Logo BeritaSatu

Pasukan Cadangan Rusia Dibekali Senjata Tua dan Berkarat

Selasa, 27 September 2022 | 07:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Pasukan cadangan Rusia yang dimobilisasi hanya dibekali senjata tua dan berkarat untuk terjun ke medan perang di Ukraina. Seperti dilaporkan Newsweek, Sabtu (24/9/2022), pejabat Ukraina mengatakan pasukan cadangan bersiap untuk meningkatkan invasi Rusia di Ukraina.

Anton Gerashchenko, penasihat menteri dalam negeri Ukraina, memposting video di Twitter yang dilaporkan menunjukkan tentara Rusia memegang senjata api yang tampaknya berkarat karena umur.

Gerashchenko, yang sering memposting klip yang dilaporkan menunjukkan perjuangan militer Rusia, membagikan rekaman itu dengan judul: "Yang dimobilisasi di Rusia hanya diberi senjata berkarat selain kantong plastik.

"Mereka diberitahu bahwa ini untuk 'melatih tangan,'" tambahnya, dalam referensi yang jelas untuk klaim bahwa senjata tidak akan digunakan selama konflik yang sebenarnya, namun untuk membantu tentara terbiasa dengan berat dan rasa dari senjata yang akan mereka gunakan.

"Tapi saya kira inilah yang akan diberikan kepada mereka untuk diserang. Tentara cadangan dunia?" sindir Gerashchenko.

Newsweek tidak dapat secara independen memverifikasi keaslian atau asal video tersebut. Newsweek juga telah menghubungi Kementerian Luar Negeri Rusia untuk memberikan komentar.

Klip itu muncul setelah Gerashchenko membagikan video daring lain yang menunjukkan tank era Soviet dibawa keluar dari gudang untuk dikerahkan sekali lagi dalam invasi yang sedang berlangsung ke Ukraina di tengah laporan sejumlah kemunduran dalam beberapa pekan terakhir untuk Kremlin.

“Tank Soviet tua diambil dari gudang penyimpanan Rusia – tanpa perlindungan terhadap senjata modern,” kata Gerashchenko saat membagikan video TikTok tentang tank tersebut.

"Dan wajib militer Rusia baru (juga tanpa perlindungan terhadap senjata modern dan tentara modern - kita telah melihat apa yang mereka lawan). Kombinasi sempurna, ditakdirkan untuk sukses, menurut saya," tambahnya.

Video itu muncul setelah Kementerian Pertahanan Inggris melaporkan pada bulan Mei bahwa Rusia mungkin telah memindahkan tank T-62 yang berumur 50 tahun dari "penyimpanan dalam" untuk dikerahkan untuk digunakan oleh wilayah tanggung jawab Pasukan Pengelompokan Selatan (SGF).

“T-62 hampir pasti akan sangat rentan terhadap senjata anti-tank dan kehadiran mereka di medan perang menyoroti kekurangan Rusia modern, peralatan siap tempur,” tambah Kementerian Pertahanan Inggris dalam pembaruan 27 Mei tentang konflik Ukraina.

Dalam beberapa hari terakhir, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan rencana untuk memobilisasi sebanyak 300.000 tentara cadangan. Mereka akan diterjunkan ke angkatan bersenjata guna membantu invasi Rusia di Ukraina.

Langkah itu memicu protes besar di beberapa kota Rusia, dan upaya massal untuk melarikan diri dari Rusia ke negara-negara tetangga. Kelompok hak asasi manusia Rusia OVD-Info, sejauh ini lebih dari 1.300 orang telah ditangkap, terutama di ibu kota Moskwa dan St Petersburg.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Sebut Pemimpin Berambut Putih, Ini Respons Unik Puan dan Prabowo

Puan Maharani dan Prabowo Subianto merespons pernyataan Jokowi yang menyebut ciri-ciri pemimpin prorakyat adalah pemimpin dengan rambut putih. 

NEWS | 28 November 2022

Bupati Pimpin Komando Penanganan Darurat Gempa Cianjur

Komando penanganan darurat gempa Cianjur mulai dialihkan untuk dipimpin oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Fahri Hamzah Apresiasi Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengapresiasi pembangunan infrastruktur era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

NEWS | 28 November 2022

Soal Pemimpin Berambut Putih, Begini Kata Fahri Hamzah

Fahri Hamzah menilai, pesan sesungguhnya yang hendak disampaikan Jokowi adalah bahwa orang yang banyak berpikir maka rambutnya cepat memutih.

NEWS | 28 November 2022

Relawan Ganjar Perkuat Jaringan Politik di Sulsel

Relawan Ganjar Pranowo terus memperkuat jaringan politiknya dengan menggelar berbagai kegiatan positif untuk meraih simpati masyarakat Sulsel.

NEWS | 28 November 2022

Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR Kompak Minta Maaf di Persidangan

Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, yakni Bharada E, Kuat Ma'ruf, dan Bripka RR kompak meminta maaf di persidangan. 

NEWS | 28 November 2022

Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Bangun Komunitas Digital Pengawas Partisipatif

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan membuat komunitas digital pengawas partisipatif.

NEWS | 28 November 2022

Hendra Kurniawan Sempat Mengaku Tertipu oleh Skenario Ferdy Sambo

Agus Nur Patria mengungkapkan, Hendra Kurniawan sempat mengaku tertipu oleh skenario Ferdy Sambo terkait kasus pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 28 November 2022

Korban Gempa Cianjur Akan Direlokasi ke 3 Wilayah Ini

BNPB menyebutkan terdapat tiga wilayah yang menjadi bakal calon lokasi untuk memindahkan rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 28 November 2022

Komisi III DPR Puji Langkah Kejagung Sita Aset Benny Tjokro

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah Kejagung menyita aset Benny Tjokro yang menjadi terpidana perkara korupsi Jiwasraya dan Asabri.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Sebut Pemimpin Berambut Putih, Ini Respons Unik Puan dan Prabowo

Jokowi Sebut Pemimpin Berambut Putih, Ini Respons Unik Puan dan Prabowo

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE