Logo BeritaSatu

Inflasi Sri Lanka Melonjak hingga 70,2 % pada Agustus

Sabtu, 24 September 2022 | 07:01 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kolombo, Beritasatu.com- Tingkat inflasi tahunan Sri Lanka melonjak menjadi lebih dari 70% pada bulan Agustus karena krisis ekonomi terburuk dalam lebih dari tujuh dekade. Seperti dilaporkan BBC, Kamis (15/9/2022), data resmi juga menunjukkan harga pangan naik 84,6% dibandingkan tahun lalu.

Sri Lanka terjerumus ke dalam kekacauan keuangan dan politik tahun ini karena menghadapi kekurangan mata uang asing. Negara Asia Selatan berpenduduk 22 juta orang itu tidak mampu membeli impor utama, termasuk bahan bakar, pupuk dan obat-obatan.

Bulan lalu, Bank Sentral Sri Lanka mengatakan pihaknya memperkirakan inflasi akan mereda, karena ekonomi negara itu melambat, setelah mencapai puncaknya sekitar 70%.

Angka resmi yang dirilis pekan lalu menunjukkan bahwa ekonomi telah mengalami kontraksi sebesar 8,4% dalam tiga bulan hingga akhir Agustus.

Sebelum pandemi, Sri Lanka sangat bergantung pada pariwisata untuk mata uang asing, termasuk dolar AS.

Namun, penutupan perbatasan yang bertujuan untuk memperlambat penyebaran Covid-19 membuat turis menjauh dan berdampak besar pada perekonomian negara. Pandemi Covid bersama dengan salah urus keuangan selama bertahun-tahun, menyebabkan Sri Lanka gagal membayar utangnya awal tahun ini.

Tingkat inflasi tahunan Sri Lanka melonjak menjadi lebih dari 70% pada bulan Agustus karena berjuang dengan krisis ekonomi terburuk dalam lebih dari tujuh dekade.

Data resmi juga menunjukkan harga pangan naik 84,6% dibandingkan tahun lalu. Negara Asia Selatan berpenduduk 22 juta orang itu terjerumus ke dalam kekacauan keuangan dan politik tahun ini karena menghadapi kekurangan mata uang asing.

Negara ini tidak mampu membeli impor utama - termasuk bahan bakar, pupuk dan obat-obatan.

Bulan lalu, Bank Sentral Sri Lanka mengatakan pihaknya memperkirakan inflasi akan mereda, karena ekonomi negara itu melambat, setelah mencapai puncaknya sekitar 70%.

Angka resmi yang dirilis pekan lalu menunjukkan bahwa ekonomi telah mengalami kontraksi sebesar 8,4% dalam tiga bulan hingga akhir Agustus. Sebelum pandemi, Sri Lanka sangat bergantung pada pariwisata untuk mata uang asing, termasuk dolar AS.

Namun, penutupan perbatasan yang bertujuan untuk memperlambat penyebaran Covid-19 membuat turis menjauh dan berdampak besar pada perekonomian negara.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022

Sabtu Menikah, Ini Prosesi Perkawinan Kaesang-Erina

Sejumlah rangkaian acara jelang acara akad nikah akan dijalani Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono dengan rangkaian tradisi pernikahan adat Jawa.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Tak Dengar Ferdy Sambo Perintahkan Tembak Brigadir J, Bharada E: Terserah

Bharada E menyatakan terserah saat merespons Ricky Rizal yang menyatakan tidak dengar perintah Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Rizal Jelaskan Kronologi Penembakan Brigadir J

Ricky Rizal, menjelaskan kronologi penembakan Brigadir J berdasarkan sudut pandangnya saat menjalani sidang di PN Jaksel.

NEWS | 5 Desember 2022

Polisi Temukan Penyebab Kematian Satu Keluarga Tewas

Penyidik bersama tim gabungan ahli kedokteran forensik hingga laboratorium forensik telah mengetahui penyebab kematian satu keluarga di Kalideres tersebut.

NEWS | 5 Desember 2022

Jokowi Ungkap Kaesang Tengah Jalani Pingitan

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa putra bungsunya, Kaesang Pangarep tengah menjalani masa pingitan jelang pernikahannya dengan Erina Gudono

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

NEWS | 52 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE