Logo BeritaSatu

Kontribusi Aktif IRRA dan Oneject dalam Program Imunisasi Anak Sekolah

Selasa, 27 September 2022 | 10:19 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) dan PT Oneject Indonesia (Oneject) melakukan pendampingan terhadap tenaga kesehatan (nakes) dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Penjaringan dalam pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SD Negeri Penjaringan 01, yang diikuti oleh 68 siswa.

Program pemerintah tersebut bertujuan memberi perlindungan kepada para peserta didik dari ancaman penyakit campak, difteri, tetanus dan penyakit-penyakit yang dapat dicegah melalu imunisasi. Dalam kegiatan ini IRRA dan Oneject turut terlibat aktif sebagai distributor dan produsen alat suntik auto disable syringe (ADS) dan safety needle.

“Kami gembira sekali dilibatkan dalam program BIAS di SDN Penjaringan 01. Program ini merupakan kontribusi nyata kami untuk melindungi masa depan kesehatan anak didik di Indonesia. Dengan produk-produk alat suntik pintar (smart syringe) yang merupakan gabungan dari safety needle dan auto disable syringe produksi Oneject – sister company – maka kami ingin memberikan perasaan aman dan nyaman baik bagi siswa yang diimunisasi, maupun orang tua dan guru yang mendampingi mereka, juga para nakes yang menjalankan tugas imunisasi,” ujar Direktur Utama PT Itama Ranoraya Heru Firdausi Syarif dalam siaran pers, Selasa (27/9).

Program BIAS adalah kegiatan imunisasi lanjut bagi anak sekolah dasar yang bertujuan melindungi anak Indonesia dari berbagai macam penyakit. Pemerintah menyelenggarakan program BIAS karena imunisasi untuk anak waktu bayi dianggap belum cukup memberi perlindungan terhadap penyakit PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi) bagi usia anak sekolah. Hal ini didasarkan adanya penurunan terhadap kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi.

Program BIAS diselenggarakan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 1059/Menkes/SK/IX/2004 dan mengacu pada imbauan UNICEF, WHO dan UNFPA tahun 1999 untuk mencapai target Eliminasi Tetanus Maternal dan Neonatal (MNTE) pada tahun 2005 di negara berkembang (insiden dibawah 1 per 1.000 kelahiran hidup dalam satu tahun).

Menurut dr. Sasa Nabila dari Puskesmas Penjaringan, program BIAS di SDN Penjaringan 01 diikuti 68 siswa didik dari kelas 1, kelas 2, kelas 5 dan kelas 6. Selain imunisasi campak, difteri dan tetanus, kegiatan BIAS hari ini juga memberikan tambahan vaksinasi HPV untuk pencegahan penyakit kanker serviks bagi siswi kelas 5 dan 6.

“Sebagai kelanjutan imunisasi dasar, program BIAS dimaksudkan untuk memberi perlindungan maksimal kepada para siswa dari berbagai penyakit yang bisa dicegah melalui imunisasi. Kami tentu sangat mendukung kalau ada pihak swasta seperti IRRA dan Oneject yang berperan aktif dalam program BIAS,” tuturnya.

Keamanan Jarum Suntik

Banyak penelitian menunjukkan penggunaan jarum suntik yang tidak aman dapat memberikan risiko sangat tinggi, baik bagi pasien maupun bagi para pekerja medis. Dikutip dari Alomedia, bahwa setiap tahun banyak petugas kesehatan yang terpapar needle stick injury atau luka akibat tertusuk jarum. Padahal luka akibat tusukan jarum dalam setting medis berisiko memaparkan berbagai patogen, seperti HIV, Hepatitis B, dan Hepatitis C ke para petugas kesehatan.

Namun diungkapkan oleh Heru, teknologi Oneject smart syringe yang merupakan perpaduan antara Oneject ADS dan Oneject safety needle mampu memberikan keamanan maksimal bagi para pasien dan tenaga medis. Hal ini karena usai melakukan proses penyuntikan, piston akan terkunci dan rusak secara otomatis, sehingga suntikan itu tidak dapat digunakan lagi dan alat suntik akan terlindungi. Berdasarkan teknologi tersebut, ADS pun memperoleh sertifikasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Baca Juga: Oneject Targetkan Produksi 160 Juta Alat Suntik ADS Ukuran 0,15 ML dan 0,25 ML

Sebagai informasi, sejak 2020 WHO mulai mencanangkan penggunaan alat suntik yang aman di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri penggunaan jarum suntik ADS dan safety needle di kalangan medis masih dalam kisaran di bawah 20%, sementara sisanya berupa produk jarum suntik non-ADS.

Heru juga menegaskan, sebagai distributor dan produsen alat suntik sekali pakai ADS dan safety needle yang memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 60%, IRRA dan Oneject berkomitmen selalu mendukung berbagai program pemerintah yang bertujuan memberi perlindungan kesehatan kepada masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Pakar: Imunisasi Anak, Tanda Sayang dan Peduli Orang Tua

Menanggapi keterlibatan IRRA dan Oneject, Kepala Sekolah SDN Penjaringan 01 Suprihatin mengucapkan terimakasih karena sekolahnya kembali dijadikan lokasi dan sosialisasi imunisasi. Ia menyampaikan bahwa sosialisasi yang dilakukan dengan baik membuat siswa didiknya bisa mengikuti program BIAS dengan nyaman dan aman tanpa rasa takut berlebihan.

Suprihatin juga memberi apresiasi kepada pihak swasta seperti IRRA dan Oneject yang telah berperan aktif dalam mendukung program pemerintah demi kesehatan anak-anak didik. Terlebih alat suntik produksi Oneject yang dipakai dalam program BIAS kali ini memiliki tingkat keamanan yang lebih baik bagi pasien, maupun dokter yang menangani, berkat teknologi Oneject smart syringe.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bharada E Pejamkan Mata saat Tembak Brigadir J

Di persidangan, Bharada E mengungkapkan saat momen dirinya menembak Brigadir J atas perintah Ferdy Sambo. 

NEWS | 30 November 2022

DPR: Data Desa Presisi Penting untuk Wujudkan Kesejahteraan

Anggota DPR dari Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka menegaskan pentingnya data desa presisi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara merata dan adil.

NEWS | 30 November 2022

Menangis Saat Disuruh Menembak, Bharada E: Tuhan Ubahlah Rencana Pak Sambo

Bharada E menangis saat disuruh menembak Brigadir J. Bahkan, Bharada E sempat berdoa agar Tuhan mengubah rencana Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Trauma, Petani Cianjur Korban Gempa Belum Kembali ke Sawah

Mayoritas petani di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masih enggan kembali menggarap sawah karena merasa trauma dengan kejadian gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Pangkat Bagai Bumi dan Langit Buat Bharada E Takut Tolak Perintah Ferdy Sambo

Pangkat berbeda bagai bumi dan langit membuat Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E takut menolak perintah Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Ferdy Sambo Bilang ke Bharada E soal Brigadir J Harus Mati

Bharada E mengungkapkan momen Ferdy Sambo menyatakan kepadanya Brigadir J harus mati karena telah melecehkan Putri Candrawathi. 

NEWS | 30 November 2022

Ada Sosok Perempuan Menangis di Momen Sambo dan Putri Bertengkar

Ada sosok perempuan misterius yang menangis ketika Ferdy Sambo dan Putri bertengkar. Bharada E mengaku tidak mengenali perempuan misterius itu.

NEWS | 30 November 2022

Pemilu 2024, Mardani PKS Usul Hak Pilih ASN Dihapus

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengusulkan hak pilih ASN di Pemilu 2024 dihapus baik untuk pilpres, maupun pilkada. 

NEWS | 30 November 2022

Penunjukan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Dinilai Sudah Tepat

Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan penunjukan Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sudah tepat. 

NEWS | 30 November 2022

Polisi Luruskan soal Mantra di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres

Polda Metro Jaya meluruskan soal mantra yang ditemukan di rumah satu keluarga tewas di Kalideres. Mantra tersebut bukan ditulis di buku, melainkan di kain.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bharada E Pejamkan Mata saat Tembak Brigadir J

Bharada E Pejamkan Mata saat Tembak Brigadir J

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE