Logo BeritaSatu

Sidang Umum PBB, GCRG Kerja Sama Selesaikan Krisis Dunia

Sabtu, 17 September 2022 | 15:15 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Seluruh anggota Global Crisis Response Group (GCRG) bahu membahu menyelesaikan krisis pangan, energi, dan keuangan dunia. Hal itu tergambar pada pertemuan Sherpa GCRG, Jumat (16/9/2022) malam secara virtual. Pertemuan yang dipimpin Deputi Sekjen PBB, Amina J Mohammed itu dihadiri wakil Indonesia yakni Sesmenko Perekonomian, Susiwijono.

Pada Sesi ke-77 Sidang Umum PBB atau The 77th Session of the UN General Assembly yang dibuka Selasa (20/9/2022) mendatang, terdapat agenda sampingan yakni pertemuan para Champions GCRG.

Pertemuan Champions adalah pertemuan tingkat kepala negara atau kepala pemerintahan GCRG yang digelar pada 21 September 2022 di New York, Amerika Serikat. Sedangkan pertemuan tingkat Sherpa GCRG yang dihadiri Susiwijono adalah dalam rangka mempersiapkan pertemuan Champions GCRG.

Sidang Umum PBB, GCRG Kerja Sama Selesaikan Krisis Dunia
Pertemuan Sherpa Global Crisis Response Group (GCRG) secara virtual, Jumat, 16 September 2022.

Champions GCRG hanya beranggotakan enam kepala pemerintahan atau kepala negara, salah satunya Presiden Jokowi. Lima lainnya yang dipercaya Sekjen PBB Antonio Guterres adalah Presiden Senegal, Kanselir Jerman, PM Barbados, PM Denmark, dan PM Bangladesh. Champion GCRG ini dipimpin langsung oleh Sekjen PBB.

GCRG berperan melakukan koordinasi antarbadan PBB, merumuskan aksi untuk mengatasi krisis pangan, energi, dan keuangan. Selain itu melakukan analisa data krisis serta mendorong kerja sama untuk implementasi solusi.

Menurut Deputi Sekjen PBB Amina Mohammed Champions GCRG akan dihadiri PM Barbados, PM Bangladesh, Kanselir Jerman, dan Presiden Senegal. Sedangkan Presiden Jokowi dan PM Denmark tidak hadir.

Sekjen PBB Antonio Guteress akan memimpin pertemuan Roundtable GCRG atau Champions GCRG.

Sekjen UNCTAD, Rebecca Greenspan juga akan memaparkan kompleksitas krisis dan keterkaitan antara dimensi krisis satu dengan lainnya, serta hal-hal yang menjadi kendala dalam penurunan harga komoditas pangan dan energi.

“Krisis sosial diperkirakan akan terus terjadi di beberapa kawasan dunia, seperti di Amerika Latin dan dapat menyebar ke kawasan lainnya. Mengantisipasi gejolak tersebut, komunitas global perlu mempersiapkan program jaringan pengaman sosial yang dapat menunjang ketersediaan pangan dan lapangan pekerjaan,” Kata Amina Mohammed.

Dalam pertemuan Champions GCRG, anggota akan menyampaikan pandangan dan masukan. Pertemuan akan membahas lebih lanjut isu-isu pangan, energi, dan keuangan.

Joint Coordination Centre (JCC) dari Black Sea Grain Initiative akan berbicara mengenai pengelolaan transportasi komoditas pangan dan pupuk dari Ukraina.

Berdasarkan data JCC, sampai dengan 12 September 2022 terdapat 2,7 juta ton biji-bijian dan bahan makanan lainnya diangkut dari tiga pelabuhan di Ukraina. Destinasi pengiriman ditujukan sebanyak 28% ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah; 27% ke negara-negara berpenghasilan menengah ke atas; dan 44% ke negara-negara berpenghasilan tinggi.

Pada isu krisis finansial, masih terdapat kendala dalam pembahasan restrukturisasi hutang, pendistribusian Special Drawing Rights (SDR) dan pelebaran ruang fiskal.

“Sejumlah negara mitra menolak membahas hal-hal terkait hutang tersebut sebelum terselenggaranya mid-term elections Amerika Serikat pada 8 November 2022,” ujar Amina dalam penjelasannya.

Baca selanjutnya
Saat ini terdapat 44 negara yang terdampak krisis dan perlu dipertimbangkan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Trauma, Petani Cianjur Korban Gempa Belum Kembali ke Sawah

Mayoritas petani di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masih enggan kembali menggarap sawah karena merasa trauma dengan kejadian gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Pangkat Bagai Bumi dan Langit Buat Bharada E Takut Tolak Perintah Ferdy Sambo

Pangkat berbeda bagai bumi dan langit membuat Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E takut menolak perintah Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Ferdy Sambo Bilang ke Bharada E soal Brigadir J Harus Mati

Bharada E mengungkapkan momen Ferdy Sambo menyatakan kepadanya Brigadir J harus mati karena telah melecehkan Putri Candrawathi. 

NEWS | 30 November 2022

Ada Sosok Perempuan Menangis di Momen Sambo dan Putri Bertengkar

Ada sosok perempuan misterius yang menangis ketika Ferdy Sambo dan Putri bertengkar. Bharada E mengaku tidak mengenali perempuan misterius itu.

NEWS | 30 November 2022

Pemilu 2024, Mardani PKS Usul Hak Pilih ASN Dihapus

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengusulkan hak pilih ASN di Pemilu 2024 dihapus baik untuk pilpres, maupun pilkada. 

NEWS | 30 November 2022

Penunjukan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Dinilai Sudah Tepat

Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan penunjukan Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sudah tepat. 

NEWS | 30 November 2022

Polisi Luruskan soal Mantra di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres

Polda Metro Jaya meluruskan soal mantra yang ditemukan di rumah satu keluarga tewas di Kalideres. Mantra tersebut bukan ditulis di buku, melainkan di kain.

NEWS | 30 November 2022

Takut Mobilnya Disenggol Motor, Ferdy Sambo Marahi Bharada E

Bharada E pernah dimarahi Ferdy Sambo selama menjadi sopir mantan Kadiv Propam Polri itu. Ferdy Sambo memarahi Bharada E karena takut mobilnya disenggol motor.

NEWS | 30 November 2022

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Begini profil Yudo Margono yang merupakan anak petani. 

NEWS | 30 November 2022

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BI Waspadai Penguatan Dolar karena Akan Ganggu Ekonomi

BI Waspadai Penguatan Dolar karena Akan Ganggu Ekonomi

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE