Logo BeritaSatu

Wiku Ingatkan Peternak Pentingnya Vaksinasi Hewan Rentan PMK

Selasa, 20 September 2022 | 22:24 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Koordinator Tim Pakar Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Prof Wiku Adisasmito mengingatkan kepada peternak untuk pentingnya melakukan vaksinasi bagi hewan ternak rentan PMK.

“Ini perlu dijadikan perhatian bagi peternak di Indonesia, agar dapat melindungi ternak sebagai aset berharga yang dimilikinya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab,” kata Wiku pada konferensi pers Perkembangan Penanganan PMK secara daring, Selasa (20/9/2022).

Wiku menuturkan, secara ilmiah terbukti bahwa hewan yang telah divaksinasi akan memiliki kekebalan penyakit yang lebih baik. Pasalnya, hewan yang telah divaksin jika terkena virus PMK akan memiliki gejala klinik yang lebih ringan daripada yang tidak divaksin sama sekali.

Selain itu, hewan yang sudah divaksinasi juga akan memiliki risiko penularan dan kematian yang lebih rendah. Berdasarkan salah satu jurnal internasional disebutkan bahwa kekebalan didapatkan hewan setelah vaksinasi PMK akan mencapai minimal 96%.

Untuk itu, Wiku menegaskan, vaksinasi memiliki dampak secara langsung maupun tidak langsung pada ketahanan pangan nasional. Sebab, kegiatan vaksinasi yang baik akan mengembalikan produktivitas hewan dan berimplikasi pada pemenuhan stok komoditi pangan asal hewan yang kembali stabil seperti daging dan susu.

Selanjutnya, kegiatan vaksinasi akan berdampak pemulihan ekonomi masyarakat khususnya peternak. Sebab, dengan terlindunginya ternak diharapkan aktivitas sektor peternakan diharapkan dapat kembali lebih maksimal, sehingga peternak dapat kembali memperoleh keuntungan sebagaimana mestinya.

Dikatakan Wiku, sejak wabah PMK muncul kembali di Indonesia pemerintah mencetuskan program vaksinasi hewan rentan PMK sebagai upaya proteksi atau perlindungan.

Wiku menyebutkan, hingga saat ini program vaksinasi masih dioptimalkan pada sapi dan kerbau kecuali pada Bali dengan target vaksinasi adalah seluruh hewan rentan PMK.

“Target ke depan tentunya vaksinasi pada seluruh hewan ternak rentan PMK paling tidak dapat mencapai herd immunity sebesar 80% dari populasi sesuai dengan anjuran Badan Kesehatan Hewan Dunia (WOA),” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Akhir Pekan, Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan pada Siang hingga Sore

Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat pada akhir pekan ini, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Booster vaksin Covid-19 perlu dipercepat dan tembok CIMB Niaga Finance roboh merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 3 Desember 2022

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hasyim Asy ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE