Logo BeritaSatu

Warga Jakarta Diizinkan Bangun Rumah Tinggal 4 Lantai

Rabu, 21 September 2022 | 22:34 WIB
Oleh : Agnes Valentina Christa / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Warga DKI Jakarta dapat membangun rumah empat lantai. Tujuannya antara lain untuk optimalisasi pennggunaan lahan di Jakarta. Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Rumah warga kita ini selama ini hanya boleh satu lantai, dua lantai. Sekarang, untuk rumah tinggal akan dibolehkan sampai dengan empat lantai di rumah-rumah tangga kita di Jakarta,” kata Anies dalam sosialisasi rencana detail tata ruang (RDTR) Jakarta di Balai Kota, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Ketentuan itu, tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub( Nomor 31 Tahun 2022 tentang RDTR Wilayah Perencanaan DKI Jakarta. Tujuan dari pergub ini jalan untuk mengoptimasi lahan yang ada di Ibu Kota. Selain itu, diharapkan mampu mendorong keluarga di Jakarta agar dapat tinggal bersama dalam satu rumah.

“Alasan pertama, optimalisasi lahan. Kedua, kita berharap bisa mendorong multi-family ownership dalam sebuah bangunan yang sama,” kata Anies.

Anies tidak menginginkan keluarga di Jakarta, kesulitan untuk tinggal bersama dalam satu rumah apabila ada anggota keluarga yang beranjak dewasa.

“Anaknya gede, anaknya pindah keluar, ujungnya orang tuanya juga pindah keluar dan tanahnya dijual. Sekarang, dia bisa nambahin ke atas, dia bisa sama-sama dengan keluarganya, kakek neneknya di bawah, anaknya di lantai dua, lantai tiga jadi ruang bersama,” ungkap Anies.

Meskipun izin pembangunan rumah tinggal hingga empat lantai sudah dikeluarkan, dia tetap memberikan arahan kepada warga Jakarta agar rumah tetap memiliki ruang hijau, termasuk sumur resapan yang baik. Dengan begitu, tidak merusak lingkungan hidup.

“Tentu ini akan punya dampak yang cukup besar. Jadi, nantinya Kota Jakarta tidak flat, tetapi kotanya bisa meningkat lebih tinggi penduduknya, punya nilai lahan yang lebih tinggi. Semua lahan, 100 meter, 150 meter bisa bangun tiga lantai, empat lantai,” ujar Anies.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022

Sabtu Menikah, Ini Prosesi Perkawinan Kaesang-Erina

Sejumlah rangkaian acara jelang acara akad nikah akan dijalani Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono dengan rangkaian tradisi pernikahan adat Jawa.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Tak Dengar Ferdy Sambo Perintahkan Tembak Brigadir J, Bharada E: Terserah

Bharada E menyatakan terserah saat merespons Ricky Rizal yang menyatakan tidak dengar perintah Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE