Logo BeritaSatu

Pernyataan SBY dan AHY Disebut Rugikan Partai Demokrat

Sabtu, 24 September 2022 | 20:59 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Peneliti senior Formappi, Lucius Karus menilai pernyataan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah merugikan Partai Demokrat.

Diketahui, SBY yang merupakan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat sebelumnya menyatakan akan turun gunung karena adanya indikasi Pemilu 2024 tidak jujur dan tidak adil. Sementara, AHY selaku Ketua Umum Partai Demokrat mengkritik dan membandingkan capaian infrastruktur era Jokowi dengan SBY.

Lucius menyatakan, pernyataan yang disampaikan ayah dan anak itu merugikan Partai Demokrat karena tidak didukung data yang kuat.

"Klaim infrastruktur (AHY) dan kecurangan Pemilu 2024 (SBY) justru tidak menguntungkan Partai Demokrat," ujar Lucius dalam diskusi bertajuk "Perang Klaim Infrastruktur dan Tudingan Pemilu Curang 2024" di D'Hotel Sultan Agung, Setiabudi, Jakarta, Sabtu (24/9/2022).

Lucius menduga klaim AHY soal infrastruktur pada rezim Jokowi dengan membandingkan dengan era SBY bertujuan mendapatkan keuntungan elektoral. Hanya saja, kata Lucius, klaim infrastruktur tersebut justru menjadi blunder karena tidak didukung dengan data-data yang kuat.

"Alih alih kemudian dengan itu dia (AHY) bisa mengambil lebih banyak pendukung Jokowi untuk kemudian masuk dalam gerbong Partai Demokrat, dengan justru mengeklaim sesuatu yang tidak sesuai fakta atau data, dia (AHY) justru mungkin akan mendapatkan antipati dari pendukung Jokowi," tegasnya.

Hal yang sama, kata Lucius, terjadi terkait pernyataan SBY soal kecurangan Pemilu 2024. Dia mengaku aneh dengan pernyataan SBY tersebut karena saat ini belum ada peserta Pemilu 2024. Klaim SBY tersebut, kata dia, akhirnya memicu pihak lain curiga akan dugaan kecurangan pemilu pada saat SBY berkuasa.

"Karena ini masih sangat jauh pemilunya, penting untuk mengatur kembali strategi komunikasi, strategi politik dari Partai Demokrat untuk memastikan dia tidak justru akan semakin dikerdilkan oleh karena klaim-klaim yang bisa dengan mudah dibantah dengan data yang ada sekarang ini," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Imbang 1-1, Jepang vs Kroasia Berlanjut Babak Tambahan

Imbang 1-1, Jepang vs Kroasia Berlanjut Babak Tambahan

SEMESTA BOLA 2022 | 24 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE