Logo BeritaSatu

Dapat Kewarganegaraan Rusia, Edward Snowden Tak Ikut Perang Ukraina

Rabu, 28 September 2022 | 08:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pelapor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden. Namun Snowden tidak akan dikirim ke medan perang.

Seperti dilaporkan RT, Senin (26/9/2022), mantan kontraktor Booz-Allen itu tidak memenuhi syarat untuk dimobilisasi ke front Ukraina karena dia tidak bertugas di tentara Rusia.

Pernyataan pengacara Snoden itumenuangkan air dingin ke spekulasi media sosial yang panas bahwa Snowden mungkin direkrut militer karena dia secara resmi menjadi warga negara Rusia.

Pada Senin (26/9/2022), kantor berita Rusia TASS mengonfirmasi status Snowden itu. Nama orang Amerika itu dimasukkan tanpa gembar-gembor dalam daftar 72 orang asing yang menjadi warga negara.

Snowden, yang mengajukan kewarganegaraan pada tahun 2020 setelah menerima hak tinggal permanen, belum mengomentari keputusan tersebut pada Senin malam waktu Moskwa. Istri Snowden juga akan mengajukan permohonan kewarganegaraan, menurut pengacaranya.

Saat fakta bahwa Snowden telah tinggal di Rusia sejak melarikan diri dari AS pada tahun 2013 telah dianggap sebagai "bukti" bahwa ia meremehkan pemerintah AS atas nama Moskwa, Snowden terdampar di Bandara Sheremetyevo saat tiba dari Hong Kong.

Snowden mengejar penerbangan lanjutan ke Kuba setelah AS membatalkan paspornya di tengah penerbangan. Dia dilaporkan dalam perjalanan ke Ekuador, tempatnya mengajukan permintaan suaka. Ekuador kemudian menjadi pemerintah yang ramah terhadap pembangkang Amerika.

AS masih ingin Snowden kembali ke rumah untuk menghadapi tuduhan spionase terkait dengan kebocoran file raksasa tahun 2013 yang mengungkapkan operasi pengawasan NSA yang luas, yang menargetkan warga sipil Amerika ke tingkat yang jauh lebih besar daripada yang diketahui publik sebelumnya.

Namun, alih-alih merilis dokumen itu sendiri, pelapor menjangkau sekelompok kecil jurnalis dan pembuat film termasuk Glenn Greenwald dan Laura Poitras, menginstruksikan mereka untuk menyusun dan menerbitkannya sesuai kebutuhan.

Snowden kemudian mengeluarkan pesan, yang pada dasarnya merupakan versi terbaru dari cuitan November 2020, mengatakan dia ingin keluarganya tetap bersama dan meminta privasi.

"Setelah bertahun-tahun berpisah dari orang tua kami, istri saya dan saya tidak memiliki keinginan untuk berpisah dari anak-anak kami. Setelah dua tahun menunggu dan hampir sepuluh tahun pengasingan, sedikit stabilitas akan membuat perbedaan bagi keluarga saya. Saya berdoa untuk privasi mereka - dan untuk kita semua," tulis cuitan tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Neymar Tampil, Ini Susunan Pemain Brasil vs Korsel

Neymar Tampil, Ini Susunan Pemain Brasil vs Korsel

SEMESTA BOLA 2022 | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE