Logo BeritaSatu

24 Provinsi Terdampak PMK, Ini Aturan Terbaru Lalu Lintas Hewan

Selasa, 20 September 2022 | 22:17 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Koordinator Tim Pakar Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Prof Wiku Adisasmito mengatakan jumlah provinsi terdampak PMK di Indonesia ada sebanyak 24 provinsi. Sementara delapan provinsi di antaranya sudah tidak melaporkan kembali adanya kasus PMK.

Wiku mengatakan, meski kasus terpantau melandai, namun kondisi belum stabil dan masih terjadi penambahan kasus baru PMK. Untuk itu, ia mengimbau upaya penanganan PMK semakin gencar dilakukan, baik pemerintah pusat maupun oleh pemerintah daerah (pemda) dengan dukungan penuh dari seluruh masyarakat Indonesia.

Dikatakan Wiku, dalam perkembangan penanganan wabah PMK, cukup banyak dinamika yang terjadi di masyarakat, khususnya terkait dengan perpindahan komoditi ternak hewan hidup maupun produk-produk turunannya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan pangan asal hewan.

“Menghadapi situasi ini perlu pengaturan lalu lintas hewan dan produknya agar tidak menjadi penyebab virus ke wilayah yang lebih luas,” ucapnya pada Konferensi Pers tentang Perkembangan Penanganan PMK di Indonesia, yang berlangsung secara daring, Selasa (20/9/2022).

Wiku menjelaskan peraturan mengenai lalu lintas hewan, produk segar hewan dan produk olahan hewan dibuat zonasi wilayah. Dalam hal ini, terdapat empat zona yaitu kabupaten/kota zona merah, kuning, hijau dan putih. Adapun zona putih ini merupakan kabupaten/kota yang sudah tidak memiliki kasus PMK selama satu bulan yang dibuktikan dengan data surveilans aktif rutin.

Wiku menyebutkan lalu lintas hewan dan produk segar hewan yang berasal dari kabupaten/kota zona hijau dapat dilalulintaskan ke seluruh zona kabupaten/kota.

Sementara hewan dan produk segara hewan yang berasal dari zona tertular hanya dapat perlalulintasan dalam zona yang tertular dengan menerapkan ketentuan seperti tindakan pengamanan tindakan biosekuriti yang ketat, deteksi virus PMK rutin pada hewan maupun pemeriksaan post mortem dan ante mortem pada produk segar hewan.

Namun, aturan tersebut, terdapat pengecualian terhadap produk segar impor, jika berasal dari negara bebas PMK dan telah mendapatkan mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk masuk ke Indonesia, maka dapat perlalulintasan ke seluruh kabupaten/kota tanpa melihat status zonasi.

Baca selanjutnya
Pada lalu lintas produk olahan hewan dapat perlalulintasan antara zona kabupaten/kota. ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 
PMK
BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022

Warga dan Petugas Damkar Lebak Tangkap Ular Piton Panjang 3 Meter

Warga dan petugas pemadam kebakaran (damkar) Lebak, menangkap ular piton sepanjang 3 meter, Sabtu (3/12/2022) dini hari.

NEWS | 3 Desember 2022

Jokowi Hadiri Acara Puncak HUT Ke-77 PGRI dan HGN 2022

Acara puncak peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 dihadiri Presiden Jokowi.

NEWS | 3 Desember 2022

Pernyataan Benny Rhamdani soal Siap Perang Dinilai Harus Dilihat Utuh

Efriza menilai pihak-pihak mempersoalkan diksi siap perang dan menyerang Benny Rhamdani saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlalu berlebihan.

NEWS | 3 Desember 2022

8 Pemprov Desak RUU Daerah Kepulauan Disahkan pada 2023

Delapan pemerintah provinsi (pemprov) mendesak agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan yang sudah masuk Prolegnas agar disahkan pada 2023.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE