Logo BeritaSatu

Putin Terapkan Wajib Militer, Ancam Negara-negara Barat

Rabu, 21 September 2022 | 16:21 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Beritasatu.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan kebijakan wajib militer untuk menambah kekuatan pasukan dalam perang di Ukraina, dan mengancam negara-negara Barat untuk tidak campur tangan atau menyerang wilayah Rusia, dalam pidato yang disampaikan Rabu (21/9/2022).

Invasi Rusia di Ukraina sudah berlangsung hampir tujuh bulan dan saat ini militer Ukraina berhasil melakukan serangan balik yang memukul mundur tentara pendudukan di sejumlah wilayahnya.

Wajib militer ini sesuai dengan ancaman yang dihadapi Rusia dan tuntutan untuk “melindungi Tanah Air kita, kedaulatan dan integritas territorial, dan memastikan keamanan rakyat kita dan rakyat di wilayah yang kita bebaskan”, kata Putin.

"Kita bicara soal mobilisasi secara parsial, yaitu hanya warga negara yang saat ini berada di daftar pasukan cadangan yang akan dikenakan wajib militer, dan terlebih lagi mereka yang pernah bertugas di angkatan bersenjata dengan spesialisasi dan pengalaman yang sesuai," imbuh Putin.

Putin juga mengancam Barat agar tidak melakukan campur tangan atau menggertak dengan kekuatan nuklir yang mereka miliki.

"Untuk mereka yang membuat pernyataan-pernyataan seperti itu dan ditujukan kepada Rusia, perlu saya ingatkan pada kalian bahwa negara kami juga punya banyak cara untuk menghancurkan, dan juga komponen-komponen yang lebih modern daripada yang dimiliki negara-negara NATO,” kata Putin.

“Dan ketika integritas wilayah kami terancam, demi melindungi Rusia dan rakyat kami sendiri, kami tentu akan menggunakan semua cara yang kami miliki,” tegasnya.

“Dan ini bukan gertakan," imbuhnya lagi.

Hari yang sama, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menganggap sepi retorika dan ancaman-ancaman dari Kremlin.

"Situasi di garis depan jelas menunjukkan bahwa inisiatif sekarang ada di Ukraina,” kata Zelensky.

"Sikap kami tidak berubah hanya karena kegaduhan atau berbagai pernyataan di tempat lain, dan kami mendapat dukungan penuh dari para mitra," ujarnya lagi.

Hari sebelumnya, Rusia melontarkan rencana untuk menggelar referendum di wilayah timur dan selatan Ukraina untuk mengetahui apakah warga di sana ingin bergabung dengan Rusia atau tetap menjadi wilayah Ukraina.

Negara-negara Barat mengecam rencana ini dan menuduh rekayasa Kremlin guna memastikan hasil yang memenangkan suara pro-Rusia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Fox News

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fahri Hamzah Apresiasi Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengapresiasi pembangunan infrastruktur era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

NEWS | 28 November 2022

Soal Pemimpin Berambut Putih, Begini Kata Fahri Hamzah

Fahri Hamzah menilai, pesan sesungguhnya yang hendak disampaikan Jokowi adalah bahwa orang yang banyak berpikir maka rambutnya cepat memutih.

NEWS | 28 November 2022

Relawan Ganjar Perkuat Jaringan Politik di Sulsel

Relawan Ganjar Pranowo terus memperkuat jaringan politiknya dengan menggelar berbagai kegiatan positif untuk meraih simpati masyarakat Sulsel.

NEWS | 28 November 2022

Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR Kompak Minta Maaf di Persidangan

Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, yakni Bharada E, Kuat Ma'ruf, dan Bripka RR kompak meminta maaf di persidangan. 

NEWS | 28 November 2022

Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Bangun Komunitas Digital Pengawas Partisipatif

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan membuat komunitas digital pengawas partisipatif.

NEWS | 28 November 2022

Hendra Kurniawan Sempat Mengaku Tertipu oleh Skenario Ferdy Sambo

Agus Nur Patria mengungkapkan, Hendra Kurniawan sempat mengaku tertipu oleh skenario Ferdy Sambo terkait kasus pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 28 November 2022

Korban Gempa Cianjur Akan Direlokasi ke 3 Wilayah Ini

BNPB menyebutkan terdapat tiga wilayah yang menjadi bakal calon lokasi untuk memindahkan rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 28 November 2022

Komisi III DPR Puji Langkah Kejagung Sita Aset Benny Tjokro

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah Kejagung menyita aset Benny Tjokro yang menjadi terpidana perkara korupsi Jiwasraya dan Asabri.

NEWS | 28 November 2022

Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

Pemprov DKI Jakarta selaku pemegang saham utama PT Jakpro memutuskan merombak direksi Jakpro. Dirut Jakpro, Widi Amanasto dicopot dari jabatannya. 

NEWS | 28 November 2022

Rotasi Matra Jadi Pertimbangan Jokowi Pilih Kasal Yudo Margono

Mensesneg Pratikno mengungkapkan salah satu alasan Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI karena rotasi matra.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini 28 Pemain yang Dipanggil ke Pemusatan Latihan Piala AFF

Ini 28 Pemain yang Dipanggil ke Pemusatan Latihan Piala AFF

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE