Logo BeritaSatu

RUU Sisdiknas Perlu Pokja Nasional Libatkan Akademisi

Minggu, 25 September 2022 | 13:59 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk penyempurnaan draf Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas), Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mendesak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) segera membentuk tim panitia kerja (Pokja) Nasional RUU Sisdiknas.

Koordinator Nasional P2G, Satriwan Salim menuturkan, tim pokja tersebut dibekali surat keputusan penugasan resmi dari Kemendikbudristek. Mereka yang menjadi tim pokja nasional harus berasal dari stakeholder atau pemangku kepentingan yang memahami tentang pendidikan di Tanah Air seperti akademisi, tokoh pendidikan, perwakilan organisasi guru, dan dosen. "Tim pokja nasional ini untuk merapikan RUU Sisdiknas yang masih berantakan dan ketidaksinkronan antara naskah akademik dengan batang tubuh RUU," kata Satriwan, Sabtu (24/9/2022).

Ia menegaskan, tim pokja dibentuk dengan dasar landasan spirit gotong royong pendidikan seluruh elemen bangsa. Sebagai bentuk transparansi dan akuntabel, kata Satriwan, nama-nama tim pokja nasional RUU Sisdiknas harus diumumkan secara transparan sebagai bentuk pertanggung jawaban pada publik, agar tidak terjadi kesan elitisme dalam tim.

"Hal ini juga sebagai bentuk keterbukaan, karena hingga sekarang Kemendikbudristek tidak pernah membuka siapa tim perumus RUU Sisdiknas yang melahirkan polemik selama ini," terang Satriwan.

Satriawan mengapresiasi keputusan Badan Legislasi (Baleg) DPR yang memutuskan tidak memasukkan RUU Sistem Pendidikan Nasional dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas 2022.

Kepala Bidang Advokasi Guru P2G, Iman Zanatul Haeri menambahkan, keputusan tersebut di satu sisi sebagai sinyal positif bagi organisasi guru seperti Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), P2G, Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan lainnya yang selama ini meminta agar RUU Sisdiknas ditunda masuk prolegnas prioritas 2022.

"Artinya Kemendikbudristek diberikan waktu oleh DPR memperbaiki materi pasal-pasal dalam RUU yang berpotensi kuat merugikan hak-hak guru, seperti hilangnya pasal seperti tunjangan profesi guru," ucapnya.

Baca selanjutnya
Di sisi lain, Iman mengaku P2G masih khawatir, sebab pernyataan Ketua ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE