Logo BeritaSatu

Sukses Pimpin Presidensi G-20, Jokowi Dianugerahi Global Citizen Award

Selasa, 20 September 2022 | 19:18 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan penghargaan Global Citizen Award, karena dinilai berhasil memimpin Presidensi G-20. Penghargaan bergengsi ini diberikan oleh lembaga think tank Amerika Serikat (AS) di Atlantic Council pada Senin waktu setempat atau Selasa (20/9/2022).

Jokowi mengatakan penghargaan yang diterimanya didedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia yang turut membantu kesuksesan penyelenggaraan G-20. “Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia,” kata Jokowi yang disampaikan melalui rekaman video.

Sambutan Jokowi tersebut ditayangkan di hadapan sekitar 600 hadirin yang terdiri dari tokoh-tokoh kalangan usaha dan masyarakat sipil AS dan internasional, serta wakil pemerintah negara-negara sahabat.

Executive Chairman World Economic Forum Klaus Schwab mengatakan Presiden Jokowi memperoleh penghargaan bergengsi itu atas kepemimpinannya dalam Presidensi G-20. Tidak hanya itu, Jokowi dinilai mampu menjembatani dampak perang di Ukraina dan memberikan dukungan luas untuk memajukan pemenuhan hak asasi manusia, demokrasi dan arsitektur kesehatan global yang lebih baik.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya dapat memperkenalkan Presiden Joko Widodo. Memulai kariernya sebagai pelaku bisnis, lalu menjadi Walikota Surakarta, Presiden Joko Widodo memasuki ranah politik untuk melayani rakyatnya, bekerja bersama rakyatnya,” ungkap Klaus.

Klaus mengatakan Presidensi G-20 dilaksanakan pada saat dunia dihadapkan tantangan multidimensi, sehingga memerlukan pemimpin yang memiliki kemampuan luar biasa. Pemimpin yang mendapatkan kepercayaan dari semua pihak.

“Presiden Jokowi bukan hanya pemimpin rakyat Indonesia, tetapi pemimpin yang memiliki visi global, mempromosikan perdamaian dan kemakmuran dunia,” ujar Klaus.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menerima secara langsung penghargaan tersebut. Retno mengatakan Presiden Jokowi adalah perwujudan dari semangat yang Indonesia ingin proyeksikan kepada dunia, yaitu paradigma kolaborasi, pembangun jembatan, dan menjadi bagian dari solusi.

Acara penganugerahan Global Citizen Award merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Atlantic Council di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS. Penghargaan diberikan bagi para tokoh yang dipandang memberikan kontribusi nyata bagi dunia. Sejumlah tokoh dunia yang pernah mendapat penghargaan tersebut termasuk mendiang Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, mantan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Selain kepada Presiden RI, penghargaan Global Citizen Award tahun 2022 juga dianugerahkan kepada Presiden Finlandia Sauli Niinistö, Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson, CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai, serta aktor dan UNESCO Special Envoy for Peace and Reconciliation Forest Whittaker.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG: DKI Jakarta Diguyur Hujan Malam Hari

BMKG memprakirakan, hujan akan mengguyur DKI Jakarta pada Senin (28/11/2022) malam. Hujan dan petir juga bakal terjadi pada malam nanti.

NEWS | 28 November 2022

Siaran Piala Dunia di TV Tiongkok Sensor Gambar Fan Tanpa Masker

Siaran TV pertandingan Piala Dunia Qatar di Tiongkok menyensor gambar jarak dekat para fan sepak bola tanpa masker di stadion.

NEWS | 28 November 2022

Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Italia mengumumkan keadaan darurat di pulau selatan Ischia pada Minggu (27/11/2022) setelah tanah longsor menewaskan sedikitnya tujuh orang.

NEWS | 28 November 2022

Top 5 News: Pencopotan Label Gereja di Cianjur hingga Laga Jerman-Spanyol

Pencopotan label gereja di posko pengungsian gempa Cianjur dan susunan pemain Jerman-Spanyol merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 November 2022

Kementerian PPPA Harap Pemda Perkuat Regulasi Ramah Perempuan

Selain memperkuat regulasi, Kementerian PPPA minta pemangku kebijakan memberikan porsi yang besar terhadap partisipasi perempuan.

NEWS | 28 November 2022

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Global Resesi, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit Hingga 2024

Global Resesi, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit Hingga 2024

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE