Logo BeritaSatu

Krisis Energi, Jerman Batal Tutup Pembangkit Listrik Nuklir

Rabu, 28 September 2022 | 13:17 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Berlin, Beritasatu.com- Krisis energi akan memaksa Jerman untuk membatalkan rencana penutupan pembangkit listrik nuklir. Seperti dilaporkan, RT, Selasa (27/9/2022), kemungkinan itu disampaikan Menteri Ekonomi Robert Habeck.

Habeck mengatakan Jerman mungkin terus menggunakan dua dari tiga pembangkit listrik tenaga nuklir yang tersisa karena krisis pasokan listrik yang sedang berlangsung dan potensi kekurangan pembangkit listrik.

"Kami sudah berada dalam situasi sekarang di mana tes stres mengatakan mungkin perlu menggunakan tenaga nuklir untuk keamanan jaringan," katanya pada konferensi iklim di Berlin.

Jerman menutup setengah dari pembangkit listrik tenaga nuklirnya pada Desember 2021 sebagai bagian dari rencana negara itu untuk menghentikan energi nuklir setelah bencana nuklir Fukushima 2011.

Di bawah rencana awal, Berlin bermaksud untuk sepenuhnya mengurangi energi atom pada akhir tahun ini, ketika tiga pembangkit negara yang tersisa di Neckarwestheim, Essenbach, dan Emsland ditutup.

Awal bulan ini, otoritas Jerman setuju untuk menyimpan dua dari tiga pabrik sebagai cadangan setelah akhir tahun ini, membalikkan penutupan fasilitas yang telah lama direncanakan.

Krisis energi di seluruh UE sebagian besar disebabkan oleh meroketnya harga gas alam karena sanksi yang dijatuhkan sekutu Barat kepada Rusia atas konflik di Ukraina.

Pada akhir Agustus, Berlin menyetujui serangkaian langkah untuk mengurangi konsumsi energi musim dingin, termasuk membatasi penggunaan penerangan dan pemanas di gedung-gedung publik. Pihak berwenang juga telah mendorong warga untuk menghemat energi dengan segala cara yang tersedia.

Pemerintah Jerman juga telah menjanjikan US$ 66,9 miliar (Rp1.001 triliun) dalam pendanaan untuk membantu perusahaan utilitas yang berjuang menghadapi lonjakan harga energi. Pekan lalu, Berlin setuju untuk menasionalisasi Uniper, importir gas alam terbesar di negara itu sebagai bagian dari upaya untuk menjaga industri tetap bertahan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Imbang 1-1, Jepang vs Kroasia Berlanjut Babak Tambahan

Imbang 1-1, Jepang vs Kroasia Berlanjut Babak Tambahan

SEMESTA BOLA 2022 | 22 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE