Logo BeritaSatu

Warga Afghanistan Sukarela Serahkan Ratusan Pucuk Senjata Api

Selasa, 27 September 2022 | 10:38 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Pasukan keamanan Afghanistan telah mengumpulkan ratusan senjata ketika penduduk setempat dengan sukarela menyerahkan senjata dan amunisi. Seperti dilaporkan Xinhua, Minggu (25/9/2022), ratusan senjata itu diserahkan kepada pihak berwenang setempat di provinsi Kunar timur Afghanistan.

“Senjata yang diserahkan kepada otoritas setempat hari ini termasuk sembilan senjata antipesawat, 135 buah senapan serbu M16 buatan AS, 65 buah senapan AK-47, 19 buah mortir, beberapa RPG-7 dan sejumlah senjata ringan dan berat, selain itu. ribuan peluru," kata kepala distrik Ghaziabad Qari Zia Ur-Rahman kepada wartawan.

Pada upacara serah terima yang dihadiri oleh pejabat Kementerian Pertahanan, mereka meminta orang-orang untuk menyerahkan senjata mereka kepada pemerintah sementara yang dipimpin Taliban.

"Senjata yang dikumpulkan di distrik Ghaziabad akan diserahkan kepada badan keamanan terkait melalui proses yang transparan," kata Mawlawi Sayedullah, seorang pejabat dari Kementerian Pertahanan, pada upacara tersebut.

Menyusul penarikan tergesa-gesa pasukan koalisi pimpinan AS pada Agustus tahun lalu, sejumlah besar peralatan militer, termasuk ribuan kendaraan militer, senjata api ringan dan berat, banyak amunisi hilang di Afghanistan.

Pemerintah sementara Afghanistan telah berusaha mengumpulkan senjata dan amunisi dari individu sebagai bagian dari upaya untuk memastikan perdamaian abadi di negara yang dilanda perang itu.

Tentara Taliban memukuli demonstran wanita saat unjuk rasa di Kabul, Afghanistan yang jarang terjadi. Seperti dilaporkan The Guardian, Sabtu (13/8/2022), Taliban juga menembakkan senapan ke udara dan memukul dengan popor senapan untuk menyerang puluhan wanita yang memprotes di luar kementerian pendidikan Afghanistan.

Tentara Taliban memukuli pengunjuk rasa wanita dan menembak senapan ke udara pada Sabtu (13/8) ketika mereka dengan kasar membubarkan demonstrasi yang jarang terjadi di ibu kota Afghanistan. Unjuk rasa terjadi selang beberapa hari sebelum peringatan pertama kembalinya kelompok Islam garis keras itu ke tampuk kekuasaan.

Sejak merebut kendali pada 15 Agustus tahun lalu, Taliban telah mengembalikan keuntungan marginal yang dibuat oleh perempuan selama dua dekade intervensi AS di Afghanistan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Fajar/Rian Sabet SabetMost Improved Player of The Year dari BWF

Fajar/Rian Sabet SabetMost Improved Player of The Year dari BWF

SPORT | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE