Logo BeritaSatu

Pemakaman Ratu Elizabeth, Siapa yang Diundang dan Siapa yang Tidak

Jumat, 16 September 2022 | 10:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Pemakaman Ratu Elizabeth pada Senin (19/9/2022) akan menjadi salah satu pertemuan bangsawan dan politisi terbesar yang diselenggarakan di Inggris selama beberapa dekade. Seperti dilaporkan BBC, Kamis (15/9/2022), kerajaan Inggris tentu mendaftar para tamu yang diundang, sedangkan yang lain tidak.

Undangan keluar selama akhir pekan, dengan sekitar 500 kepala negara dan pejabat asing diharapkan hadir. Mayoritas pemimpin telah diminta untuk tiba dengan penerbangan komersial dan diberitahu bahwa mereka akan diangkut secara massal dari satu lokasi di London barat.

Upacara di Westminster Abbey memiliki kapasitas untuk sekitar 2.200 orang. Berikut yang BBC ketahui sejauh ini tentang siapa yang akan dan tidak akan hadir

Dari kategori keluarga kerajaan Eropa, ada banyak nama yang diharapkan hadir, di antaranya adalah kerabat darah Ratu. Raja Belgia Philippe dan Ratu Mathilde telah mengonfirmasi akan berada di sana. Demikian pula, Raja Willem-Alexander dari Belanda dan istrinya, Ratu Maxima, bersama ibunya, mantan ratu Belanda Putri Beatrix.

Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol juga telah menerima undangan, begitu pula keluarga kerajaan Norwegia, Swedia, Denmark, dan Monako.

Dari kategori kepresidenan AS, Gedung Putih telah mengonfirmasi bahwa Presiden Joe Biden akan hadir bersama dengan Ibu Negara Jill Biden, meskipun mereka diketahui tidak bepergian ke kebaktian dengan bus.

Banyak diskusi terfokus pada apakah Presiden Biden akan mengundang pendahulunya, Donald Trump, untuk menjadi bagian dari delegasi AS. Namun batasan jumlah delegasi berarti mantan presiden belum tentu dapat hadir.

Ada spekulasi bahwa beberapa mantan presiden dan ibu negara - terutama Obama - mungkin menerima undangan pribadi. Namun kepada Politico, Jimmy Carter, yang menjabat sebagai presiden dari 1977 hingga 1981, mengaku belum menerima undangan.

Dari kategori Pemimpin Persemakmuran, para pemimpin dari seluruh Persemakmuran, tempat Ratu Elizabeth menjabat sebagai kepala untuk keseluruhan pemerintahannya, diharapkan hadir.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese telah menerima undangan, demikian pula Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Sejumlah gubernur jenderal yang menjabat sebagai wakil raja di wilayah Persemakmuran diharapkan hadir bersama para pemimpin negara mereka.

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina dan Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe juga dilaporkan telah menerima undangan. India akan diwakili oleh Presiden Droupadi Murmu.

Dari kategori pemimpin dunia lain, beberapa nama telah menerima undangan termasuk Irlandia Taoiseach Michael Martin, Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, dan Presiden Italia Sergio Mattarella, serta Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol dan Presiden Brasil Jair Bolsonaro juga telah mengonfirmasi kehadiran mereka. Tamu yang juga diharapkan untuk melakukan perjalanan adalah Kaisar Jepang Naruhito, Presiden Turki Recep Tayyip Erdo─čan, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Presiden Tiongkok Xi Jinping yang pekan ini meninggalkan Tiongkok untuk pertama kalinya sejak dimulainya pandemi Covid-19, telah menerima undangan. Kementerian luar negeri negara itu mengatakan Beijing "mempertimbangkan untuk mengirim delegasi tingkat tinggi".

“Republik Islam Iran, yang telah lama menjadi subjek sanksi internasional atas program nuklirnya, hanya akan diwakili di tingkat duta besar,” kata sumber Whitehall.

Di sisi lain, Kerajaan Inggris dipastikan tidak diundang kategori negara lain yang tidak bersahabat. Menurut BBC, perwakilan dari Suriah, Venezuela dan Afghanistan belum diundang. Namun hal itu karena Inggris tidak memiliki hubungan diplomatik penuh dengan negara-negara tersebut.

Tak seorang pun dari Rusia, Belarusia, dan Myanmar juga diundang. Hubungan diplomatik antara Inggris dan Rusia telah runtuh sejak invasi Rusia ke Ukraina. Di sisi lain, juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dia "tidak mempertimbangkan" menghadiri pemakaman.

Invasi diluncurkan sebagian dari wilayah Belarus. Inggris telah secara signifikan mengurangi kehadiran diplomatiknya di Myanmar sejak kudeta militer tahun lalu. Korea Utara (DPRK) dan Nikaragua diundang hanya mengirim duta besar, bukan kepala negara.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR Kompak Minta Maaf di Persidangan

Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, yakni Bharada E, Kuat Ma'ruf, dan Bripka RR kompak meminta maaf di persidangan. 

NEWS | 28 November 2022

Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Bangun Komunitas Digital Pengawas Partisipatif

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan membuat komunitas digital pengawas partisipatif.

NEWS | 28 November 2022

Hendra Kurniawan Sempat Mengaku Tertipu oleh Skenario Ferdy Sambo

Agus Nur Patria mengungkapkan, Hendra Kurniawan sempat mengaku tertipu oleh skenario Ferdy Sambo terkait kasus pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 28 November 2022

Korban Gempa Cianjur Akan Direlokasi ke 3 Wilayah Ini

BNPB menyebutkan terdapat tiga wilayah yang menjadi bakal calon lokasi untuk memindahkan rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 28 November 2022

Komisi III DPR Puji Langkah Kejagung Sita Aset Benny Tjokro

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah Kejagung menyita aset Benny Tjokro yang menjadi terpidana perkara korupsi Jiwasraya dan Asabri.

NEWS | 28 November 2022

Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

Pemprov DKI Jakarta selaku pemegang saham utama PT Jakpro memutuskan merombak direksi Jakpro. Dirut Jakpro, Widi Amanasto dicopot dari jabatannya. 

NEWS | 28 November 2022

Rotasi Matra Jadi Pertimbangan Jokowi Pilih Kasal Yudo Margono

Mensesneg Pratikno mengungkapkan salah satu alasan Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI karena rotasi matra.

NEWS | 28 November 2022

Diguyur Hujan Deras, 4 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang

BPBD DKI Jakarta menyatakan empat ruas jalan di Jakarta tergenang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda pada Senin (28/11/2022).

NEWS | 28 November 2022

Update: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan total pengungsi akibat gempa Cianjur, Jawa Barat per Senin 28 November 2022 sebanyak 100.300 orang. 

NEWS | 28 November 2022

RSUD Sayang: Korban Gempa Cianjur Terserang ISPA di Pengungsian

Wakil Direktur RSUD Sayang, Neneng Efa Fatimah korban gempa Cianjur terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di posko pengungsian. 

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Aspek Sebut Kenaikan UMP Perkuat Laju Perekonomian Domestik

Aspek Sebut Kenaikan UMP Perkuat Laju Perekonomian Domestik

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE