Logo BeritaSatu

PBB Tuduh Venezuela Lakukan Kejahatan Kemanusiaan

Sabtu, 24 September 2022 | 07:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

New York, Beritasatu.com- PBB menuduh negara Venezuela melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan. Seperti dilaporkan RT, Kamis (22/9/2022), satu tim dari organisasi tersebut mengklaim bahwa polisi dan dinas intelijen Venezuela berada di balik pelanggaran “berat” terhadap para pembangkang.

Satu tim PBB yang ditugaskan untuk menyelidiki dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Venezuela menuduh para pejabat melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan. Tim itu mengklaim pasukan keamanan pemerintah melakukan pelanggaran serius atas perintah Presiden Nicolas Maduro.

Disajikan pada Selasa (20/9), laporan pencarian fakta didasarkan pada hampir 250 wawancara dengan warga negara Venezuela, termasuk 50 mantan pejabat, dan menuduh Maduro mengambil tindakan bersama untuk menekan lawan-lawan politiknya.

“Dengan demikian, kejahatan berat dan pelanggaran hak asasi manusia sedang dilakukan, termasuk tindakan penyiksaan dan kekerasan seksual,” kecam Marta Valinas, yang memimpin Misi Pencari Fakta Internasional Independen PBB di Venezuela.

Valinas menambahkan negara Venezuela masih menghadapi krisis hak asasi manusia yang mendalam.

Laporan itu juga mengklaim bahwa pihak berwenang telah mengambil sedikit tindakan terhadap tersangka pelanggar hak. Laporan menyatakan pemerintah telah “gagal meminta pertanggungjawaban pelaku dan memberikan ganti rugi kepada para korban.”

Menurut PBB, tokoh oposisi, termasuk mahasiswa, jurnalis, dan pekerja LSM, sering menjadi sasaran penangkapan, terkadang atas arahan pribadi Diosdado Cabello, seorang pejabat tinggi yang memimpin Partai Persatuan Sosialis Venezuela (PSUV).

Misi pencari fakta mengklaim telah mendokumentasikan 122 kasus penyiksaan, kekerasan seksual dan/atau perlakuan kejam, tidak manusiawi atau merendahkan lainnya” oleh Direktorat Jenderal Kontra Intelijen Militer Venezuela (DGCIM), satu badan intelijen tinggi.

Caracas, yang telah menolak tuduhan serupa di masa lalu, belum menanggapi laporan terbaru PBB, yang akan dibagikan dengan Dewan Hak Asasi Manusia dalam beberapa minggu mendatang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Begini profil Yudo Margono yang merupakan anak petani. 

NEWS | 30 November 2022

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022

2 Jenazah Kru Helikopter Polri Diserahkan kepada Keluarga

Jenzah Bripda Khoirul Anam dan Briptu Lasminto, dua kru helikopter Polri P-1103 yang jatuh di Babel diserahkan kepada keluarga, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

LRT Jabodebek Tanpa Masinis, KAI Siapkan SDM Andal

LRT Jabodebek akan beroperasi tanpa masinis, oleh karena itu PT KAI akan menyiapkan SDM andal.

NEWS | 30 November 2022

Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Tunggu Hasil Pemeriksaan Patologi Anatomi

Polda Metro Jaya menunggu hasil pemeriksaan patologi anatomi untuk menyimpulkan penyebab satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. 

NEWS | 30 November 2022

Kuasa Hukum Bharada E Gali Fakta Sarung Tangan Ferdy Sambo

Kuasa hukum Bharada E menyatakan akan menggali keterangan dari Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal mengenai sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menangis Saat Disuruh Menembak, Bharada E: Tuhan Ubahlah Rencana Pak Sambo

Menangis Saat Disuruh Menembak, Bharada E: Tuhan Ubahlah Rencana Pak Sambo

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE