Logo BeritaSatu

Rumor Kudeta Tiongkok Bermula dari Pembatalan 6.000 Penerbangan

Minggu, 25 September 2022 | 08:15 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Rumor kudeta Tiongkok dan Presiden Xi Jinping tahanan rumah bermula dari pembatalan 6.000 penerbangan domestik dan internasional. Pada Minggu (24/9/2022), media the Inter menggelontorkan desak desus di media sosial bahwa militer Tiongkok telah menggulingkan Xi Jinping dari kekuasaan.

Pengguna Twitter Jennifer Zeng, yang memiliki lebih dari jutaan pengikut di Twitter berbagi video dramatis saat dia menulis, “Kendaraan militer #PLA menuju #Beijing pada 22 September. Mulai dari Kabupaten Huanlai dekat Beijing & berakhir di Kota Zhangjiakou, Provinsi Hebei, seluruh arak-arakan sepanjang 80 KM. Sementara itu, rumor menyatakan bahwa #Xi Jinping ditahan setelah senior #PKC memecatnya sebagai kepala Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA).”

Sementara penulis Gordon G Chang mengatakan, “Kurangnya berita dari #Tiongkok selama beberapa jam terakhir menunjukkan rumor kudeta tidak benar, tetapi apa pun yang terjadi di dalam militer #Tiongkok selama tiga hari terakhir—jelas sesuatu yang tidak biasa terjadi—memberi tahu kami bahwa ada turbulensi di dalam kepemimpinan senior #PKC.”

Bio Chang, yang memiliki jutaan pengikut di Twitter, mengatakan bahwa ia telah menulis buku-buku seperti The Coming Collapse of China dan The Great US-China Tech War.

Chang mengatakan bahwa rumor kudeta presiden Tiongkok dimulai tepat setelah Xi Jinping kembali dari Uzbekistan dan menghilang dari pandangan selama berhari-hari, sesuatu yang tidak biasa baginya. Baru-baru ini, Xi Jinping berada di Uzbekistan untuk mengambil bagian dalam KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai. Di sana, dia bertemu beberapa pemimpin dunia termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pengguna media sosial lainnya mengklaim bahwa PLA telah mendapatkan kendali penuh atas Tiongkok setelah menempatkan Xi Jinping di bawah tahanan rumah.

Desas-desus tentang Xi Jinping dikudeta yang digulingkan dalam aksi militer mendapatkan momentum beberapa jam setelah Tiongkok menjatuhkan hukuman mati kepada dua mantan menteri berpangkat tinggi karena keterlibatan mereka dalam korupsi. Mantan Wakil Menteri Keamanan Publik Tiongkok, Sun Lijun, dijatuhi hukuman mati karena menerima suap 646 juta Yuan (Rp 1,3 triliun), memanipulasi pasar saham, dan memiliki senjata api secara ilegal.

Mantan Menteri Kehakiman Tiongkok, Fu Zhenghua, juga dijatuhi hukuman mati karena menerima suap senilai US$16 juta (Rp 240 miliar).

Namun media Tiongkok belum mengomentari klaim kudeta militer. Juga belum ada berita tentang rumor di media barat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Meninggal Gempa Cianjur Tetap 334 Orang

Basarnas pada hari Rabu (7/12/2022) tidak berhasil menemukan tambahan korban jiwa gempa Cianjur.

NEWS | 8 Desember 2022

Kaesang Pangarep Ikuti Wilujengan Jelang Pernikahan

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang akan menikah dengan Erina Gudono, menjalani tradisi wilujengan.

NEWS | 8 Desember 2022

Top 5 News: Bom Bandung hingga Meninggalnya Lord Rangga

Kabar soal pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV membawa dua bungkusan menjadi berita terpopuler.

NEWS | 8 Desember 2022

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BWF World Tour Finals: 6 Wakil Indonesia Petik Kemenangan

BWF World Tour Finals: 6 Wakil Indonesia Petik Kemenangan

SPORT | 7 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE