Logo BeritaSatu

Pemakaman Ratu Elizabeth Terapkan Sederet Aturan Tak Lazim

Jumat, 16 September 2022 | 11:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II akan menerapkan sederet aturan tak lazim. Untuk tujuan upacara yang khidmat dan tertib, misalnya, pemakaman tidak menyediakan fasilitas mobil untuk para kepala negara.

Seperti dilaporkan Indianexpres, Kamis (15/9/2022), resepsi untuk para pemimpin dunia yang akan menghadiri pemakaman kenegaraan akan diselenggarakan oleh Raja Charles III di Istana Buckingham pada Minggu 18 September malam.

Sejumlah pemimpin dunia, anggota keluarga kerajaan Eropa dan mantan perdana menteri Inggris Raya (UK) diperkirakan akan menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II yang digelar di Westminster Abbey di London pada 19 September mendatang.

Pertemuan para pemimpin terbesar di dunia di tempat yang sama, pada hari yang sama, bisa menjadi mimpi buruk keamanan bagi berbagai layanan keamanan yang terlibat dalam membuat pengaturan logistik untuk pemakaman. Tetapi beberapa permintaan dan tuntutan aturan yang dibuat oleh pemerintah Inggris untuk mereka yang menghadiri pemakaman mungkin tidak konvensional.

Melaporkan rincian pemakaman kenegaraan, outlet berita Politico menyatakan bahwa para pemimpin dunia telah didesak untuk bepergian dengan penerbangan komersial, bukan pesawat pemerintah, jika mereka terbang ke Bandara Internasional Heathrow.

Para kepala negara juga tidak akan diizinkan menggunakan helikopter atau mobil negara untuk melakukan perjalanan ke lokasi pemakaman, menurut laporan tersebut. Sebaliknya, mereka akan dibawa ke Westminster Abbey dengan "bus yang dikawal".

Tidak jelas apakah aturan pembatasan perjalanan yang diminta oleh Inggris akan berlaku untuk Biden, karena Presiden AS secara tradisional tidak pernah bepergian tanpa Air Force One. Presiden juga tidak pernah mengunjungi negara lain tanpa mobil negara yang dikenal sebagai The Beast, yang diangkut dalam palka Boeing 747 buatannya.

Para pemimpin dunia juga diminta untuk hanya membawa suami/istri atau pasangan mereka untuk pemakaman kenegaraan, kata laporan itu. Tidak ada anggota keluarga atau staf mereka yang dapat diakomodasi di Biara bersejarah, yang memiliki kapasitas tempat duduk terbatas 2.000 orang.

Kantor Luar Negeri Inggris telah berjanji untuk memastikan "keamanan berlapis" di semua situs yang terkait dengan pemakaman kenegaraan.

Resepsi para pemimpin dunia yang akan menghadiri pemakaman kenegaraan akan diselenggarakan oleh Raja Charles III di Istana Buckingham pada malam 18 September.

Presiden Droupadi Murmu akan mengunjungi London dari 17 hingga 19 September untuk menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II dan menyampaikan belasungkawa atas nama pemerintah India, Kementerian Luar Negeri mengumumkan pada hari Rabu.

Menurut Gedung Putih, Presiden Amerika Serikat Joe Biden secara resmi menerima undangan untuk menghadiri pemakaman bersama dengan Ibu Negara Jill Biden. Sejauh ini, tidak ada undangan yang diberikan kepada mantan Presiden AS yang masih hidup, termasuk Barack Obama, George W. Bush, dan Jimmy Carter.

Perjalanan ke Inggris akan menandai keberangkatan dalam rencana Biden, yang sebelumnya dijadwalkan melakukan perjalanan ke New York dari 18 hingga 20 September untuk berpartisipasi dalam Majelis Umum PBB.

Beberapa pemimpin dunia lainnya yang diperkirakan menghadiri pemakaman adalah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Kaisar Jepang Naruhito, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern (yang baru-baru ini mengharapkan negaranya menjadi republik) dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Anggota keluarga kerajaan Belanda, Spanyol, Belgia, Denmark dan Swedia juga diperkirakan hadir untuk memberikan penghormatan pada pemakaman.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Total Jumlah Rumah Rusak Gempa Cianjur Jadi 47.769 Unit

Total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat mencapai 47.769 unit, hal ini diungkapkan Asisten Daerah (Asda) II Kabupaten Cianjur Budi Rahayu Toyib.

NEWS | 6 Desember 2022

Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

Basarnas terus mencari delapan korban hilang akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Namun, mulai Rabu (7/12/2022), operasi pencarian dilakukan secara pasif.

NEWS | 6 Desember 2022

Gawat, Indonesia Masuk di 25 Negara Paling Mematikan untuk Wisatawan

The Swiftest baru saja mengeluarkan daftar 50 negara paling mematikan untuk wisatawan, di mana Indonesia termasuk dalam 25 negara teratas.

NEWS | 6 Desember 2022

MUI Jabar Buat Surat Edaran Tegaskan Bencana Bukan Azab

MUI Jabar membuat surat edaran yang berisi penegasan bahwa musibah atau bencana alam bukanlah azab dari Tuhan Yang Maha Esa.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkumham: RKUHP yang Disahkan Efektif Berlaku Setelah 3 Tahun

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengungkapkan, Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP)

NEWS | 6 Desember 2022

Ismail Bolong Jalani Pemeriksaan Kasus Tambang Ilegal Kaltim

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri tengah memeriksa Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal Kalimantan Timur (Kaltim)

NEWS | 6 Desember 2022

Dituduh Hancurkan Barang Bukti Tragedi Itaewon, 2 Mantan Polisi Ditangkap

Dua mantan polisi Korea Selatan ditangkap pada hari Senin (5/12/2022), dengan tuduhan menghancurkan barang bukti dari tragedi Itaewon.

NEWS | 6 Desember 2022

Hendra Sebut Kapolri Minta Kasus Brigadir J Ditangani secara Profesional

Hendra Kurniawan menyebutkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar kasus Brigadir J ditangani secara profesional.

NEWS | 6 Desember 2022

Cerita Kaesang Pangarep Ajak Menikah Erina: Der Ketemu, Terus Jadian...

Kaesang Pangarep kini tengah menghitung hari untuk menikahi kekasihnya Erina Gudono yang akan digelar Sabtu (10/12/2022).

NEWS | 6 Desember 2022

Malaysia Bakal Impor Telur untuk Atasi Kekurangan Pasokan

Malaysia akan impor telur sebagai tindakan jangka pendek untuk mengatasi kekurangan pasokan lokal.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Total Jumlah Rumah Rusak Gempa Cianjur Jadi 47.769 Unit

Total Jumlah Rumah Rusak Gempa Cianjur Jadi 47.769 Unit

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE