Logo BeritaSatu

Joe Biden dan Liz Truss Sepakat Dukung Terus Ukraina

Jumat, 23 September 2022 | 07:00 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

New York, Beritasatu.com- Perdana Menteri Inggris Liz Truss dan Presiden AS Joe Biden pada Rabu (21/9/2022) menyepakati dukungan berkelanjutan untuk Ukraina dan mengatasi krisis energi.

“Kedua pemimpin sepakat bahwa tindakan Presiden Rusia Vladimir Putin menyoroti perlunya sekutu untuk melanjutkan dukungan ekonomi dan militer mereka ke Ukraina,” kata kantor Truss seperti dilaporkan Reuters.

Putin memerintahkan mobilisasi masa perang pertama Rusia sejak Perang Dunia Kedua pada Rabu (21/9) dalam pidato yang disiarkan televisi saat ia juga mengumumkan langkah untuk mencaplok petak wilayah Ukraina dan mengancam akan menggunakan senjata nuklir untuk membela Rusia.

“Para pemimpin mengutuk pernyataan agresif Putin baru-baru ini tentang Ukraina,” kata juru bicara Truss, yang menjabat lebih dari dua minggu lalu, setelah pertemuan langsung pertama pasangan itu.

“Mereka setuju tindakannya menyoroti perlunya sekutu untuk melanjutkan dukungan ekonomi dan militer mereka ke Ukraina,” tambahnya.

Selama pertemuan, yang berlangsung di Majelis Umum PBB di New York, para pemimpin juga menekankan perlunya “mengakhiri ketergantungan berlebihan pada negara-negara otoriter dalam hal energi, teknologi, dan rantai pasokan manufaktur.

“Mereka sepakat untuk melipatgandakan upaya bilateral untuk mengurangi ketergantungan energi pada Rusia dan untuk meningkatkan jumlah energi terbarukan dan bentuk lain yang mengalir dari negara-negara demokratis,” tambah juru bicara itu.

Joe Biden bertemu Liz Truss di sela-sela Majelis Umum PBB ke-77 dan berkomitmen untuk melanjutkan koordinasi yang erat antara kedua negara mengenai tantangan global, termasuk dukungan untuk Ukraina.

"Para pemimpin berkomitmen untuk melanjutkan koordinasi erat pemerintah mereka pada tantangan global, termasuk dukungan untuk Ukraina karena membela diri terhadap agresi Rusia, mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh Tiongkok, dan mengamankan pasokan energi yang berkelanjutan dan terjangkau," kata Gedung Putih.

Presiden AS, yang berada di New York untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB (UNGA), menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Yang Mulia Ratu Elizabeth II dan penghargaan atas kesempatan untuk memberikan penghormatan pada Pemakaman Negara.

"Para pemimpin membahas pentingnya dukungan berkelanjutan untuk Dana Global untuk Memerangi AIDS, Tuberkulosis dan Malaria. Mereka juga menegaskan komitmen bersama mereka untuk melindungi pencapaian Kesepakatan Belfast/Jumat Agung," bunyi pernyataan itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG Laporkan Ada Gempa Susulan di Kabupaten Garut

BMKG melaporkan, hasil pemantauan adanya satu kali gempa susulan dengan magnitudo M3,3 setelah gempa Garut yang utama.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemkab Usul Perpanjangan Masa Pencarian Korban Gempa Cianjur

Pemkab mengusulkan perpanjangan masa operasi pencarian korban Gempa Cianjur selama tiga hari ke depan.

NEWS | 3 Desember 2022

Lebih Murah Rp 700, Telur Rusak Diminati Warga Bogor

Harga telur yang terus merangkak naik membuat warga Bogor, khususnya ibu rumah tangga, lebih meminati telur rusak daripada yang berkualitas baik.

NEWS | 3 Desember 2022

Ratusan Ribu Jemaat Gereja Tiberias Rayakan Natal di GBK

Perayaan Natal ini dihadiri oleh lebih dari seratus ribu jemaat GTI se-Jabodetabek, dan perwakilan utusan GTI dari seluruh Indonesia.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemkab Bantu Uang Sewa Rumah untuk Korban Gempa Cianjur

Pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp 500.000 per kepala keluarga (kk) korban gempa Cianjur untuk menyewa rumah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Alokasikan Dana Rp 300.000 Per Bulan untuk Disabilitas

Anggaran tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sensorik para disabilitas setiap bulannya

NEWS | 3 Desember 2022

Antisipasi PHK, Wapres Ungkap Jurus dari Pemerintah

Ma'ruf Amin menyebut pemerintah telah menyiapkan program-program padat karya untuk mengantisipasi pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja.

NEWS | 3 Desember 2022

Ini Dua Harapan Moeldoko bagi Panglima TNI Yudo Margono

Moeldoko berharap Panglima TNI Yudo Margono dapat meningkatkan aspek pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI terkait profesionalitas dan kesejahteraan.

NEWS | 3 Desember 2022

BPBD: Belum Tercatat Adanya Kerusakan Akibat Gempa Garut

BPBD Garut memastikan belum tercatat ada kerusakan bangunan atau rumah warga akibat gempa Garut yang berkekuatan 6,1 magnitudo, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Legislator PDIP Malas Turun ke Tengah Rakyat Tak Akan Diusung Caleg

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan kader PDIP yang menjadi anggota DPR dan DPRD agar turun ke tengah rakyat.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG Laporkan Ada Gempa Susulan di Kabupaten Garut

BMKG Laporkan Ada Gempa Susulan di Kabupaten Garut

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE