Logo BeritaSatu

Akibat Perintah Mobilisasi, 194.000 Warga Rusia Mengungsi

Kamis, 29 September 2022 | 13:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tallinn, Beritasatu.com- Sekitar 194.000 warga Rusia mengungsi akibat perintah mobilisasi dari Presiden Vladimir Putin. Seperti dilaporkan AP, Selasa (27/9/2022), ribuan warga Rusia melintasi perbatasan untuk melarikan diri dari panggilan untuk berperang dalam perang Rusia di Ukraina.

Vsevolod adalah salah satu dari lebih dari 194.000 warga negara Rusia yang telah melarikan diri ke negara tetangga Georgia, Kazakhstan dan Finlandia - paling sering dengan mobil, sepeda atau berjalan kaki - dalam seminggu sejak Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi sebagian pasukan cadangan.

Eksodus massal pria baik sendirian atau bersama keluarga atau teman mereka yakni mulai 21 September, tak lama setelah pidato Putin di depan negara, dan berlanjut sepanjang minggu ini.

Awalnya, para eksodus membeli tiket pesawat, yang harganya melonjak pada beberapa maskapai yang masih terbang keluar dari Rusia. Tetapi sisa eksodus harus mengisi bensin mobil mereka dan bergabung dengan antrean panjang yang meliuk-liuk di jalan menuju perbatasan.

Menurut layanan daring Yandex Maps, kemacetan lalu lintas menuju Verkhny Lars, perbatasan yang melintasi Georgia dari wilayah Ossetia Utara Rusia, membentang sekitar 15 kilometer pada Selasa.

Media sosial menunjukkan ratusan pejalan kaki berbaris di pos pemeriksaan setelah penjaga perbatasan Rusia melonggarkan peraturan dan mengizinkan orang untuk menyeberang dengan berjalan kaki. Demikian pula antrean panjang dilaporkan di beberapa penyeberangan ke Kazakhstan.

Kementerian Dalam Negeri Georgia menyatakan lebih dari 53.000 orang Rusia telah memasuki negara itu sejak pekan lalu. Sementara pejabat Kementerian Dalam Negeri di Kazakhstan menyatakan 98.000 menyeberang ke negara itu.

Badan Penjaga Perbatasan Finlandia menyatakan lebih dari 43.000 tiba pada periode yang sama. Laporan media juga mengatakan 3.000 orang Rusia lainnya memasuki Mongolia, yang juga berbatasan dengan negara itu.

Polisi di Ossetia Utara mengatakan kantor pendaftaran darurat akan didirikan di persimpangan Verkhny Lars. Pejabat setempat mengonfirmasi kepada kantor berita negara Tass bahwa pria Rusia sedang dilayani perintah panggilan mobilisasi di penyeberangan ke Georgia.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan, hanya sekitar 300.000 orang dengan pertempuran sebelumnya atau dinas militer lainnya yang akan dikerahkan.

Namun laporan telah muncul dari berbagai wilayah Rusia bahwa perekrut sedang mengumpulkan orang-orang di luar deskripsi itu. Rekrutmen memicu ketakutan akan panggilan yang lebih luas, mengirim berbondong-bondong pria dari segala usia dan latar belakang ke bandara dan perbatasan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Akhir Pekan, Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan pada Siang hingga Sore

Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat pada akhir pekan ini, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Booster vaksin Covid-19 perlu dipercepat dan tembok CIMB Niaga Finance roboh merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 3 Desember 2022

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Akhir Pekan, Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan pada Siang hingga Sore

Akhir Pekan, Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan pada Siang hingga Sore

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE