Logo BeritaSatu

Kemenkeu Benarkan Mahfud soal Rp 1.092 Triliun untuk Papua, Ini Perinciannya

Sabtu, 24 September 2022 | 21:59 WIB
Oleh : Asni Ovier / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo membenarkan pernyataan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD yang menyebut pemerintah pusat telah menggelontorkan anggaran lebih dari Rp 1.000 triliun untuk Papua, termasuk melalui dana otonomi khusus atau dana otsus.

Yustinus Prastowo bahkan menyebut anggaran yang telah dikucurkan pemerintah pusat untuk Papua dan Papua Barat, termasuk dana otsus mencapai 1.092 triliun sejak 2002 hingga 2021.

"Prof @mohmahfudmd benar, dukungan fiskal untuk Papua dan Papua barat cukup besar. Kurun 2002-2021, dana otsus dan DTI mencapai Rp 138,65 triliun, TKDD sebesar Rp 702,30 triliun, dan belanja K/L sebesar Rp 251,29 triliun. Total Rp 1.092 triliun. Pemerintah berupaya meningkatkan kesejahteraan Papua," kata Yustinus Prastowo melalui akun Twitter pribadinya @prastow yang dikutip, Sabtu (24/9/2022).

Kemenkeu Benarkan Mahfud soal Rp 1.092 Triliun untuk Papua, Ini Perinciannya
Infografik evaluasi dana Otsus Papua.

Yustinus Prastowo menyatakan, anggaran yang demikian besar menunjukkan besarnya perhatian pemerintah pusat untuk Papua dan papua Barat. Transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) per kapita Papua dan Papua Barat bahkan lebih tinggi dibandingkan beberapa daerah. Papua dan Papua Barat, katanya menerima transfer Rp 14,7 juta per penduduk dan Rp. 10,2 juta per penduduk. Angka itu lebih besar dari Kalimantan Barat yang tercatat sebesar 4,9 juta per penduduk, Aceh sebesar 6,4 juta per penduduk, dan NTT sebesar 4,2 juta per penduduk.

"Maka, penting mengevaluasi 20 tahun otsus untuk diperbarui. Yaitu lewat peningkatan dan penguatan desain tata kelola yang akuntabel dan transparan, peran APIP (melibatkan BPKP) dan sinergi antar K/L, pengaturan terkait usulan DTI, serta efektivitas monev dan penggunaan sisa dana otsus," katanya.

Yustinus Prastowo menekankan, transparansi data tersebut menggambarkan komitmen pemerintah dan rakyat untuk terus menjaga dan mengawasi pengelolaan dana di daerah yang lebih akuntabel. Dikatakan, dukungan dan perhatian semua pihak diperlukan untuk tata kelola keuangan pusat dan daerah yang semakin transformatif.

"Semoga peristiwa saat ini jadi momentum untuk meneguhkan komitmen terhadap Papua, sekaligus untuk transformasi tata kelola yang baik. Korupsi adalah musuh bersama. Jangan sampai tata kelola yang buruk mengakibatkan rakyat jadi korban. Sebaliknya, Papua harus sejahtera dan maju," katanya.

Kemenkeu Benarkan Mahfud soal Rp 1.092 Triliun untuk Papua, Ini Perinciannya
Infografik tentang dana untuk Papua yang telah dikeluarkan pemerintah.

Baca selanjutnya
Sebelumnya Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan, pemerintah pusat telah menggelontorkan sekitar ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Italia mengumumkan keadaan darurat di pulau selatan Ischia pada Minggu (27/11/2022) setelah tanah longsor menewaskan sedikitnya tujuh orang.

NEWS | 28 November 2022

Top 5 News: Pencopotan Label Gereja di Cianjur hingga Laga Jerman-Spanyol

Pencopotan label gereja di posko pengungsian gempa Cianjur dan susunan pemain Jerman-Spanyol merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 November 2022

Kementerian PPPA Harap Pemda Perkuat Regulasi Ramah Perempuan

Selain memperkuat regulasi, Kementerian PPPA minta pemangku kebijakan memberikan porsi yang besar terhadap partisipasi perempuan.

NEWS | 28 November 2022

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

NEWS | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE