksimalkan Sita Aset Tersangka

Bareskrim Polri hingga saat ini masih memaksimalkan penyitaan aset milik tujuh tersangka pada kasus Net89

NEWS | 4 Desember 2022

Pesawat Gagal Take Off di Jambi, Lion Air Siapkan Pengganti

Lion Air menyiapkan pesawat pengganti setelah JT601 tujuan Jambi-Jakarta yang dijadwalkan terbang pukul 06.00 WIB mengalami gagal lepas landas.

NEWS | 4 Desember 2022

Kendaraan Berat Terus Melintas, Jembatan Cikereteg di Bogor Rawan Ambrol

Jembatan Cikereteg di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor rawan ambrol dan diperparah dengan tetap melintasnya kendaraan berat di atasnya.

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi Semeru, Warga Dilarang Beraktivitas Hingga 13 Km dari Puncak

BPBD Lumajang meminta masyarakat tak beraktivitas di lereng tenggara sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

NEWS | 4 Desember 2022

Berkah Pernikahan Kaesang-Erina, Hotel di DIY Full Booked

Reservasi untuk hotel-hotel di DIY sudah mendekati 100% alias full booked menjelang hari pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gundono.

NEWS | 4 Desember 2022

Menikah, 2 Sejoli Korban Gempa Cianjur Tak Pikirkan Malam Pertama

Dua sejoli menikah di tengah suasana duka akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Mereka pun tidak memikirkan malam pertama.

NEWS | 4 Desember 2022

Wabup Lumajang Minta Warga di Zona Merah Semeru Dikosongkan

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati meminta semua warga yang berada di zona merah erupsi dan awan panas guguran Gunung Semeru dikosongkan

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi Gunung Semeru Tak Pengaruhi Wisata di Bromo

Aktivitas wisata di Gunung Bromo, Jawa Timur, yang masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tidak terdampak erupsi Gunung Semeru.

NEWS | 4 Desember 2022

Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Rampung Sebelum Lebaran

Pembangunan rumah korban gempa Cianjur, Jawa Barat, akan rampung sebelum Lebaran 2023 mendatang.

NEWS | 4 Desember 2022

Longsor di Jalan Bogor-Sukabumi, Kendaraan Besar Dialihkan ke Tol Bocimi

Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus kendaraan besar ke Tol Bocimi, imbas dari longsornya Jalan Raya Bogor-Sukabumi.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lupakan Gol Kontroversial, Pahlawan Jepang Ini Fokus Hadapi Kroasia

Lupakan Gol Kontroversial, Pahlawan Jepang Ini Fokus Hadapi Kroasia

SEMESTA BOLA 2022 | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE