Logo BeritaSatu

Warga Afghanistan Sukarela Serahkan Ratusan Pucuk Senjata Api

Selasa, 27 September 2022 | 10:38 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Pasukan keamanan Afghanistan telah mengumpulkan ratusan senjata ketika penduduk setempat dengan sukarela menyerahkan senjata dan amunisi. Seperti dilaporkan Xinhua, Minggu (25/9/2022), ratusan senjata itu diserahkan kepada pihak berwenang setempat di provinsi Kunar timur Afghanistan.

“Senjata yang diserahkan kepada otoritas setempat hari ini termasuk sembilan senjata antipesawat, 135 buah senapan serbu M16 buatan AS, 65 buah senapan AK-47, 19 buah mortir, beberapa RPG-7 dan sejumlah senjata ringan dan berat, selain itu. ribuan peluru," kata kepala distrik Ghaziabad Qari Zia Ur-Rahman kepada wartawan.

Pada upacara serah terima yang dihadiri oleh pejabat Kementerian Pertahanan, mereka meminta orang-orang untuk menyerahkan senjata mereka kepada pemerintah sementara yang dipimpin Taliban.

"Senjata yang dikumpulkan di distrik Ghaziabad akan diserahkan kepada badan keamanan terkait melalui proses yang transparan," kata Mawlawi Sayedullah, seorang pejabat dari Kementerian Pertahanan, pada upacara tersebut.

Menyusul penarikan tergesa-gesa pasukan koalisi pimpinan AS pada Agustus tahun lalu, sejumlah besar peralatan militer, termasuk ribuan kendaraan militer, senjata api ringan dan berat, banyak amunisi hilang di Afghanistan.

Pemerintah sementara Afghanistan telah berusaha mengumpulkan senjata dan amunisi dari individu sebagai bagian dari upaya untuk memastikan perdamaian abadi di negara yang dilanda perang itu.

Tentara Taliban memukuli demonstran wanita saat unjuk rasa di Kabul, Afghanistan yang jarang terjadi. Seperti dilaporkan The Guardian, Sabtu (13/8/2022), Taliban juga menembakkan senapan ke udara dan memukul dengan popor senapan untuk menyerang puluhan wanita yang memprotes di luar kementerian pendidikan Afghanistan.

Tentara Taliban memukuli pengunjuk rasa wanita dan menembak senapan ke udara pada Sabtu (13/8) ketika mereka dengan kasar membubarkan demonstrasi yang jarang terjadi di ibu kota Afghanistan. Unjuk rasa terjadi selang beberapa hari sebelum peringatan pertama kembalinya kelompok Islam garis keras itu ke tampuk kekuasaan.

Sejak merebut kendali pada 15 Agustus tahun lalu, Taliban telah mengembalikan keuntungan marginal yang dibuat oleh perempuan selama dua dekade intervensi AS di Afghanistan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rapimwil PPP, Kader Pekik Ganjar Pranowo Presiden 2024

Kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memekikkan Ganjar Pranowo presiden dalam rapat pimpinan wilayah (rapimwil) PPP Jateng.

NEWS | 27 November 2022

Survei: Sekitar 70 Juta Orang Indonesia Pernah Bayar Uang Damai Saat Ditilang

Survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan ada sekitar 70 juta orang Indonesua yang membayar uang damai ke anggota polisi agar tidak ditilang. 

NEWS | 27 November 2022

Gelar Eco Run Fest 2022, Pertamina Ajak Masyarakat Terapkan Sustainable Living

Melalui Pertamina Eco Run Fest 2022, Pertamina mengajak masyarakat menerapkan sustainable living atau gaya hidup berkelanjutan. 

NEWS | 27 November 2022

KRL Anjlok Lagi di Menteng, Penumpang Turun di Tengah Jalan

KRL dengan nomor KA 5144C yang anjlok di Kampung Bandan Jakarta Utara, anjlok lagi di perlintasan Menteng Jaya Jakarta Pusat saat akan dievakuasi ke Manggarai.

NEWS | 27 November 2022

SMRC: Ganjar Unggul Jauh dari Pesaingnya di Pilpres 2024

Survei SMRC menemukan pada kelompok pemilih yang tahu semua bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo unggul jauh dari para pesaingnya di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Survei: Masyarakat Percaya Ada Praktik Setoran di Polri

Indikator Politik Indonesia dalam surveinya menemukan adanya pandangan publik yang percaya adanya praktik setoran dari bawahan ke atasan di Polri. 

NEWS | 27 November 2022

Kasus Teddy Minahasa, Survei: Publik Endus Persaingan Tak Sehat di Polri

Survei Indikator Politik Indonesia menemukan persepsi publik adanya persaingan tidak sehat di internal Polri usai kasus peredaran narkoba Irjen Teddy Minahasa.

NEWS | 27 November 2022

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Teratas, Prabowo dan Anies Bersaing

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Ganjar Pranowo meraih dukungan terbanyak sebagai presiden.

NEWS | 27 November 2022

Bawaslu: Ada Dugaan Pelanggaran Verifikasi Faktual di Sulbar

Bawaslu mengungkap ada dugaan pelanggaran verfikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) di Sulawesi Barat (Sulbar).

NEWS | 27 November 2022

Gempa Cianjur, BNPB Fokus Penanganan Pengungsi dan Distribusi Logistik

BNPB memastikan masih akan terus melakukan pencarian dan evakuasi korban gempa Cianjur yang hingga hari ini belum ditemukan.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rapimwil PPP, Kader Pekik Ganjar Pranowo Presiden 2024

Rapimwil PPP, Kader Pekik Ganjar Pranowo Presiden 2024

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE