Logo BeritaSatu

Tiongkok Gunakan Robot untuk Uji Bom di Pesawat Hipersonik

Minggu, 25 September 2022 | 14:18 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok menggunakan robot untuk menguji bom ddi pesawat hipersonik. Seperti dilaporkan Newsweek, Jumat (23/9/2022), para peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Aerodinamika Tiongkok di provinsi Sichuan telah mengembangkan sistem captive trajectory system (CTS) baru yang menahan pesawat di tempat.

Menurut South China Morning Post, robot memungkinkan peneliti untuk menguji bagaimana pesawat itu terbang dan meluncur. semua kemungkinan arah pada kecepatan yang sangat tinggi, serta bagaimana kecepatan tinggi memengaruhi pelepasan objek seperti rudal.

“Ini memberi mereka kemampuan untuk menguji prototipe pembom hipersonik,” kata surat kabar South China Morning Post.

Kecepatan hipersonik didefinisikan melebihi Mach 5, atau lima kali kecepatan suara. Teknologi terowongan angin Tiongkok memecahkan rekor, mampu menghasilkan kecepatan angin hingga 33 Mach.

Menurut Interesting Engineering, teknologi terowongan angin sebelumnya menggunakan gas hidrogen panas yang mahal dan eksplosif, yang membuat konstruksi dan pemeliharaan terowongan angin seperti ini mahal dan berbahaya.

Desain ini, bagaimanapun, menggunakan gas nitrogen bertekanan tinggi yang lebih murah dan lembam untuk menggerakkan piston hingga ratusan mil per jam, mengompresi udara untuk menghasilkan gelombang kejut yang panas dan cepat, mensimulasikan kondisi yang dihadapi pesawat dengan kecepatan hipersonik.

Ilmuwan Tiongkok mengumumkan pada tahun 2021 bahwa mereka sedang mengerjakan drone hipersonik yang mampu melakukan perjalanan dengan kecepatan Mach 5.

Teknologi datang sebagai bagian dari perlombaan senjata dalam teknologi hipersonik yang terjadi antara AS, Rusia dan Tiongkok, dengan masing-masing berusaha untuk mengembangkan pesawat yang lebih cepat dan rudal hipersonik.

Sistem captive trajectory telah ada sejak tahun 1960-an, menggunakan derek kecil untuk memindahkan objek dari pesawat terbang di terowongan angin untuk mensimulasikan pelepasan dua objek dengan kecepatan tinggi.

Namun, pengembangan CTS baru-baru ini oleh Lin Jinzhou dan tim di Pusat Penelitian dan Pengembangan Aerodinamika Tiongkok menggunakan dua lengan robot, yang memungkinkan mobilitas lebih dari yang biasa.

“Sejauh ini, tes CTS yang tersedia di negara lain hanya mendukung gerakan satu tubuh. Dalam rentang hipersonik, tidak ada laporan CTS digunakan sama sekali,” kata Lin dan para peneliti kepada South China Morning Post.

Gelombang kejut yang dihasilkan oleh kecepatan angin yang kuat di terowongan sangat kuat, artinya robot harus menahan kekuatan guncangan ini, tetapi juga menjaga margin kesalahan di bawah satu mikrometer, atau 0,0000033 kaki.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tersangka Net89 Diduga Kabur, Bareskrim Terbitkan Red Notice

Bareskrim Polri telah menerbitkan red notice terhadap dua tersangka kasus robot trading Net89.

NEWS | 5 Desember 2022

Kuat Ma’ruf Sapa Pengunjung dengan Gaya Saranghaeyo

Kuat Ma’ruf, terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, menyapa pengunjung dengan gaya saranghaeyo.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Jadi Mentor Kreator Indonesia Berkarya

Ganjar mengatakan bahwa ketika masyarakat sudah bermigrasi ke dunia digital, maka ruang itu akan menjadi meeting point. Informasi pun bisa disampaikan.

NEWS | 5 Desember 2022

Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

Novariyadi Imam Akbari bakal segera menjalani persidangan terkait kasus pidana di Yayasan ACT di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

NEWS | 5 Desember 2022

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Jumat, Polisi Akan Umumkan Penyebab Kematian Satu Keluarga

Kepolisian akan menjelaskan hasil akhir penyelidikan kasus satu keluarga tewas di Kalideres pada Jumat (9/11/2022).

NEWS | 5 Desember 2022

Tanggap Darurat Bencana di Lumajang Diperpanjang 2 Pekan

Masa tanggap darurat bencana, erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, diperpanjang hingga empat belas hari ke depan.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Cecar Ricky Rizal: Sudah Membunuh, Mau Disuruh Mencuri

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mencecar Ricky Rizal terkait kesaksian mengenai 2 rekening atas namanya dan rekening Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Cegah Penyalahgunaan, Pakar: Awasi Distribusi Fentanyl

Guna mencegah penyalahgunaan Fentanyl, Dicky Budiman meminta pemerintah memperhatikan distribusi obat tersebut.

NEWS | 5 Desember 2022

Infografik Kasus Covid-19 pada 28 November sampai 4 Desember

Infografik kasus Covid-19 pada 28 November sampai 4 Desember 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

NEWS | 38 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE