Logo BeritaSatu

Rusia Usir Diplomat Jepang yang Dituduh Spionase

Rabu, 28 September 2022 | 12:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Rusia mengusir diplomat Jepang yang dituduh melakukan spionase. Seperti dilaporkan Newsweek, Selasa (27/9/2022), perselisihan dimulai Senin (26/9) ketika Layanan Keamanan Federal Rusia (FSB) mengumumkan telah menghentikan aktivitas spionase Motoki Tatsunori, konsul Konsulat Jenderal Jepang di Vladivostok.

Pernyataan itu menyebut bahwa Tatsunori ditahan saat menerima informasi rahasia, dengan imbalan uang, tentang kerja sama Rusia dengan negara lain di kawasan Asia-Pasifik.

FSB kemudian merilis satu video yang dimaksudkan untuk menunjukkan diplomat Jepang itu mengaku melanggar hukum Rusia dalam satu klip yang tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Newsweek.

Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil kepala konsulat Vladivostok Jepang dan menyatakan Tatsunori "persona non grata" untuk "kegiatan yang tidak sesuai dengan status petugas konsuler dan merugikan kepentingan keamanan Rusia," dan memberinya waktu 48 jam untuk meninggalkan negara itu.

Jepang telah bereaksi keras terhadap insiden itu, dengan Menteri Luar Negeri Hayashi Yoshimasa dan Kepala Sekretaris Kabinet Matsuno Hirokazu menyangkal tuduhan Rusia dan menuduh pihak berwenang Rusia memperlakukan rekan senegaranya dengan buruk.

"Ini bertentangan dengan fakta bahwa konsul ini terlibat dalam kegiatan ilegal seperti yang diklaim pihak Rusia," kata seorang pejabat Jepang kepada Newsweek.

Pejabat itu mengatakan bahwa konsul "dibawa pergi tanpa bisa bergerak, terus-menerus ditutup matanya dengan tangan dan kepalanya ditekan, dan ditempatkan di bawah tindakan yang melelahkan."

"Tindakan seperti itu oleh pihak Rusia adalah pelanggaran yang jelas dan serius terhadap Konvensi Wina tentang Hubungan Konsuler serta perjanjian konsuler bilateral, dan sangat disayangkan dan tidak dapat diterima. Kami juga memprotes keras pernyataan persona non grata yang tak terbayangkan untuk konsul ini setelah perlakuan tidak adil seperti itu," tambah pejabat itu.

Pada Selasa (27/9), Duta Besar Rusia untuk Jepang, Mikhail Galuzin, telah menolak reaksi Tokyo. Dia mengatakan Tatsunori yang "bertindak melanggar otoritasnya, dan tidak mematuhi hukum kami dan Konvensi Wina," menurut komentar yang dibawa oleh agensi berita Rusia TASS yang dikelola negara.

"Ini adalah pihak Rusia yang memiliki alasan untuk memprotes, seperti yang diungkapkan kemarin. Dan memiliki alasan untuk menuntut permintaan maaf atas perilaku diplomat Jepang seperti itu dan menuntut agar tindakan seperti itu oleh diplomat Jepang di Rusia dicegah di masa depan.," kata Galuzin.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Bom Bandung hingga Meninggalnya Lord Rangga

Kabar soal pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV membawa dua bungkusan menjadi berita terpopuler.

NEWS | 8 Desember 2022

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenazah Pelaku Bom Astana Anyar Diautopsi di RS Bhayangkara Sartika Asih

Jenazah Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar atau bom Astana Anyar diautopsi di RS Bhayangka Sartika Asih, Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE