Logo BeritaSatu

Latihan Militer, AS Akan Kerahkan HIMARS ke Latvia

Rabu, 28 September 2022 | 12:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan sistem roket HIMARS ke Latvia, negara tetangga Rusia. Seperti dilaporkan RT, Senin (26/9/2022), Washington mengirim dua sistem roket bersama dengan puluhan personel untuk mendukung latihan militer Latvia.

Komando Angkatan Darat AS Eropa dan Afrika mengumumkan pada Minggu (25/9) bahwa akan mengirim dua Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) bersama dengan sekitar selusin personel ke Latvia, untuk mengambil bagian dalam latihan militer kesiapan nasional yang dipimpin NATO.

Sistem M142 HIMARS akan tiba di negara Baltik pada hari Senin untuk mengambil bagian dalam fase jatuh dari apa yang disebut latihan NAMEJS, yang berlangsung dari 5 September hingga 9 Oktober.

Sistem artileri buatan AS akan digunakan pada 26 September dan 27 untuk mendemonstrasikan penyebaran cepat peluncuran presisi jarak jauh ke perbatasan timur NATO.

“NAMEJS dirancang untuk meningkatkan kesiapan, daya mematikan, modernisasi, dan interoperabilitas dengan melatih kemampuan Angkatan Darat AS di Eropa dan Afrika untuk secara cepat menyebarkan kemampuan tembakan presisi jarak jauh dalam koordinasi dengan sekutu dan mitra kami, dan mengintegrasikan tembakan bersama di lingkungan multinasional,” bunyi pernyataan di situs web perintah.

“Latihan tersebut juga dilaporkan akan melibatkan Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Nasional Spanyol (NASAMS) untuk memberikan pelatihan perlindungan antipesawat,” kata Kapten Matiss Students, seorang perwira perencanaan dengan Angkatan Udara NATO, yang memperingatkan penduduk Latvia bahwa akan ada sedikit penerbangan pelatihan militer ketinggian di wilayah timur negara itu selama latihan.

Selain NAMEJS 2022, NATO bermaksud untuk melakukan latihan tambahan di wilayah tersebut di bawah moniker “Silver Arrow.” Blok pimpinan AS mengumumkan bahwa sekitar 4.200 tentara dari 17 negara anggota akan ambil bagian dalam latihan ini, yang dimaksudkan untuk “memperkuat kesatuan angkatan darat dan udara. NATO meningkatkan kemampuan tempur dan kesiapan mereka untuk mencegah dan mempertahankan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bengkel di Medan Terbakar, 3 Orang Tewas dan 1 Kritis

Kebakaran satu unit rumah semi permanen yang menjadi bengkel sepeda motor milik Manurung di Medan menewaskan tiga orang dan satu orang lainnya kritis. 

NEWS | 27 November 2022

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Seorang anggota Polisi Polsek Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Aipda Jauhari Fitrianto (40) sukses menggeluti bisnis olahan kopi rempah.

NEWS | 27 November 2022

Berkedok Indekos, Satpol PP Depok Gerebek Prostitusi Online

Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban dan penggerebekan terhadap sejumlah lokasi yang disinyalir menjadi tempat prostitusi online, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Top 5 News: Jokowi Ingatkan Relawan hingga Update Gempa Cianjur

Rangkuman artikel viral edisi Jumat dan Jokowi ingatkan relawan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 27 November 2022

Tim DVI Polri Kesulitan Identifikasi Korban Gempa Cianjur

Tim DVI Polri kesulitan mengidentifikasi korban gempa Cianjur karena fasilitas pemeriksaan yang terbatas dan kondisi jenazah yang sudah rusak.

NEWS | 27 November 2022

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bengkel di Medan Terbakar, 3 Orang Tewas dan 1 Kritis

Bengkel di Medan Terbakar, 3 Orang Tewas dan 1 Kritis

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE