Logo BeritaSatu

Sidang Umum PBB, GCRG Kerja Sama Selesaikan Krisis Dunia

Sabtu, 17 September 2022 | 15:15 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Seluruh anggota Global Crisis Response Group (GCRG) bahu membahu menyelesaikan krisis pangan, energi, dan keuangan dunia. Hal itu tergambar pada pertemuan Sherpa GCRG, Jumat (16/9/2022) malam secara virtual. Pertemuan yang dipimpin Deputi Sekjen PBB, Amina J Mohammed itu dihadiri wakil Indonesia yakni Sesmenko Perekonomian, Susiwijono.

Pada Sesi ke-77 Sidang Umum PBB atau The 77th Session of the UN General Assembly yang dibuka Selasa (20/9/2022) mendatang, terdapat agenda sampingan yakni pertemuan para Champions GCRG.

Pertemuan Champions adalah pertemuan tingkat kepala negara atau kepala pemerintahan GCRG yang digelar pada 21 September 2022 di New York, Amerika Serikat. Sedangkan pertemuan tingkat Sherpa GCRG yang dihadiri Susiwijono adalah dalam rangka mempersiapkan pertemuan Champions GCRG.

Sidang Umum PBB, GCRG Kerja Sama Selesaikan Krisis Dunia
Pertemuan Sherpa Global Crisis Response Group (GCRG) secara virtual, Jumat, 16 September 2022.

Champions GCRG hanya beranggotakan enam kepala pemerintahan atau kepala negara, salah satunya Presiden Jokowi. Lima lainnya yang dipercaya Sekjen PBB Antonio Guterres adalah Presiden Senegal, Kanselir Jerman, PM Barbados, PM Denmark, dan PM Bangladesh. Champion GCRG ini dipimpin langsung oleh Sekjen PBB.

GCRG berperan melakukan koordinasi antarbadan PBB, merumuskan aksi untuk mengatasi krisis pangan, energi, dan keuangan. Selain itu melakukan analisa data krisis serta mendorong kerja sama untuk implementasi solusi.

Menurut Deputi Sekjen PBB Amina Mohammed Champions GCRG akan dihadiri PM Barbados, PM Bangladesh, Kanselir Jerman, dan Presiden Senegal. Sedangkan Presiden Jokowi dan PM Denmark tidak hadir.

Sekjen PBB Antonio Guteress akan memimpin pertemuan Roundtable GCRG atau Champions GCRG.

Sekjen UNCTAD, Rebecca Greenspan juga akan memaparkan kompleksitas krisis dan keterkaitan antara dimensi krisis satu dengan lainnya, serta hal-hal yang menjadi kendala dalam penurunan harga komoditas pangan dan energi.

“Krisis sosial diperkirakan akan terus terjadi di beberapa kawasan dunia, seperti di Amerika Latin dan dapat menyebar ke kawasan lainnya. Mengantisipasi gejolak tersebut, komunitas global perlu mempersiapkan program jaringan pengaman sosial yang dapat menunjang ketersediaan pangan dan lapangan pekerjaan,” Kata Amina Mohammed.

Dalam pertemuan Champions GCRG, anggota akan menyampaikan pandangan dan masukan. Pertemuan akan membahas lebih lanjut isu-isu pangan, energi, dan keuangan.

Joint Coordination Centre (JCC) dari Black Sea Grain Initiative akan berbicara mengenai pengelolaan transportasi komoditas pangan dan pupuk dari Ukraina.

Berdasarkan data JCC, sampai dengan 12 September 2022 terdapat 2,7 juta ton biji-bijian dan bahan makanan lainnya diangkut dari tiga pelabuhan di Ukraina. Destinasi pengiriman ditujukan sebanyak 28% ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah; 27% ke negara-negara berpenghasilan menengah ke atas; dan 44% ke negara-negara berpenghasilan tinggi.

Pada isu krisis finansial, masih terdapat kendala dalam pembahasan restrukturisasi hutang, pendistribusian Special Drawing Rights (SDR) dan pelebaran ruang fiskal.

“Sejumlah negara mitra menolak membahas hal-hal terkait hutang tersebut sebelum terselenggaranya mid-term elections Amerika Serikat pada 8 November 2022,” ujar Amina dalam penjelasannya.

Baca selanjutnya
Saat ini terdapat 44 negara yang terdampak krisis dan perlu dipertimbangkan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Seorang anggota Polisi Polsek Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Aipda Jauhari Fitrianto (40) sukses menggeluti bisnis olahan kopi rempah.

NEWS | 27 November 2022

Berkedok Indekos, Satpol PP Depok Gerebek Prostitusi Online

Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban dan penggerebekan terhadap sejumlah lokasi yang disinyalir menjadi tempat prostitusi online, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Top 5 News: Jokowi Ingatkan Relawan hingga Update Gempa Cianjur

Rangkuman artikel viral edisi Jumat dan Jokowi ingatkan relawan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 27 November 2022

Tim DVI Polri Kesulitan Identifikasi Korban Gempa Cianjur

Tim DVI Polri kesulitan mengidentifikasi korban gempa Cianjur karena fasilitas pemeriksaan yang terbatas dan kondisi jenazah yang sudah rusak.

NEWS | 27 November 2022

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lewandowski: Impian Saya Terwujud di Piala Dunia 2022

Lewandowski: Impian Saya Terwujud di Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE