Logo BeritaSatu

Militer AS Klaim Tewaskan 27 Milisi Al-Shabab di Somalia

Kamis, 22 September 2022 | 10:51 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Mogadishu, Beritasatu.com- Militer Amerika Serikat (AS) menyatakan telah membunuh 27 pejuang al-Shabab di wilayah Hiran tengah, Somalia. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Rabu (21/9/2022), Komando Afrika AS menyatakan tentara negara itu dan pasukan sekutu telah melancarkan serangan terhadap kelompok Al-Shabab.

Dalam satu pernyataan pada Rabu, Komando Afrika AS (Africom) menyatakan pihaknya melakukan serangan udara terhadap pejuang al-Shabab yang menyerang pasukan militer Somalia di dekat kota Buulobarde pada 18 September.

Africom menyatakan tidak ada warga sipil yang terluka dalam apa yang merupakan "operasi ofensif gabungan Somalia dan [Misi Transisi Uni Afrika di Somalia, ATMIS] terbesar dalam lima tahun".

AS telah melakukan serangan udara di Somalia terhadap al-Shabab, satu kelompok bersenjata yang terkait dengan al-Qaeda, selama bertahun-tahun.

Serangan hari Minggu di Buulobarde, sekitar 200 km sebelah utara ibu kota, Mogadishu, adalah yang keenam yang tercatat sepanjang tahun ini, menurut situs web AFRICOM.

Penduduk wilayah Hiran mengatakan pembakaran rumah, perusakan sumur dan pembunuhan warga sipil oleh al-Shabab, dikombinasikan dengan tuntutan pajak di tengah kekeringan terburuk dalam 40 tahun, telah mendorong penduduk setempat untuk membentuk kelompok paramiliter untuk berjuang bersama pemerintah.

Awal bulan ini, milisi al-Shabab menewaskan sedikitnya 19 warga sipil dan menghancurkan truk yang mengirimkan bantuan makanan dalam serangan di daerah tersebut.

Ali Abdulle, seorang pemimpin komunitas di kota Beledweyne, mengatakan kepada kantor berita The Associated Press melalui telepon bahwa al Shabab telah membuat kehidupan penduduk begitu sengsara sehingga mereka harus melawan.

“Al-Shabab telah membakar desa kami, meledakkan sumur dan lubang bor kami, menghancurkan menara telekomunikasi, menanam IED [alat peledak improvisasi] dan membunuh warga sipil tanpa pandang bulu. Jadi tidak ada pilihan yang tersisa kecuali menghadapi mereka.,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Banjir Rob Rendam Tiga Kecamatan di Kabupaten Pemalang

Banjir rob yang terjadi di tiga kecamatan di Kabupaten Pemalang berdampak pada 1.272 kepala keluarga (KK) atau 3.900 jiwa.

NEWS | 3 Desember 2022

Gempa Garut, BMKG: Aktivitas dalam Lempeng Indo-Australia

Gempa bumi yang terjadi di Garut merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas dalam lempeng Indo-Australia (intraslab).

NEWS | 3 Desember 2022

Gempa Garut 6,4 M, Warga Cianjur Dibuat Panik Tak Keruan

Warga Cianjur yang masih trauma akibat gempa kembali berhamburan keluar dari dalam rumah dan perkantoran menuju lapangan terbuka, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Gempa Garut M 6,4 Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Garut terjadi pada Sabtu pukul 16.49 WIB dan dirasakan getarannya di wilayah Garut, Ciamis, Kalapanunggal, Sumur, Tasikmalaya dan Pamoyanan.

NEWS | 3 Desember 2022

Paspampres Perkosa Prajurit, Moeldoko: Tak Ada Toleransi

Moeldoko menilai tidak boleh ada toleransi dalam kasus dugaan perkosaan oleh perwira Paspampres terhadap seorang prajurit wanita.

NEWS | 3 Desember 2022

Pertamina Teken Kontrak Kerja Sama dengan Nippon Yusen Kaisha Senilai Rp 7,7 M

Pertamina International Shipping (PIS) menjalin kerja sama dengan Nippon Yusen Kaisha (NYK) di Tokyo dengan nilai sekitar Rp 7,7 miliar.

NEWS | 3 Desember 2022

Getaran Gempa Garut Buat Panik Warga Sukabumi

Getaran gempa Garut hampir dirasakan oleh seluruh warga Sukabumi, namun belum ada laporan kerusakan.

NEWS | 3 Desember 2022

Masyarakat Padati Tempat Tes PCR Covid-19 di Beijing

Kerumunan orang memadati tempat-tempat tes PCR Covid-19 di Beijing hingga menyebabkan antrean panjang di Ibu Kota China itu.

NEWS | 3 Desember 2022

Hari Guru Nasional, Ini Pesan PGRI untuk Pemerintah

PGRI menitipkan pesan dari para guru kepada Presiden Joko Widodo agar pemerintah saat ini dan akan datang untuk tetap berpihak kepada para guru.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Tetap Waspada, Cegah Kelonjakan Kasus Covid-19 Jelang Nataru

Salah bentuk kewaspadaan terhadap Covid-19 tersebut adalah menerapkan protokol kesehatan secara disiplin terutama memakai masker.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BPBD: Belum Tercatat Adanya Kerusakan Akibat Gempa Garut

BPBD: Belum Tercatat Adanya Kerusakan Akibat Gempa Garut

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE