Logo BeritaSatu

Partai Demokrat Dukung Penegakan Hukum Kasus Lukas Enembe

Rabu, 28 September 2022 | 11:30 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Partai Demokrat mendukung penegakan hukum oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus Lukas Enembe. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat Didik Mukrianto mendukung KPK dan tidak akan mengintervensi proses hukum. Hanya saja, kata dia, proses penegakan hukum tersebut harus berlangsung secara transparan, profesional dan adil.

“Lagi-lagi bahwa hak subjektif kepada orang yang disangkakan itu kan juga harus kita hormati, upaya pembelaannya, kita percayakan kepada aparat penegak hukum. Insyaallah jika memang ini dilakukan secara independen, transparan dan terbuka, insyaallah penegakan hukum berjalan dengan baik,” ujar Didik, Rabu (28/9/2022).

Didik mengatakan setiap kader Demokrat, termasuk Lukas Enembe sudah paham untuk menaati hukum. “Kalau Partai Demokrat standing-nya adalah bahwa partai yang taat asas, taat hukum itu standing yang sudah dipahami kader kita semuanya,” ujar Didik.

Didik enggan mengomentari terlalu jauh dampak penetapan tersangka Lukas Enembe terhadap Partai Demokrat. Pasalnya, kata Didik, kasus Lukas Enembe ini masih tahap awal.

“Ini masih proses awal, kita belum tahu apa yang terjadi, proses hukum itu bisa saja kemudian apa yang diterapkan penegak hukum, upaya pembelaan yang dilakukan oleh tersangka ini juga belum pada akhir cerita, kita tunggu nanti pada saat sudah inkrah, maka di situ standing-nya akan terlihat,” kata Didik.

Diketahui, Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi Rp 1 miliar terkait APBD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Lukas Enembe sudah dua kali mangkir dari panggilan KPK dengan alasan kesehatan. KPK pun berencana akan melakukan jemput paksa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bom Bandung dan Meninggalnya Lord Rangga Paling Banyak Dibaca

Berita seputar bom Bandung dan meninggalnya Lord Rangga yang tenar berkat klaim kerajaan Sunda Empire menjadi berita terpopuler Beritasatu.com.

NEWS | 8 Desember 2022

Top 5 News: Bom Bandung hingga Meninggalnya Lord Rangga

Kabar soal pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV membawa dua bungkusan menjadi berita terpopuler.

NEWS | 8 Desember 2022

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bom Bandung dan Meninggalnya Lord Rangga Paling Banyak Dibaca

Bom Bandung dan Meninggalnya Lord Rangga Paling Banyak Dibaca

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE